Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Honda Vario 160 Miliki Konsumsi Bensin yang Irit Benar Atau Tidak



Potongan Angsuran Hingga 9 Bulan

*Khusus Jakarta – Tangerang

Cek Promo

Lokasi Dealer Nusantara Sakti (NSS)

*Tersebar di 27 Provinsi Indonesia

Cek Detail Kota

Mesin Berkapasitas Besar, Berefek ke Konsumsi Bensin?

Honda Vario 160 merupakan motor rilisan baru pada tahun 2022 bulan Februari. Dengan tahun rilisan yang masih sangat baru, Honda Vario 160 pada tahun 2023 belum terdapat pembaruan pada livery body dan teknologi mesin. 

Sebagai informasi, motor ini dirilis dengan maksud untuk menggantikan Honda Vario 150 yang sudah dis-continue (berhenti diproduksi). Dari nama seri Vario 160 ini mengartikan jika motor ini telah menggunakan mesin berkapasitas 160 CC (156,9 CC) atau meng-upgrade kapasitas mesin sebelumnya pada Vario 150.

Dengan kapasitas mesin yang sudah mengalami kenaikan, maka muncul pertanyaan juga mengenai konsumsi bensinnya. Secara logika hal ini memang harusnya benar, namun yang perlu dilihat lebih lanjut adalah manfaat lainnya yang bisa didapat dari naiknya kapasitas mesin tersebut.


Pesan Vario 160 2024

*Tersedia Tipe ABS & CBS

Konsumsi Bahan Bakar Vario 150 Vs Vario 160

Pembahasan selanjutnya adalah mengenai Honda Vario 160 adalah tentang konsumsi bensinnya. Sebelum mengetahui nilai konsumsi bahan bakar dari masing-masing motor, nilai yang tertera bisa saja berbeda dikarenakan gaya berkendara dan track yang berbeda.

Catatan konsumsi bahan bakar pada Honda Vario 150 eSP rilisan terakhir tahun 2021 mencatatkan 46,9 km/liter dengan hasil pengujian metode ECE R40 Euro 3. 

Sedangkan pada konsumsi bahan bakar Vario 160 eSP+ pada rilisan tahun terakhirnya 2023 mencatatkan 46,9 km/liter dengan metode WMTC Euro 3 (ISS ON).

Dengan capaian ini dapat dilihat jika Honda Vario 150 dan Vario 160 memiliki capaian konsumsi bensin yang sama. Lalu dengan kesamaan ini, apakah nilai ini sudah dapat disebut sebagai konsumsi bahan bakar yang irit?


Konsumsi Bensin Sama, Performa Jauh Beda

Jawabannya adalah tergantung dari rata-rata jarak tempuh harian motor tersebut dipakai. Jika motor hanya dipakai dalam jarak yang 10 km tiap harinya dalam seminggu, maka dapat diartikan jika kedua motor ini membutuhkan 1,5-2 liter bensin untuk durasi pemakaian seminggu.

Faktor untuk menilai keiritan lainnya muncul dari kebutuhan performa mesin untuk menempuh jarak 10 km tersebut dalam setiap harinya. Dengan kapasitas mesin yang lebih besar, otomatis Vario 160 memiliki kemampuan untuk mengantarkan pengemudi menuju tujuan dengan lebih cepat daripada Vario 150. Hal ini dikarenakan perbedaan kapasitas mesin Vario 150 yang hanya mencapai 149,3 CC sedangkan Vario 160 mencapai 156,9 CC.


Benar, Vario 160 Miliki Konsumsi Bensin yang Irit

Dengan pernyataan di atas, dapat diartikan jika Honda Vario 160 benar memiliki konsumsi bensin yang irit. Nilai ini datang dari perbandingan dengan pendahulunya Vario 150 yang memiliki nilai konsumsi bensin yang sama, namun memiliki performa mesin yang berbeda. Perbedaan datang dari kapasitas CC mesin dan teknologi mesin Vario 160 yang sudah menggunakan eSP+, sebagaimana dinyatakan bahwa teknologi ini membuat mesin lebih responsif dan halus. Dengan alasan ini, dapat diartikan jika Honda Vario 160 memang irit bensin.

DP Honda Vario 160 1,5 Juta

*Syarat & ketentuan berlaku

Klaim via WhatsApp

Kabari Saya

Untuk penawaran dan promosi terbaru dari KlikNSS

Artikel Lainnya




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI