Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Sumber Penulisan

Daftar Isi

Service CVT Berapa Bulan Sekali? Apa yang Harus Diperhatikan?


Service CVT Berapa Bulan Sekali? Apa yang Harus Diperhatikan?

Tentang CVT Motor Matic

CVT adalah singkatan dari Continously Variable Transmission yang memiliki fungsi menyalurkan tenaga yang dihasilkan oleh mesin, untuk menjalankan roda belakang dan mendorong motor matic untuk berjalan. Bagian CVT, merupakan salah satu bagian inti dari motor matic karna jika terdapat komponen pada CVT yang tidak berfungsi dengan baik akan membuat performa motor tidak dapat berfungsi dengan baik. Pada bagian ini, sangat diperlukan untuk melakukan service CVT secara rutin berkala untuk menghindari terjadinya kerusakan maupun performa yang tidak maksimal pada motor matic.



Service CVT Berapa Bulan Sekali?

Mengingat CVT adalah salah satu bagian inti dari motor matic, maka service dan perawatan perlu untuk dilakukan. Lalu service CVT berapa bulan sekali untuk harus dilakukan? Service CVT perlu dilakukan pertama kali, ketika jarak tempuh motor telah mencapai 8.000 km. Selanjutnya, service CVT dapat dilakukan secara rutin pada kelipatan jarak tempuh 8.000 Km. Berarti ketika jarak tempuh motor berada pada 16.000 km, 24.000 km, service CVT perlu dilakukan. Namun, perlu diketahui juga, service CVT juga perlu dilakukan jika motor jarang dipakai atau tidak pernah membawa beban yang berat. Hal ini dikarenakan oleh terdapat komponen ‘drive belt’ yang dapat menjadi getas, yang membuat motor berjalan dengan kasar.


Kapan Harus Ganti Drive Belt?

Drive belt merupakan salah satu komponen pada CVT berupa sabuk karet bergerigi penghubung antara drive face (yang mendapat tenaga dari mesin) dengan driven face (yang menggerakkan roda belakang) untuk membuat motor berjalan. Bagian dari drive belt ini harus dijaga dan dapat diganti ketika jarak tempuh motor telah sampai 24.000 km. Namun, jika drive belt sudah dalam kondisi yang pecah-pecah karena getas dapat segera diganti pula dengan yang baru dengan produk yang asli. Untuk motor Honda, direkomendasikan untuk menggunakan Honda Genuine Parts yang dapat dibeli melalui official store KlikNSS di Tokopedia dan Shopee.



Apakah Dapat Lakukan Service CVT Secara Mandiri?

Melakukan perawatan pada CVT secara mandiri bisa dilakukan. Dibutuhkan banyak kehati-hatian dalam melakukan pembongkaran CVT atau mengganti bagian komponen CVT secara mandiri. Pembersihan adalah hal yang perlu untuk dilakukan, gunakan ‘parts cleaner’ direkomendasikan. Selain itu, menggunakan sabun juga bisa dilakukan. Pastikan kondisi CVT kering sebelum menutupnya kembali dan oleskan grease untuk menghindari terjadinya karat. Pada intinya CVT dapat disservice secara mandiri, namun service CVT di bengkel resmi lebih direkomendasikan karna montir yang sudah berpenglaman, alat yang lengkap, dan fasilitas yang memadai.

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI