Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

5 Tips Ampuh Menggunakan Kartu Kredit dengan Baik Agar Tidak Terlilit Utang

5 Tips Menggunakan Kartu Kredit dengan Baik Agar Tidak Terlilit Utang




( Credit: Pexels.com)

Kartu kredit adalah alat pembayaran secara non tunai dengan menggunakan kartu yang diterbitkan oleh bank. Kartu kredit dapat membantu Brosis untuk melakukan transaksi di awal dan dibayarkan oleh bank, namun pada akhirnya Brosis juga harus membayar nominal yang sudah di tentukan oleh pihak bank setiap awal bulan ke bank bersangkutan. Dengan menggunakan kartu kredit, bank akan memfasilitasi Brosis untuk mempunyai waktu fleksibel dalam transaksi karena dapat dilakukan secara online.

Penggunaan kartu kredit yang tidak wajar bisa menimbulkan beberapa efek negatif loh buat keuangan Brosis. Tapi, jika Brosis tidak memiliki perencanaan keuangan yang matang dan tidak dapat mengontrol perilaku konsumtif dan gaya hidup yang hedon, maka penggunaan kartu kredit tersebut akan semakin menambah beban hutang rosis. Oleh karena itu, KlikNSS mau kasih tips dan informasi untuk Brosis semua agar terhindar dari penggunaan kartu kredit yang tidak wajar.

Ini dia Tips Menggunakan Kartu Kredit dengan Baik , di simak yuk!

1. Memanfaatkan Promo yang Ditawarkan Kartu Kredit


Banyak promo yang di tawarkan oleh kartu kredit. Gunakan promo-promo tersebut agar untuk menekan biaya pengeluaran per bulan. Promo tersebut dapat berupa potongan sekian persen ketika berbelanja di supermarket, makan di restaurant, biaya travel, menginap di hotel, dan dengan merchant lainnya yang sudah bekerja sama dengan penyedia kartu kredit. Atau bisa juga dengan mendapatkan point yang bisa ditukarkan dengan manfaat tertentu.

2. Memilih Kartu Kredit Sesuai dengan Kebutuhan dan Kemampuan


Pilihlah kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan. Bank menawarkan berbagai pilihan jenis kartu kredit yang dapat digunakan dengan kemampuan dan kebutuhan. Jika kartu kredit lebih diperuntukkan untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari, maka pilihlah kartu kredit yang banyak bekerja sama dengan merchant penyedia kebutuhan sehari-hari atau supermarket.
Lalu Brosis harus Menentukan limit kredit karena Penggunaan limit kredit yang sesuai juga dibutuhkan agar penggunaan kartu kredit Anda tidak melebihi dari pendapatan per bulan yang Anda terima. Maka, manfaatkanlah limit kredit secara bijak. Jangan tergoda untuk menaikkan limit kredit jika perencanaan keuangan Anda belum matang.


3. Membayar Tagihan Kartu Kredit Dengan Tepat Waktu


Jika calon debitur memiliki riwayat pembayaran yang kurang lancar, akan memengaruhi approval dalam mengajukan pinjaman di Lembaga keuangan lainnya dan jika pengguna terlambat dalam membayar tagihannya, nantinya akan dikenakan biaya denda dan bunga yang membuat tagihan per bulannya semakin besar. Jika pengguna terlambat membayar tagihannya, juga akan memperburuk skor kredit atau SLIK di OJK. Brosis harus selalu bayar tagihan kartu kredit dengan tepat waktu ya!


4. Hindari Menarik Uang Melalui Kartu Kredit


Penarikan uang melalui kartu kredit adalah sama saja dengan mengambil pinjaman dari bank. Lain halnya, jika pengguna mengambil uang dari kartu debit, karena pengguna mendapatkan uang tersebut dari tabungan yang telah dikumpulkan sejak lama. Fokuskanlah penggunaan kartu kredit untuk sarana memudahkan dalam berbelanja dan menambah asset, bukan menjadi sumber uang cash ya Brosis!


5. Batasi Kepemilikan Kartu Kredit Maksimal 2 Buah


Batasi kepemilikan kartu kredit ya Brosis! Kenapa? Karena meskipun tidak ada Batasan untuk memiliki kartu kredit tapi menggunakan kartu kredit berlebihan tidak dapat mengatur keuangan dengan baik, maka dikhawatirkan akan menambah hutang yang memiliki resiko tidak terbayar. Mengingat juga, biaya-biaya seperti biaya tahunan, biaya bunga juga, dan biaya lainnya akan bertambah seiring dengan jumlah kartu kredit yang dimilikinya. Dengan membatasi kepemilikan kartu kredit secukupnya dan cara menggunakan kartu kredit dengan bijak, tentunya akan mengurangi perilaku konsumtif.

Nah itu dia Tips menggunakan kartu kredit yang baik dan benar agar Brosis tidak berperilaku konsumtif dalam masalah keuangan. Hihi. Kuncinya adalah terletak pada perencanaan keuangan yang baik dan bagaimana cara Anda mengontrol hasrat untuk berbebelanja.

Jika Brosis ada kendala dengan pinjaman uang dari kartu kredit, KlikNSS juga menawarkan untuk Brosis yang mau pinjam dana pembiayaan proses cepat , klik disini ya. Cukup dengan KTP Pemohon, KTP Penjamin, STNK dan BPKB Motor saja Brosis sudah bisa mendapatkan pinjaman dana pembiayaan proses cepat nya dari KlikNSS loh!








Kabari Saya

Untuk penawaran dan promosi terbaru dari KlikNSS




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI