Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Ubah Honda CRF150L Supermoto, Apa yang Harus Diperhatikan



CRF, Seri Dirt-bike Honda

Honda merilis motor dengan spesifikasi dirt-bike melalui seri motor CRF. Seri ini memiliki beberapa tipe berbeda, mulai dari CRF150L, CRF250L, CRF250L Rally, hingga CRF1100L Africa Twin. Seri motor Honda CRF yang berada pada kategori low-end adalah Honda CRF150L. Sedangkan seri yang masuk dalam kategori high-end adalah CRF250 Rally dan CRF1100L Africa Twin. 

Dengan banyaknya varian tipe dari Honda CRF, otogeeks dan masyarakat umum memiliki berbagai pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Namun kini banyak yang mengalihfungsikan Honda CRF menjadi tipe road-bike, seperti fenomena perubahan CRF150L yang dijadikan tipe supermoto.


Apa itu Supermoto

Supermoto adalah jenis balap sepeda motor yang menggabungkan elemen motocross, flat track, dan balap jalan raya. Sepeda motor yang digunakan dalam balap supermoto biasanya ringan, berkualitas tinggi, dan dirancang khusus untuk balapan di berbagai permukaan, termasuk aspal, tanah, dan kerikil.

Balapan supermoto dilakukan di lintasan khusus yang dirancang untuk mencakup bagian permukaan jalan raya dan off-road. Pembalap harus melewati serangkaian tikungan yang sempit, melompat, dan mengatasi rintangan, sehingga menghasilkan kompetisi yang menarik dan menantang.

Istilah "supermoto" berasal dari kata "super" (yang berarti di atas atau melampaui) dan "moto" (singkatan dari sepeda motor). Balap supermoto berasal dari Eropa pada tahun 1970-an, dan sejak itu telah populer di seluruh dunia sebagai bentuk balap sepeda motor yang seru dan unik.


Honda CRF150L Supermoto

Honda CRF150L memiliki banyak penggemar dan peminat. Saking banyaknya peminat dan pengguna motor ini, membuat CRF150L sering dimodifikasi dengan berbagai model sesuai personalisasi pengemudi. Salah satu ubahan yang banyak terjadi adalah pengubahan CRF150L Supermoto. 

Dengan mengubah CRF150L menjadi supermoto, biasanya para pemilik akan mengubah ban bermotif kotak-kotak menjadi ban alur yang biasa difungsikan untuk di jalanan rata. Namun selain mengubah ban, terdapat beberapa poin yang harus ikut diganti untuk menjadikan CRF150L Supermoto:

  • Velg diganti dengan tipe berbahan alloy, ukuran ring 17 dengan lebar 3 inch untuk velg depan dan ring 17 lebar 3,5 inch untuk velg belakang.
  • Jari-jari ruji stainless steel ikut diganti sesuai dengan kebutuhan panjang lebar velg.
  • Mengganti ban alur dengan spesifikasi grip yang maksimal di berbagai tipe flat track maupun off-road.
  • Mengganti tipe gear belakang dengan menggunakan pringan gear ukuran 45 untuk mendapatkan daya maksimum di rpm tinggi.


Budget Untuk Mengubah CRF150L Supermoto

Honda memang tidak merilis Honda CRF150L dengan standar supermoto, oleh sebab itu pemilik perlu meng-convert menjadi supermoto secara mandiri. Perubahan pada area velg, ruji, ban, dan gear adalah poin-poin utamanya. Untuk budget yang perlu disiapkan dalam mengubah CRF150L Supermoto berkisar 4,5 Juta, dengan rincian estimasi sebagai berikut:

  1. Penggantian dua velg depan belakang ring 17 lebar 3 inch dan 3,5 inch berkisar 2 Juta (1 Set).
  2. Penggantian jari-jari ruji depan belakang berkisar 200 Ribu.
  3. Penggantian ban alur soft-compund depan belakang berkisar 1,5 Juta (800 Ribu Ban Belakang - 400 Ribu Ban Depan)
  4. Penggantian gear belakang ukuran 45 dengan satu paket rantai dan gear depan berkisar 600 Ribu.

Perlu dicatat, perhitungan ini bersifat estimasi dan harga masing-masing part memiliki perubahan harga masing-masing. Untuk biaya jasa pemasangan dapat berkisar di 200 Ribu sehingga estimasi biaya untuk mengubah CRF150L berkisar 4,5 Juta. Pastikan untuk selalu menggunakan parts resmi dan penggantian di bengkel resmi untuk mendapatkan penanganan dan parts yang tepat.

Jika daripada Anda masih mencari unit Honda CRF150L untuk dijadikan bahan supermoto, KlikNSS (Nusantara Sakti) memberikan kemudahan untuk pembelian kredit. DP minim untuk Honda CRF150L di KlikNSS cukup sebesar 4,5 juta, Anda dapat langsung menghubungi WhatsApp resmi KlikNSS untuk info lebih lanjut dan melakukan klaim langsung.

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI