Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Sumber Penulisan

Daftar Isi

Kelebihan & Kekurangan Remap ECU Timing Kuda



Remap ECU Timing Kuda Jadi Tren

Untuk berbagai kalangan pecinta otomotif roda dua, kini remap ECU dengan setting-an ala timing kuda sedang menjadi tren. Khususnya motor matic bertipe 110 CC hingga 160 CC, kini banyak yang mengubah setting-an ECU-nya menjadi timing kuda.

Remap ECU dengan tipe timing kuda ini akan mengubah idle yang standar (langsam) menjadi idle yang berirama seperti suara ketukan langkah kuda. Pengubahan ini akan 'mengakali' debit bensin atau timing pengapian untuk dibuat loncat-loncat hingga menemui suara ketukan langkah kuda melalui remap ECU.


Kelebihan & Kekurangan Remap ECU Timing Kuda

Sebenarnya hal ini menjadi pilihan yang opsional untuk dilakukan, apalagi pengubahan melalui remap ECU motor untuk menjadi timing kuda ini adalah tindakan modifikasi. 

Dengan modifikasi remap ECU timing kuda, kelebihan yang didapatkan pada motor akan membuat tarikan gas menjadi lebih responsif dan lebih cepat untuk mencapai rpm tertinggi.

Jika berbicara kelebihan tersebut, motor akan memiliki kemampuan untuk mencapai kecepatan tertinggi dengan lebih cepat. Namun tetap saja hal ini bisa menimbulkan potensi kerusakan pada motor.

Dengan mengubah kondisi idle yang standar (langsam) menjadi meloncat-loncat, maka putaran kruk as akan ikut meloncat-loncat dan tidak berputar dengan semestinya. Hal ini akan membuat kruk as bakal lebih cepat rusak (jebol), dan itulah yang menjadi kekurangan remap ECU timing kuda.


Final Thoughts

Fungsi daripada tindakan remap ECU adalah mengubah bagaimana tarikan mesin dan jalannya keseluruhan fungsi mesin maupun kelistrikan. Oleh sebab itu, pengubahan yang dibuat akan membuat fungsi motor menjadi berbeda untuk mendapatkan performa yang diinginkan.

Sama dengan pengubahan remap ECU timing kuda, hal ini membuat motor akan lebih cepat mencapai rpm tertinggi karena setting-an idle yang dibuat berputar meloncat-loncat dengan 'mengakali' timing pengapian atau debit bensin. Oleh sebab itu inilah yang menjadi kelebihan dan dampak positif remap ECU timing kuda.

Namun hal ini memiliki potensi kerusakan bagian kruk as. Dikarenakan putaran kruk as yang ikut melompat-lompat akibat remap ECU timing kuda, ini membuat kruk as mudah untuk rusak hingga jebol. Hal tersebut yang menjadikan kekurangan atau dampak negatif dari remap ECU timing kuda.

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI