Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Cara Untuk Menjaga Motor Tetap Hemat Bahan Bakar




Konsumsi Bahan Bakar, Faktor Penting Pemilihan Motor

Sebelum memilih motor, berbagai faktor pertimbangan pasti akan mempengaruhi keputusan pembelian. Berbagai faktor di antaranya, mulai dari model gaya, spesifikasi mesin, hingga faktor konsumsi bahan bakar. Dari tiga faktor ini masih terdapat banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi faktor pemilihan motor.

Ketika keputusan pemilihan motor sudah dilakukan, perawatan motor perlu dilakukan dengan terstruktur. Perawatan mulai dari service, penggantian oli, penggantian spareparts yang cepat habis (fast-moving spareparts). Selain dari beberapa hal perawatan ini, menjaga gaya berkendara juga diperhatikan untuk dapat menjaga keoptimalan mesin.



Cara Menjaga Motor Hemat Bahan Bakar 

Konsumsi bahan bakar harus terjaga, banyak pengemudi dan pemilik motor yang tidak ingin motornya tidak hemat dalam konsumsi bahan bakar. Berbagai tindakan penjagaan dan perawatan harus dilakukan untuk dapat mengoptimalkan konsumsi bahan bakar tetap hemat.

Sebenarnya terdapat berbagai cara sederhana yang dapat berfungsi untuk menjaga konsumsi bahan bakar tetap hemat, seperti berikut:

  • Menjaga tarikan gas dengan halus dan tidak menarik gas dengan menghentak-hentak.
  • Menjaga waktu penggantian oli mesin dengan tepat waktu, yaitu per 2000 km atau per dua bulan sekali.
  • Menyamakan pilihan RON bahan bakar dengan kategori rasio kompresi motor tersebut.



Final Thoughts

Untuk menjaga konsumsi bahan bakar motor tetap hemat dan stabil, tiga cara di atas sudah dapat mengoptimalkannya. Yang perlu dilakukan untuk menjaga motor tetap hemat bahan bakar selanjutnya adalah konsistensi.  

Eks Kepala Bengkel AHASS Nusantara Sakti, Bachrul Hanafi juga menambahkan mengenai ECO Mode pada motor. Dijelaskan bahwa "ECO Mode itu indikator motor ketika tarikan gas sampai di 40-60 km/jam, yang berfungsi untuk memberitahu pengemudi bahwa motor dapat menghemat bahan bakar dengan lebih optimal jika tarikan gas stabil di kecepatan itu dan tidak melebihinya.

Tiga cara sederhana di atas dengan rutin dan terjadwal. Selain itu ECO Mode juga dapat menjadi pengingat pengemudi untuk menjaga tarikan gas, yang menjadi poin penting agar konsumsi bahan bakar hemat. Ditambah dengan menjaga penggantian oli dan menyamakan pilihan RON bahan bakar dengan rasio kompresi motor, dapat menjadi kombinasi perawatan motor yang optimal untuk menjaga hematnya konsumsi bahan bakar.

 


Kabari Saya

Untuk penawaran dan promosi terbaru dari KlikNSS




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI








versi 1.0.18