Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Sumber Penulisan

Daftar Isi

Motor Gredek (Bergetar) di RPM Rendah, Bagaimana Perbaikannya



Tarikan Gas Rendah (RPM Rendah)

Mesin motor memiliki urutan/step RPM untuk mencapai tenaga dan daya yang diinginkan. Untuk mencapai kecepatan standar, biasanya pengemudi hanya perlu menarik tuas gas secara normal dan tidak terlalu dalam. Ketika motor berada dalam rpm rendah, lumrahnya motor matic tidak akan terasa bergetar dan tetap dapat berjalan dengan halus. 


Diketahui, jalanan di perkotaan juga memiliki limitasi supaya tidak ada kendaraan yang melebihi batas kecepatan yang membahayakan. Oleh sebab itu motor matic yang difungsikan sebagai city-bike (110CC - 160CC) akan memiliki torsi yang pas dan tetap bertenaga pada RPM yang rendah sekalipun.



Motor Gredek (Bergetar) Pada RPM Rendah

Dalam mengendarai motor, pasti akan ada bagiannya dimana pengemudi memilih berjalan di RPM rendah karena kondisi jalanan yang ramai maupun ingin berjalan santai. Lalu, sering muncul masalah pada berbagai motor matic yang mendapati motornya terasa gredek/gregel (bergetar) ketika menarik gas pada RPM rendah. 

Pada sensasi awalnya rasa getaran yang muncul tidak terlalu kuat, namun jika pengecekan dan perbaikan tidak segera dilakukan akan membuat masalah motor lebih berat. 

Penyebab dari munculnya getaran (gredek/gregel) pada RPM rendah adalah masalah slip pada kampas ganda, yang dapat muncul dari rumah kampas ganda atau mangkuk kampas ganda. 


Apa Sebab Terjadinya Slip Pada Kampas Ganda


Dengan terjadinya slip pada kampas ganda, tarikan gas motor matic pada RPM rendah terasa bergetar. Terjadinya slip ini juga memiliki penyebab tersendiri, berikut adalah beberapa penyebabnya:

  • Kotoran debu yang masuk ke dalam CVT
  • Sisa dari tapak kampas ganda yang terkikis
  • Grease dari rear-pulley yang masuk ke rumah kampas ganda

Ketika berbagai kotoran atau sisa-sisa metal yang terkikis masuk dalam rumah kampas ganda, maka bagian rumah kampas ganda menjadi licin. Karena bagian tersebut licin, membuat perputaran licin dan menyebabkan terjadinya slip ketika menarik gas di awal-awal dan tarikan RPM rendah.

Penyebab lain yang menyebabkan getaran gas di RPM rendah motor matic adalah pembukaan kampas ganda yang tidak sama/bareng. Bukaan yang tidak bareng ini memiliki maksud dimana terjadi situasi ketika satu tapak kampas ganda yang sudah menempel dengan permukaan kampas ganda, namun dua tapak lainnya belum menempel. Hal ini juga jadi sebab munculnya gredek/gregel pada CVT motor matic.


Perbaikan yang Harus Dilakukan

Mengapa motor tidak boleh melewatkan jadwal pengecekan dan service rutin, karena dapat menyebabkan motor mendapati kerusakan yang lebih parah. Perbaikan motor gregel/gredek (bergetar) di RPM rendah sangat mudah, yaitu dengan rutin untuk membersihkan area CVT dan melapisi grease lagi pada area tersebut. Selain itu, jika terdapat keausan pada area rumah kampas ganda atau kampas ganda tersebut maka perlu dilakukan penggantian.

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI