Dibuat pada:16 Nov 2023 09:05Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Body Motor Matic Terasa Goyang, Apa Sebab Utamanya



Di berbagai tipe jalan, akan lebih nyaman jika motor yang dikendarai memiliki kestabilan yang baik. Ya, mau bagaimanapun juga jika kestabilan tidak didapatkan justru bakal membahayakan pengendara. 


Kadangkali jika motor sudah berusia lebih dari 3- 5 tahun, penyakit body motor yang terasa bergoyang atau kemudi (stang) yang bergoyang sering muncul. Hal ini bisa disebabkan beberapa sebab, namun yang pasti kedua masalah tersebut memiliki penyebab yang berbeda.


Dari CVT yang Bergetar Sebabkan Engine Mounting Cepat Aus

Alami kendala CVT yang bergetar di RPM rendah? Hati-hati- karna ini bisa jadi awal mula munculnya masalah body motor yang bergoyang. Biasanya getaran dari CVT di RPM rendah, hal ini disebabkan beberapa hal. Kendala masalah getaran ini bisa disebabkan karena bagian kampas ganda, rumah kopling, face set moveable driven yang sudah pada aus. 

Getaran CVT yang ditimbulkan pada motor matic ini juga bisa berasal dari adanya grease yang justru melumuri bagian kampas ganda atau rumah kopling yang membuat licin putaran. Selain itu, kondisi kotornya bagian kampas ganda dan rumah kopling juga sering sebabkan getaran CVT.

Lalu bagaimana body motor bisa jadi bergoyang? Dan apa hubungannya dengan getaran CVT? Ya, getaran CVT yang dibiarkan saja akan timbulkan body motor bergoyang akibat engine mounting yang menjadi aus dan karet yang getas lebih cepat.


Intinya, Engine Mounting yang Aus Sebabkan Body Motor Matic Goyang

Body motor yang bergoyang ini pasti disebabkan oleh engine mounting yang sudah aus dan kondisi karet-karetnya yang getas. Penyebab umumnya adalah karena usia, namun engine mounting dapat lebih cepat aus jika getaran CVT motor matic sudah muncul ketika gas ditekan pada RPM rendah.

Urutan terakhir dari masalah engine mounting yang dibiarkan aus akan sebabkan motor alami kerusakan yang lebih parah. Mulai dari oli suspensi yang cepat bocor, hingga ban motor yang habis sebelah.

Eks Kepala Bengkel AHASS Nusantara Sakti Slipi, Bachrul Hanafi menyampaikan hal serupa "Kemungkinan engine mounting yang aus ini memang bisa juga disebabkan dari kondisi CVT yang bergetar di RPM rendah, selain itu ya biasanya karna usia. Selanjutnya juga harus hati-hati, karena dari engine mounting yang dibiarkan aus ini akan sebabkan kebocoran oli suspensi hingga ban yang habis sebelah."


Final Thoughts, Bagaimana Cegah Engine Mounting Aus

Dengan ungkapan yang sudah dijelaskan di atas, terdapat statement mengenai engine mounting yang aus dapat disebabkan dari usia motor. Lewat ungkapan tersebut berarti dapat disimpulkan jika engine mounting pasti akan rusak dan harus diganti pada waktunya.

Usia dari engine mounting sendiri bisa mencapai lima tahun lebih dengan catatan penggunaan dan perawatan motor yang rutin terjadwal. Salah satu yang perlu dicegah dan diperbaiki adalah jika CVT sudah mulai bergetar di RPM rendah. Langsung segera cek CVT, bersihkan, grease ulang, setting bagian driven face dengan sesuai.

Pastikan untuk selalu lakukan pengecekan menyeluruh jika sedang lakukan service rutin. Bagian engine mounting perlu untuk dibersihkan agar tidak cepat getas.

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI