Dibuat pada:Waktu baca 15 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Tips Buka Bengkel Bisa Cepat Cuan dengan Modal Kecil



Mengapa Usaha Bengkel Menjanjikan

Usaha bengkel menjadi menarik karena masih tingginya probailitas profitnya dikarenakan masih tinggi pula penjualan motor yang ada di berbagai daerah wilayah Indonesia. Namun, hal ini masih perlu dilakukan riset mandiri untuk melihat peluang yang ada di daerah masing-masing calon wirausahawan bengkel.

Dengan riset yang dilakukan, calon wirausahawan dapat mengetahui sisi potensial yang ada di daerahnya masing-masing. Contohnya, calon wirausahawan dapat mengetahui barang dan produk apa yang sesuai dengan segmen pasar di areanya. Hal ini dapat dilakukan dengan riset mandiri seperti, berkunjung ke bengkel satu dan lainnya yang berada di dekat area tempat usaha. Selain tindakan riset ini, masih banyak riset lainnya yang dapat dilakukan untuk memperkuat posisi dan tingkat potensi usaha dapat berjalan optimal.


Persiapan Awal Sebelum Buka Bengkel

Sebelum mengambil tindakan untuk membuka usaha bengkel, terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai persiapan awal pembukaan bengkel. Mulai dari riset pasar, pencarian lokasi usaha, merancangkan berbagai bentuk strategi marketing hingga aftersales, dan sebagainya. Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan sebagai persiapan awalnya:

  • Modal awal. Mau bagaimanapun ketersediaan asset atau tabungan menjadi hal yang perlu dipersiapkan karena dengan modal tersebut akan digunakan untuk pembelian berbagai produk barang, alat, dan perlengkapan lainnya.
  • Riset Pasar. Tindakan ini berfungsi mengenali dan menganalisa pasar yang ada di suatu area untuk memenangkan persaingan dan kompetisi dengan model usaha bengkel lain yang berada di jarak 5-10 kilometer.
  • Pencarian Lokasi Usaha. Titik tempat usaha menjadi hal yang perlu dipersiapkan juga, yang paling pasti harus dilakukan adalah memastikan titik usaha yang bakal dioptimalkan memiliki akses yang mudah dan dapat memuat minimal 5 kendaraan. Tidak harus berada di jalan ramai sekalipun tidak masalah jika aksesnya tetap mudah dan lahan yang dimiliki dapat memuat kendaraan yang cukup banyak (5-10 motor).
  • Perancangan Strategi Marketing. Dalam perencanaan ini diperlukan pencarian USP (Unique Selling Point) atau sesuatu yang dapat membedakan usaha bengkel Anda dengan lainnya. Selanjutnya adalah tindakan strategi penjagaan konsumen atau aftersales, yang dapat membuat mereka mau untuk kembali ke bengkel Anda hingga mempromosikannya dengan testimoni kepada rekan-rekannya tanpa Anda minta. Berbagai hal seperti promo, hadiah, bonus, hingga layanan perlu dirancangkan agar memiliki poin unggul dari kompetitor dalam merumuskan USP dan keseluruhan strategi marketing yang bakal dijalankan.


Konsisten & USP Adalah Kunci Utama

Dalam memulai usaha, tentu berbagai persiapan memang perlu dilakukan, intinya hal mengenai riset pasar hingga perencanaan strategi marketing perlu dilakukan terlebih dahulu sebelum ke titik penentuan harga produk/jasa. Karena inti dari sebuah usaha bukan hanya mengejar profit, yang perlu dipikirkan adalah bagaimana usaha bengkel tersebut dapat konsisten dan memiliki USP (Unique Selling Point) yang benar-benar dapat memenangkan persaingan. 

Namun, kembali lagi riset perlu di-update dalam termin waktu 3/6 bulan sekali untuk melihat trend dan perubahan yang muncul. Bahkan, tindakan mengamati trend ini perlu dilakukan setiap hari agar usaha bengkel yang dijalankan tidak tertinggal dan terus memenangkan kompetisi. Tambahan, untuk menjadi pemenang pasar pasti butuh waktu, namun kemungkinan waktunya cepat juga sangat bisa. Intinya adalah USP usaha bengkel tersebut.

Kabari Saya

Untuk penawaran dan promosi terbaru dari KlikNSS




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI