Dibuat pada:16 Jul 2025 09:18Waktu baca 15 menit
Ketahui Mitos dan Fakta PCX 160, Sebelum Membeli!
Terdapat beberapa mitos dari PCX 160 yang membuat penasaran masyarakat akan fakta mitos tersebut. Kini harga OTR PCX 160 2025 kini berada di 34,580,000 tipe CBS dan untuk tipe ABS sebesar 39,757,000. Sedangkan untuk Roadsync berada di 42,754,000.
Navigasi
*Klik teks berwarna merah untuk menuju poin-poin perbandingan
Apa Saja Mitos dan Fakta PCX 160?
Saat ini, motor Honda PCX 160 tengah mendapatkan perhatian dan memiliki peminat yang tinggi di pasaran. Namun, seiring dengan popularitasnya, beredar berbagai isu, baik berupa mitos maupun fakta. Hal ini memicu berbagai pertanyaan dari masyarakat mengenai kebenaran isu-isu yang beredar terkait PCX 160.
Berikut beberapa mitos dan fakta kebenarannya yang beredar di masyarakat:
- Boros Bensin Karena Bodinya Besar
PCX 160 memiliki dimensi cukup besar dengan ukuran 1.936 x 742 x 1.108 mm dan bobot 131 kg (CBS) serta 132 kg (ABS). Karena memiliki bodi yang besar, seringkali dianggap boros bensin. Namun, faktanya justru sebaliknya.
Dengan menggunakan teknologi eSP+ (enhanced Smart Power Plus) dan sistem injeksi PGM-FI, konsumsi bensin PCX 160 bisa mencapai 45ā50 km/liter dalam kondisi normal harian. Sehingga hanya membutuhkan sekitar 0,020ā0,022 liter bensin per km.
Selain itu, hadirnya fitur Idling Stop System (ISS) yang secara otomatis mematikan mesin saat motor berhenti beberapa detik (misalnya saat lampu merah), juga dapat membantu dalam menekan konsumsi bensin.
- Biaya Perawatan Tinggi
Karena harga PCX 160 yang terbilang cukup tinggi dibandingkan skutik lain di kelasnya dan memilki tampilan yang elegan serta premium, banyak masyarakat yang beranggapan biaya perawatan PCX 160 juga mahal.
Namun, asumsi tersebut tidak sepenuhnya benar. Meskipun hadir dengan desain premium dan fitur lengkap seperti Smart-Key System, USB Power Charger hingga Idling Stop System, biaya perawatan PCX 160 tetap tergolong terjangkau.
Sejatinya, perawatan PCX 160 tetap mengikuti standar motor matic Honda, dengan fokus pada perawatan sistem CVT yang menjadi inti dari performa motor matic. Berikut beberapa contoh bagian CVT yang dapat diganti pada PCX 160:
- V-Belt (Vanbelt)
Vanbelt pada Honda PCX 160 umumnya memiliki ukuran yang lebih besar dan tebal dibandingkan vanbelt motor matic Honda lainnya. Meski ukurannya lebih besar, umur pakai vanbelt PCX 160 justru lebih panjang, yakni sekitar 20,000ā24,000 km, tergantung pada gaya berkendara dan kondisi jalan. Untuk penggantian, harga vanbelt PCX 160 berada di kisaran 130ā160 ribu. - Roller Set
Roller set berfungsi mengatur perubahan diameter pulley untuk menyesuaikan rasio transmisi saat akselerasi. Pada PCX 160, ukuran dan bobot roller lebih besar dari motor matic lainnya. Disarankan diganti setiap 20,000 km atau saat tanda keausan muncul. Untuk penggantian, harga roller set PCX 160 berada di kisaran 50ā80 ribu. - Piece Slide
Piece Slide berfungsi membantu pergerakan pulley depan agar tetap stabil saat menerima tekanan dari roller. Meskipun ukurannya kecil, komponen ini termasuk penting karena jika aus atau retak bisa menyebabkan getaran dan kerusakan pada pulley. Harga piece slide untuk PCX 160 berada di kisaran 20ā30 ribu. - Oli Mesin dan Oli Gardan
Oli mesin disarankan diganti setiap 2.000 km untuk menjaga performa pelumasan dan suhu mesin. Sedangkan oli gardan diganti setiap 8,000 km, karena berfungsi melumasi gear pada bagian transmisi akhir (final gear) agar tetap halus. Harga oli mesin Honda MPX untuk PCX berkisar 50ā60 ribu, sementara oli gardan sekitar 15ā20 ribu.
CVT PCX 160 | Umur Pakai (km) | Estimasi Biaya Per Ganti |
---|---|---|
V-Belt (Vanbelt) | 20,000ā24,000 km | 130ā160 ribu |
Roller Set | 20,000 km | 50ā80 ribu |
Piece Slide | 20,000ā24,000 km | 20ā30 ribu |
Oli Mesin dan Oli Gardan | 2,000 dan 8,000 km | 15ā20 ribu |
Jika dijumlahkan, seluruh biaya penggantian komponen CVT pada Honda PCX 160 hanya berkisar antara 215ā250 ribu (belum termasuk biaya jasa servis).
"Jumlah ini tergolong wajar dan ekonomis, terutama jika dilihat dari jangka panjang. Sebagai contoh, pada penggunaan 100,000 km maka hanya memerlukan biaya sekitar 1,41ā1,75 juta."
Namun, pada tipe terbaru yaitu PCX 160 Roadsync, terdapat sedikit perbedaan dalam hal perhatian perawatan. Tipe ini telah menggunakan panel meter full digital TFT yang terhubung ke smartphone melalui aplikasi Honda Roadsync dan teknologi Bluetooth Low Energy (BLE).
Karena teknologi panel ini lebih kompleks, perlu diperhatikan lebih perawatannya (seperti tidak terkena matahari secara langsung dalam waktu lama) agar tidak terjadi kerusakan. Apabila terjadi kerusakan, maka penggantian panel TFT membutuhkan satu komponen utuh (termasuk layar dan seluruh fitur di dalamnya). Sehingga biaya perbaikannya bisa lebih tinggi dibanding tipe standar.
- PCX 160 Roadsync Boros Aki
PCX 160 Roadsync merupakan tipe terbaru dari PCX 160 yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih berbasis kelistrikan, seperti panel meter full digital dan konektivitas smartphone melalui Honda Roadsync App. Karena menggunakan fitur yang mengandalkan kelistrikan, membuat PCX 160 Roadsync dianggap boros dalam penggunaan aki.
Namun, faktanya Honda telah merancang sistem kelistrikan PCX 160 Roadsync dengan efisiensi tinggi. PCX 160 Roadsync menggunakan aki tipe Maintenance Free (MF) dengan kapasitas 12Vā5Ah, yang mampu menyuplai daya ke seluruh sistem elektronik tanpa terbebani.
Selain itu, teknologi konektivitas pada fitur Honda Roadsync telah menggunakan Bluetooth Low Energy (BLE), yang dirancang untuk menghubungkan perangkat dengan konsumsi daya rendah. Sehingga, meskipun fitur ini aktif saat mesin menyala dan smartphone terhubung, konsumsi dayanya tetap sangat minim.
Tak hanya itu, fitur Roadsync hanya menarik daya saat benar-benar digunakan, seperti untuk menampilkan notifikasi, navigasi, atau mengontrol musik. Dalam kondisi normal, fitur ini memiliki beban kelistrikan yang jauh lebih kecil dibandingkan komponen lain seperti lampu LED, sistem pengapian, atau sistem pengereman ABS.
Maka dari itu, anggapan bahwa PCX 160 Roadsync boros aki tidak sepenuhnya benar. Jika digunakan dan dirawat dengan baik, daya tahan aki PCX 160 Roadsync tetap dapat optimal seperti motor matik pada umumnya.
Promo Spesial "Pekerjaan"
*Klik gambar untuk lihat detail
Aturan DP Pemohon "Rumah Sewa" & Pemohon Tunggal
*DP Wajib 15% Hingga 40%
Membeli Kredit Motor PCX 160 2025 Dengan DP Minim
Setelah mengetahui beberapa mitos dan fakta PCX 160, kini tentu tidak ada lagi keraguan untuk memilih motor Honda PCX 160 2025 sebagai pilihan skutik premium harian yang nyaman, irit, dan andal.
Harga OTR PCX 160 2025 kini berada di 34,580,000 tipe CBS dan untuk tipe ABS sebesar 39,757,000. Sedangkan untuk harga OTR tipe terbarunya yaitu Roadsync berada di 42,754,000 per Juli 2025 untuk area Jakarta dan sekitarnya.
Untuk membeli kredit motor Honda PCX 160 2025 dapat menggunakan DP minim sebesar 1,7 juta untuk tipe CBS. Dengan angsuran sebesar 1,6 juta selama 35 bulan. Sedangkan pada tipe ABS, dengan DP minim sebesar 2 juta, maka angsuran yang perlu dibayarkan sebesar 1,8 juta selama 35 bulan.
Pada tipe Roadsync dapat menggunakan DP minim 2,2 juta, dengan angsuran sebesar 1,9 juta selama 35 bulan. Berikut daftar DP dan angsuran kredit PCX 160 per Juli di area Jabodetabek:
*Dengan harga OTR PCX 160 CBS 34,580,000, ABS 39,757,000, dan Roadsync 42,754,000
Tipe | DP | Angsuran 35x |
---|---|---|
CBS | 1,7 Juta (DP Minim) | 1,6 Juta - Chat via WA |
ABS | 2 Juta (DP Minim) | 1,8 Juta - Chat via WA |
Roadsync | 2,2 Juta (DP Minim) | 1,9 Juta - Chat via WA |
CBS | 3,5 Juta (DP 10%) | 1,4 Juta - Chat via WA |
ABS | 4 Juta (DP 10%) | 1,6 Juta - Chat via WA |
Roadsync | 4,3 Juta (DP 10%) | 1,7 Juta - Chat via WA |
CBS | 5,2 Juta (DP 15%) | 1,3 Juta - Chat via WA |
ABS | 6 Juta (DP 15%) | 1,5 Juta - Chat via WA |
Roadsync | 6,4 Juta (DP 15%) | 1,6 Juta - Chat via WA |
Dalam membeli kredit motor Honda PCX 160 dengan menggunakan DP minim, pastikan untuk memenuhi persyaratan pengajuan kredit. Beberapa di antaranya yaitu melampirkan foto KTP & KK pemohon dan penjamin, tinggal di rumah milik pribadi/keluarga dan memiliki alamat KTP yang sama dengan domisili tinggal, serta pemohon/penjamin memiliki pekerjaan dan penghasilan yang cukup dan dapat dibuktikan.
Tak hanya itu, pastikan juga riwayat kredit Anda dalam kondisi baik, tanpa tunggakan selama 90 hari terakhir. Hal ini dilakukan agar pengajuan dapat dilakukan dengan lancar dan disetujui meskipun menggunakan DP minim.
Namun, jika Anda memiliki dana lebih, sangat disarankan untuk menggunakan DP di atas 10% dari harga OTR. Selain meningkatkan peluang persetujuan kredit (ACC), DP lebih besar juga dapat membantu proses pengajuan bagi konsumen yang memiliki riwayat kredit kurang baik, sehingga tetap berpeluang mendapatkan persetujuan.
Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai brosur DP dan angsuran PCX 160 2025 pada area lainnya dapat mengunjungi halaman PCX 160 berikut. Sedangkan untuk melakukan pemesanan atau mengetahui informasi lebih lanjut dapat juga menghubungi WhatsApp resmi KlikNSS.
Kutipanš”
(SEO Analyst KlikNSS)
Beli 'Cash' Motor Honda Diskon +450 Ribu
*Terbaru 2025
Harga Khusus Wilayah Bogor, Bekasi, Depok
Dengan DP 15-30% *Pasti ACC
Langganan Informasi & Promo KlikNSS
*Kami akan mengirimkan informasi & promo terbaru melalui WhatsApp & Email Anda, pastikan untuk diisi dengan benar
Cari Penghasilan Tambahan?
Klik pada tombol di bawah untuk lihat detail
Berkomisi 300 Ribu - 1,5 Juta
*Jadi agen pembiayaan motor Honda di NSC Finance
GarasiBaca
Artikel Mengenai Motor Honda, Spareparts & Financial Tips