Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Sumber Penulisan

Daftar Isi

Stang Motor Goyang (Faktor Umum, Penyebab, Perbaikan)


Stang Motor Goyang (Faktor Umum, Penyebab, Perbaikan)


Faktor Usia yang Lebih Dari 5 Tahun

Stang merupakan bagian motor yang vital untuk berfungsi sebagai alat pengendali motor. Pada umumnya pula, bagian ini jarang terjadi kerusakan atau gangguan yang signifikan. Bahkan, stang termasuk bagian motor yang tidak rewel dan hanya perlu perawatan yang ringan. 


Akan tetapi, bagian stang motor akan memunculkan gejala kerusakan yang memerlukan perbaikan ketika usia motor sudah masuk di usia yang cukup tua. Diketahui bersama bahwa usia prima motor hanya mencapai sekitar 4-5 tahun, sama halnya dengan usia prima fungsi stang. 


Ketika motor telah menginjak usia yang ke 5 tahun ke atas, biasanya akan memunculkan gejala stang motor ‘goyang’ ketika digunakan untuk berakselerasi dalam kecepatan yang tinggi di jalan.



Faktor Kecelakaan

Karena pemakaian, bukan hal yang tidak mungkin jika motor mengalami ambruk saat di parkir atau kecelakaan yang tidak diduga. Faktor akibat dari ambruk atau kecelakaan ini, juga bisa membuat stang motor goyang. Hal ini disebabkan oleh karena hantaman yang cukup keras dengan objek lain (kendaraan, aspal, tanah, batu, dan sebagainya), sehingga memunculkan kerusakan pada part tertentu yang menjadi faktor stang motor goyang.



Penyebab dari Stang Motor Goyang

Ketika stang motor sudah goyang, pada umumnya dikarenakan faktor usia motor yang memang sudah memasuki usia non-prima atau karena kecelakaan yang menimpa motor tersebut. Namun secara teknikal, berikut ini adalah beberapa kemungkinan part yang rusak sehingga menimbulkan stang motor goyang:


  • Tekanan angin pada ban yang kurang.
  • Bearing pada roda depan yang sudah aus.
  • Comp Steer yang terlalu kencang atau sudah aus, akibat dari tidak sesuainya setting-an saat penggantian knalpot.
  • Adanya kebocoran oli pada shockbreaker.
  • Engine Mounting yang menjadi penyambung mesin dan chassis sudah aus.


Perbaikan yang Tepat

Jika kondisi stang motor goyang tidak segera diperbaiki, keamanan dan keselamatan dari pengemudi akan berisiko lebih tinggi. Oleh sebab itu jika mendapati kondisi stang motor goyang yang ringan atau bahkan sudah terasa kuat, segera kunjungi bengkel resmi untuk perbaikan yang tepat dan efektif. 


Untuk perbaikan umum pada masalah stang motor goyang adalah mengganti bearing roda depan yang aus atau melakukan press pada stem sub assy (segitiga shock) untuk mengembalikkannya ke posisi yang center. 


Dua perbaikan umum ini biasanya akan cukup untuk mengembalikan kondisi stang motor baik kembali. Namun, jika penyebabnya bukan karena bearing ataupun stem sub assy, maka lakukan diagnosa yang lebih dan perbaikan yang sesuai dengan faktor penyebabnya di bengkel resmi untuk menghindari kesalahan fatal dalam perbaikannya.

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI