Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Sumber Penulisan

Daftar Isi

Tanda-tanda Fuel Pump Motor Injeksi Sudah Mulai Lemah


Hampir semua pabrikan motor saat ini sudah menggunakan sistem injeksi untuk mensuplay pasokan bahan bakar. Sistem injeksi membutuhkan fuel pump untuk menyalurkan bensin dari tangki untuk disemburkan pada ruang pembakaran dengan bantuan injektor.

 

Fuel pump motor bisa rusak dikarenakan dua hal, yaitu usia pakai dan kebiasaan selalu membiarkan tangki bahan bakar sampai kosong. Secara umum, fuel pump bisa bertahan hingga lima tahun jika digunakan secara normal. Artinya, kita selalu menjaga volume bensin tidak sampai kosong, setidaknya setengah tangki.

 

Berbeda dengan motor yang menggunakan karburator, Motor system injeksi membutuhkan fuel pump untuk menghisap bahan bakar. Biasanya untuk motor yang sering dipakai, fuel pump memiliki masa pakai sekitar lima tahunan

 

Keberadaan fuel pump pada motor injeksi tentu sangatlah penting. Komponen yang satu ini memiliki peranan untuk menyalurkan bensin ke injektor sesuai dengan porsinya. Tak hanya itu saja, fuel pump juga memiliki fungsi untuk menjaga tekanan dari bensin agar tetap tinggi.

 

Jika terjadi kerusakan pada fuel pump, tentu akan membuat tekanan bensin lemah dan akan mempengaruhi kinerja mesin motor Anda. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri fuel pump rusak pada kendaraan.


Baca juga: Penyebab Tangki Bensin Motor Bocor dan Pencegahannya

Tanda-tanda Fuel Pump Mengalami Kerusakan 

Tanda fuel pump rusak yang pertama adalah motor susah dihidupkan. Jika pompa sudah mulai lemah, maka tekanan bensin pun akan berkurang, sehingga membuat mesin sulit untuk dinyalakan. Hal ini bisa terjadi karena fuel pump tersumbat kotoran dan membuat asupan bahan bakar ke ruang bakar menjadi tersendat atau memang fuel pamp motor sudah rusak. walaupun mesin berhasil hidup, biasanya saat digas pun mesin akan brebet karena kurangnya pasokan bensin yang masuk, bahkan bisa mati total.

 

Saat motor dinyalakan tapi susah hidup padahal kondisi starter normal, ada kemungkinan fuel pump sudah mulai lemah. Untuk memastikan fuel pump masih hidup atau tidak sebenarnya cukup mudah, bisa dengan mendengarkan dengungan dari tangki bensin. 

 

Pada saat kunci kontak ke posisi On tidak muncul suara dengungan atau suaranya sangat kecil, maka menandakan fuel pump lemah. Sebagai perbandingan, kondisi fuel pump saat masih bagus akan berdengung keras sesaat setelah kunci kontak On.


Baca juga: Honda Vario 160 Miliki Konsumsi Bensin yang Irit Benar Atau Tidak


Lampu Indikator Injeksi Berkedip

Jika ada kedipan pada lampu check engine, sudah pasti menandakan kalau ada masalah yang terjadi pada motor. Namun, fuel pump yang rusak tidak selalu ditandai dengan Malfunction Indicator Lamp (MIL) pada panel instrumen berkedip.

 

Lampu MIL adalah lampu indikator yang mendeteksi kerusakan motor pada sistem injeksi. Lampu MIL  berada pada bagian spedometer motor yang berwarna oranye. Apabila terjadi permasalahan pada sensor atau sistem injeksi, maka lampu MIL akan menyala dan berkedip.

 

Pada saat kunci kontak pada posisi on MIL akan menyala sekitar 0,3 detik dan akan mati kembali. Pada saat MIL menyala ECM akan mendeteksi ada tidaknya kerusakan pada sistem sensor. Apabila tidak terjadi kerusakan maka MIL akan mati. Tentunya kalau lampu ini berkedip dan disertai beberapa gejala diatas, maka sepertinya sudah jelas kalau fuel pump motor kamu harus diganti.

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI