Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Usaha Mie Ayam, Modal Sedikit Tapi Untung Banyak



Usaha apa yang modalnya dikit untungnya gede? Mie Ayam dong! Jenis makanan yang so pastinya akan terus dicari oleh orang-orang dan tak akan lekang oleh waktu. Mie ayam dikonsumsi oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang tua, jadi bisa banget jadi usaha kamu biar makin cuan, cuan, dan cuan.


Hal-hal yang Wajib Dipersiapkan Usaha Mie Ayam

Banyak hal perlu disiapkan sebelum memulai usaha Mie Ayam. Hal yang paling awal adalah membuat racikan resep yang original dan memiliki sisi originalitas untuk membedakan dari kompetitor yang sama. Jika racikan resep sudah dibuat, wajib untuk memberikan sample kepada beberapa rekan atau keluarga agar mendapatkan feedback untuk dilakukan penyempurnaan. Jika hal tersebut sudah dilakukan maka persiapan lainnya tinggal dilengkapi. Berikut dibawah ini adalah beberapa hal wajib yang perlu disiapkan sebelum menjual Mie Ayam setelah menemukan resep yang original:

1. Inovasi Biar Bisa Beraksi Menggebrak Pasar

Dari hasil mahakarya resep terenak kamu, alangkah baiknya dibuatkan variasi, mulai dari topping, jenis mie manis, mie asin, mie pedas, mie kribo, atau apa pun itu, buat seunik mungkin dan pastikan ada unique selling point atau ada hal unik yang bisa dijual ke konsumen.

2. Cari Lokasi yang Strategis dan Terbaik

Setelah resep terenak dan inovasi kamu sudah jadi, lanjut ke cari lokasi ya, pastikan cari yang strategis dan bisa dilihat banyak orang dan cepat viral di TikTok, kalau di tempat yang susah terjangkau nanti jadi susah viralnya. Kamu bisa mulai dari area perkantoran, sekolah, kampus, atau area pasar. Pastikan cari tempat sewa yang sesuai dengan modal kamu.

3. Jangan Lupa Promosi Online atau Offline

Promosi wajib dilakukan ya, tujuannya agar calon konsumen tahu kalau ada brand mie ayam buatan kamu. Kamu bisa mulai promosi via online di sosial media atau offline dengan cara buat brosur. Kamu bisa promosi dengan cara seperti konsisten membuat konten makanan di media sosial di Instagram, TikTok, Facebook ataupun Twitter dengan up up to date. Serta komunikatif dengan konsumen ini bisa dimulai dengan aktif membalas pesan dan komentar orang yang ada di media sosial kamu.

Selanjutnya dengan promosi menggunakan media iklan online seperti Facebook Ads, Instagram Ads ataupun TikTok Ads. Sebelum memeulai promosi berbayar, pastikan kamu mengerti cara mengoperasikan dan beriklan ya biar ga boncos.

Ikut dan aktif berjualan dan membuat promo di merchant online seperti GrabFood, GoFood dan ShopeeFood, juga bisa membantu pengenalan dan penjualan online lebih baik. Terakhir, buat skema giveaway untuk membantu bisnis kamu makin dikenal banyak orang. Giveaway yang diberlakukan bisa dengan syarat untuk wajib follow akun sosial media usaha kamu dan akan diundi hadiah nominal e-money, free voucher makan, hingga hadiah elektronik.


Hitungan Modal Mie Ayam Untuk Berjualan Awal

Berikut kami berikan gambaran modal yang diperlukan untuk memodali usaha mie ayam. Dari harga yang tertera, tetap dapat berubah sewaktu-waktu dengan mengikuti harga yang ada di pasar. Berikut adalah hitungan modal awal mie ayam untuk berjualan:

  • Sendok Plastik 12 pcs Rp 10.000
  • Sumpit 12 pcs Rp 2.000
  • Mangkok 12 pcs Rp 40.000
  • Mangkok Kuah 12 pcs Rp 30.000
  • Gelas Plastik 12 pcs Rp 40.000
  • Panci 1 buah Rp 50.000
  • Baskom 1 pcs Rp 10.000
  • Blender 1 pcs Rp 150.000
  • Mesin Giling Mie 1 pcs Rp 1.500.000
  • Wajan 1 pcs Rp 50.000
  • Panci Bumbu 1 pcs Rp 50.000
  • Gelas Ukur 1 pcs Rp 50.000
  • Kompor Gas Kecil 1 Pcs Rp 250.000
  • Regulator 1 Pcs Rp 50.000
  • Pisau 1 pcs Rp 10.000
  • Talenan 1 pcs Rp 15.000
  • Gerobak Bekas Rp 2.000.000
  • Estimasi Bahan Baku Harian 1.500.000

Total biaya awal untuk membuka usaha mie ayam adalah senilai 4,310,000. Biaya ini masih biaya untuk membuka usaha belum termasuk biaya bahan. Jika biaya produksi 1 porsi mie ayam sejumlah Rp 8.000 dan dijual seharga Rp 15.000 maka kamu mendapatkan keuntungan sebesar Rp 7.000 per porsi. Lalu, jika kamu bisa menjual 50 porsi mie ayam dalam sehari selama 1 bulan, maka hitungan keuntungan:

Hitungan Omzet Hitungan Profit Awal
20 porsi x 15,000 x 30 hari = 9.000.000 9.000.000 - 5.810.000 = 3.190.000

Dengan estimasi melakukan penjualan 20 porsi per hari untuk rata-rata penjualan awal selama 30 hari, maka akan didapatkan keuntungan kotor 9 juta jika menjual dengan harga 15 ribu per porsi. Lalu, keuntungan bersih yang didapat untuk awal usaha mie ayam ini bisa mendapatkan 3.19 juta. Namun, keuntungan bersih yang didapat bisa lebih lagi jika biaya modal awal selain biaya bahan baku sudah kembali. 


Butuh Biaya Tambahan, Aukan di KlikNSS

Nah, gimana estimasi keuntungan jual mie ayam? Besarkan? Kamu bisa dapetin keuntungan sekitar 12 juta loh hanya dalam 1 bulan. Kemungkinan untuk masih bisa lebih juga bisa jika perform jualan BroSis lebih baik dengan kombinasi efisiensi biaya produksi dan operasional. Yuk coba berwirausaha dari sekarang biar bisa dapat cuan banyak, buat kamu yang terhalang modal usaha bisa coba untuk ajukan pinjaman dana multiguna motor dan multiguna mobil di KlikNSS.

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI