Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Memilih RON Bahan Bakar yang Tepat Sesuai Rasio Kompresi




Mesin Optimal dengan RON Sesuai

Untuk digunakan berkendara, motor membutuhkan bahan bakar untuk menjalankan fungsi mesin motor. Untuk menjadikan motor dapat berjalan dan berfungsi maksimal, maka dibutuhkan bahan bakar yang sesuai. Berbagai macam bahan bakar tersedia, namun diperlukan ketelitian dan pemahaman mengenai bahan bakar yang tepat untuk motor. Dengan tipe kompresi bahan bakar yang berbeda, hal ini berfungsi untuk menentukan penggunaan RON yang sesuai. Karena dengan pemilihan RON yang sesuai, fungsi mesin dapat lebih optimal.



Cara Memilih RON yang Sesuai dengan Rasio Kompresi

Rasio kompresi motor memiliki banyak tipe berbeda, mulai dari 9:1, 10:1, hingga 12:1. Perbedaan tipe kompresi bahan bakar dikarenakan oleh perbedaan kapasitas mesin yang menempel pada masing-masing motor. Semakin besar kapasitas mesin, maka perbandingan rasio kompresi bahan bakar juga semakin besar. 

Mengenali kompresi rasio bahan bakar motor menjadi penting, karena dengan pemilihan RON yang tidak tepat akan berefek buruk pada mesin. Berikut ini cara memilih dan menggunakan RON yang sesuai klasifikasi rasio motor:

  • Rasio kompresi 9,5:1 ke bawah menggunakan RON 90 (Contohnya; Revo dan Supra X 125 FI)
  • Rasio kompresi 10:1 ke atas menggunakan RON 92 (Contohnya; BeAT, BeATStreet, Genio, Scoopy, Vario 125, PCX, ADV, Vario 160)
  • Rasio kompresi 12:1 ke atas menggunakan RON 95 (Contohnya; CBR1000RR)



Efek Menggunakan RON Bahan Bakar yang Tidak Sesuai

Dengan menggunakan RON bahan bakar yang sesuai klasifikasi rasio kompresi bahan bakar, akan membuat fungsi pembakaran menjadi optimal. Dengan pembakaran yang berjalan lancar, mesin motor akan berfungsi dengan optimal dalam menghasilkan tenaga. 

Selanjutnya jika pemililihan RON bahan bakar tidak sesuai, hal ini akan berdampak pada pembakaran yang tidak optimal. Ketidakoptimalan ini berbentuk banyaknya sisa bahan bakar yang tidak ikut terbakar. Dengan sisa bahan bakar yang tidak ikut terbakar tersebut, akan berimbas pada pengikisan parts ruang bakar. Selain pada pengikisan parts, oli akan menjadi lebih encer karena tercampur bahan bakar. Jika oli pada mesin terlalu encer, hal ini akan berimbas pada fungsi oli sebagai pelumas parts mesin yang tidak bekerja.



The Takeaways

Banyak motor yang menggunakan RON bahan bakar yang tidak sesuai dikarenakan pengertian 'semakin tinggi RON, semakin enteng tarikan mesin,' yang seharusnya tidak seperti itu. Hal ini dikarenakan masing-masing motor memiliki rasio kompresi yang berbeda dan menjadi penentu penggunaan RON bahan bakar.

Hindari untuk penggunaan RON yang tidak sesuai, karena hal ini membuat bahan bakar tidak terbakar semua dan menyebabkan pengikisan parts ruang bakar serta oli yang menjadi encer karena tercampur bahan bakar.



Kabari Saya

Untuk penawaran dan promosi terbaru dari KlikNSS




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI








versi 1.0.18