Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Sumber Penulisan

Daftar Isi

Bensin Boros Pada Motor, Apa yang Harus Diperbaiki dan Disetel


Bensin Boros Pada Motor, Apa yang Harus Diperbaiki dan Disetel

Karena Usia Motor

Motor yang digunakan setiap hari, pasti akan membuat performa motor menurun. Ya hal ini dapat dimungkinkan karena berbagai parts yang terkait mengalami kerusakan atau keausan. Hal-hal terkait spareparts yang mengalami kerusakan belum tentu diakibatkan karena motor yang mengalami insiden, namun usia motor dan jarak tempuh akan mempengaruhi pula. 


Ketika usia motor dan parts mulai mengalami keausan akan menimbulkan bensin boros pada motor. Hal ini akan selalu menjadi faktor penting pada pengendara, karena berefek juga pada biaya pembelian bahan bakar.



Penyebab & Perbaikan Pada Bensin Boros Pada Motor

Selain dari efek penyebab usia motor, terdapat berbagai penyebab lain dari bensin boros pada motor. Pemilik motor sangat wajib untuk memastikan beberapa hal berikut yang terkait pada parts, karena banyak penyebab bensin boros dari parts yang sudah rusak sebagai berikut:


  • Filter udara yang kotor dan harus dilakukan penggantian, karena filter udara pada motor-motor keluaran baru menggunakan filter tipe yang sudah terlapisi oli untuk menyaring debu kotor.
  • Busi yang sudah rusak, elektroda dari busi yang sudah habis maka harus diganti dengan yang baru.
  • Celah klep yang tidak standar, masalah ini dapat diselesaikan dengan penyetelan ulang untuk mengatur celah klep kembali ke setelan awal.
  • Pengaturan injeksi yang berubah dan perlu riset ulang, karena pengaturan dari injeksi yang berubah perlu diatur pada volume yang sesuai.
  • Klep piston yang sudah aus, penggantian harus dilakukan dengan tindakan overhaul (turun mesin) karena perlu membuka area pengapian secara menyeluruh.
  • Campuran bensin dan udara pada karbu yang tidak pas, yang perlu untuk di-setting ulang pada tipe motor yang masih menggunakan tipe karbu.


Bensin Boros Setelah Turun Mesin

Mendapati masalah bensin boros pada motor pasti tidak diinginkan banyak pengemudi. Dari berbagai penyebab daripada bensin boros pada motor, yang paling sering muncul adalah celah klep yang tidak standar atau klep piston yang sudah aus. Beberapa masalah bensin boros pada motor juga muncul akibat dari setelah melakukan turun mesin. 


Hal ini diakibatkan dari perbaikan area klep piston yang di-oversize. Ketika melakukan tindakan ini, konsumsi bensin otomatis akan menjadi lebih boros karena aliran volume bensin menjadi lebih banyak pada area pengapian. Untuk mengantisipasi hal ini terjadi, lebih baik untuk melakukan penggantian satu set pengapian daripada melakukan oversize untuk mencegah konsumsi bensin yang boros.



Key Takeaways

Menarik kesimpulan daripada masalah bensin boros pada motor terdapat beberapa hal yang menyebabkan masalah ini terjadi yaitu filter udara yang kotor, celah klep tidak standar, busi yang rusak, dan klep piston yang aus. Lalu usia motor juga dapat mempengaruhi masalah bensin boros dapat terjadi. 


Sedangkan untuk menghindari bensin boros setelah turun mesin, hindari untuk melakukan oversize pada klep piston dan pilih untuk ganti part klep piston dan parts menyeluruh di pengapian untuk menjaga konsumsi bensin tetap baik.

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI