Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Sumber Penulisan

Daftar Isi

Penyebab Tangki Bensin Motor Bocor dan Pencegahannya



Sebab Awal Dapat Dikarenakan Kemasukan Air

Tangki bensin diharuskan steril terhadap cairan apapun selain bensin. Dengan begitu tangki bensin hanya boleh terisi oleh bensin tanpa terkontaminasi cairan apapun termasuk air. Letak dari tangki bensin umumnya berada di bagian bawah tempat duduk kemudi, namun ada pula tangki bensin yang berada di depan tempat duduk kemudi. Dengan perbedaan letak ini, tingkat ketahanan tangki bensin juga dapat berbeda.

Tangki bensin motor yang berada di depan tempat duduk kemudi akan membuat air lebih mudah untuk merembes ke dalam tangki. Rembes ini dapat dikarenakan dari tutup tangki yang sudah tidak rapat karena terdapat kebocoran di bagian karet-karet. Sedangkan tangki bensin yang berada di bawah tempat duduk kemudi bisa dikarenakan hal yang sama atau akibat dari kebanjiran dan pencucian motor. Dari beberapa sebab awal ini, air dapat masuk ke dalam tangki dan membuat korosi di dalam tangki.


Tangki Motor Menjadi Bocor Akibat Kemasukan Air

Di saat tangki bensin kemasukan air, potensi risiko kebocoran tangki bensin dipastikan akan meningkat. Hal ini sesuai dengan hukum dasar pada mata pelajaran Kimia, dimana massa air lebih berat dibandingkan dengan massa bensin. Dengan massa yang lebih berat, air yang tiba-tiba masuk ke dalam tangki pasti bakal langsung turun berada di bawah bensin.

Jika air dibiarkan tetap berada di dasar tangki, maka bagian bawah tangki akan mendapati korosi dan kebocoran. Oleh sebab itu, sangat diharuskan untuk mengantisipasi kemasukan air pada tangki bensin karna sebabkan kebocoran tangki tersebut. Cara terbaik untuk mencegah menghindari kebocoran tangki bensin akibat air adalah menguras tangki bensin setiap satu tahun sekali atau setelah motor mengalami kebanjiran.


Sebab Lain dari Kebocoran Tangki Bensin

Selain dari kemasukan air, tangki bensin juga dapat bocor jika isi dari tangki terlalu sedikit dan dibiarkan hingga waktu yang lama. Tangki bensin dapat mengalami penguapan yang sebabkan adanya embun yang membuat korosi pada tangki bensin. 

Eks Kepala Bengkel AHASS Nusantara Sakti Slipi, Bachrul Hanafi mengungkapkan hal yang sama yaitu "Biasanya karena tangki bensin kemasukan air atau tangki dibiarkan kosong yg sebabkan pengembunan, dua hal itu yang paling sering jadi penyebab tangki bensin bocor."

Dua hal mengenai kemasukan air dan membiarkan isi tangki sedikit/kosong pada waktu lama akan menjadi sebab dari tangki bensin yang bocor. Selain dari menyebabkan kebocoran tangki bensin, sistem pembakaran juga dapat terganggu karena terkontaminasi air. Selain dari menyebabkan kehilangan kompresi, oli juga menjadi berwarna coklat karena tercampur air sehingga fungsi oli menjadi tidak sempurna.

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI