Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Usaha Franchise Murah Tahun 2024 Mana yang Paling Baik



Gadai BPKB Motor Cair Hingga 25 Juta

*Syarat & ketentuan berlaku

Gadai Sekarang

Menakar Potensi Usaha Franchise di Tahun 2024

Franchise (waralaba) merupakan usaha yang dilirik banyak orang, karna pada umumnya produk dari franchise tersebut mudah untuk dijual. Mengapa mudah untuk dijual? Hal ini dikarenakan produk dari franchise sudah dikenal dan dipercaya oleh masyarakat mengenai kualitasnya.

Di tahun 2024, usaha franchise semakin menjamur variannya. Mulai dari franchise di bidang F&B (makanan & minuman), hingga franchise usaha jasa seperti usaha franchise cuci sepatu dan laundry. Namun belakangan ini usaha franchise "es teh & ice cream" dari berbagai merk tersebar luas di berbagai wilayah. Lalu seperti apa potensinya?

Bisa dibilang usaha franchise di tahun 2024 masih belum menunjukkan tanda-tanda yang meredup. Contohnya saja pada usaha franchise minuman dengan produk es teh dan ice cream terbukti hingga saat ini tetap ramai di berbagai gerainya.

Mungkin ketimbang dari sektor jasa, franchise dari sektor makanan dan minuman masih lebih mudah untuk menjaring pasar. Hal ini juga ditengarai karena kesukaan banyak warga untuk membeli "jajan" sebagai kebiasaan. Oleh sebab itu usaha franchise makanan dan minuman masih sangat berpotensi di tahun 2024.


Persiapan Awal Membuka Usaha Franchise

Sebelum memilih usaha franchise, tentu diperlukan berbagai kesiapan yang matang agar usaha yang dijalankan sustainable and profitable. Berikut adalah beberapa persiapan yang perlu dilakukan:

  1. Riset dan mempelajari pasar di sekitar area lokasi dibukanya usaha franchise untuk mengetahui apa yang menjadi minat dan dapat dijadikan peluang.
  2. Mencari benchmarking kompetitor yang memiliki usaha serupa untuk mendapatkan poin unggul dari lainnya.
  3. Mempertimbangkan dan membandingkan usaha franchise mana yang memiliki peluang terbaik di area target.
  4. Menghitung biaya modal awal dengan rapi dan terstruktur hingga ke bagian detail biaya operasional harian dan lain-lain.
  5. Melakukan pitching atau negoisasi lanjut dengan pihak fasilitator franchise, untuk mendapatkan kesepakatan kerja sama yang menguntungkan terkait cycle dari supply chain hingga profit-sharing.
  6. Melakukan perhitungan biaya untuk mendapatkan plafon biaya untuk pekerjaan promosional, seperti harga iklan, diskon, dan lainnya.
  7. Membuat plan marketing mengenai action apa yang secara tahapan waktu akan dilakukan untuk mencapai BEP (balik modal hingga revenue yang di target selama setahun dan selanjutnya.
  8. Membuat program dan tindakan khusus pada aftersales khusus yang menarik untuk meningkatkan sustainability dan profit dari usaha franchise.

Setidaknya terdapat 8 cara persiapan awal untuk membuka franchise yang well-prepared. Hal yang terkait dari penyiapan modal dapat dilakukan setelah bagian nomor empat hingga tujuh sudah dilakukan. Agar modal yang disiapkan bisa tepat dan tidak terdapat kebocoran biaya lain-lain di dalam persiapan memulai usaha franchise.

Gadai BPKB Motor via Chat

*Syarat & ketentuan berlaku

Chat WhatsApp Resmi KlikNSS

Usaha Franchise Terbaru Mana yang Murah & Profitable?

Pada usaha franchise pasti pertimbangan mengenai mana yang paling ringan (murah) pasti menjadi tolak ukur utama. Akan tetapi jangan jadikan harga franchise yang murah menjadi pertimbangan utama.

Dibalik dari harga yang murah, diperlukan benefit (manfaat) yang beragam untuk pelaku usaha. Dengan kombinasi manfaat yang beragam dan harga yang murah, maka usaha franchise yang itulah yang layak dipilih. Maka dari itu pastikan kembali usaha franchise yang dipilih memiliki paket harga yang murah beserta manfaat yang lengkap.

Salah satu yang terbaik dari usaha franchise untuk pemula adalah yang produk jualnya minuman ringan, yang memiliki harga beli di bawah 10 juta beserta harga jual produk yang murah di kisaran 10,000 - 15,000. Karena dengan asumsi dapat menjual produk minumannya yang sebesar 10,000 sebanyak 30 cup secara rata-rata, maka modal awal 10 juta akan kembali pada kurang lebih satu bulan lebih 1 minggu.

Jadi biaya selanjutnya tinggal berfokus pada biaya supply chain management dan biaya operasional dari penjual harian. Dan pastikan kembali skala prioritas dan perhitungan masing-masing untuk menentukan mana usaha franchise murah yang tepat dan paling baik.

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI