Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Tips Aman Jika Kamu Ingin Pinjaman Gadai BPKB Motor


Salah satu cara mudah yang dapat dilakukan untuk dapatkan dana pinjaman secara cepat diantaranya adalah dengan menggadaikan bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB). Namun, dalam melakukan pengajuan gadai BPKB Motor tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Karena bukan hal yang tanpa risiko saat kita melakukan gadai BPKB motor.


Seperti risiko BPKB kendaraan bermotor hilang atau rusak sehingga ada pihak yang memaksa menarik kendaraan ketika terjadi keterlambatan pembayaran cicilan. Agar kamu terhindar dari risiko yang merugikan saat ingin gadai BPKB motor di pegadaian, yuk simak tips aman gadai BPKB kendaraan bermotor berikut ini.


Baca juga: Cara Aman Sebelum Lakukan Gadai BPKB Online


Pertama, Tentukan Tujuan Utama Gadai BPKB Motor

Tidak dapat dipungkiri saat ini banyak orang yang menggadaikan BPKB motor hanya untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup atau sekedar gengsi semata. Hal ini jelas sangat tidak bermanfaat, karena jika dibiarkan, kita sebagai nasabah dana pinjaman akan langsung terjerat utang yang mungkin akan sangat sulit untuk dilunasi. 


Maka dari itu, hal pertama yang harus dilakukan sebelum gadai BPKB kendaraan bermotor adalah dengan memastikan kembali apa tujuan kita melakukan gadai BPKB kendaraan bermotor. Jangan sampai dana pinjaman yang kita dapat dari hasil gadai BPKB motor malah terpakai untuk kegiatan yang konsumtif sehingga kita akan sulit untuk melakukan cicilan pembayarannya.


Baca juga: Hati-hati Terhadap Pinjol Legal, Ada Bunga Hingga 100%


Pilih Lembaga Gadai yang Legal

Sebelum melakukan gadai BPKB kendaraan, ada baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu lembaga gadai yang legal dan sudah berizin juga terdaftar di OJK. Jangan sekali-sekali menggadaikan BPKB motor ataupun BPKB mobil anda pada lembaga gadai atau pembiayaan ilegal. 

Karena bisa jadi lembaga gadai ilegal tersebut malah menjadi sarana pencucian uang (money laundering) atau sebagai tempat penadahan barang hasil kejahatan.


Penuhi Persyaratan Administrasi

Jika sudah mendapatkan tempat gadai yang tepat dan sudah berizin di OJK, kini saatnya kamu memenuhi persyaratan administrasi agar bisa menggadaikan BPKB kendaraan yang kamu miliki. Syarat-syarat tersebut antara lain tentunya surat BPKB motor atau BPKB mobil itu sendiri dan beberapa data pelengkap lain sebagai tambahan seperti, foto diri, KTP, Kartu Keluarga, Surat Keterangan Tempat Tinggal, dan sebagainya. 

Data tersebut sangat dibutuhkan, mengingat data tersebut digunakan sebagai bukti sah tentang kepemilikan BPKB kendaraan bermotor. Hindarilah memalsukan identitas atau memberikan informasi palsu yang tidak sesuai, karena hal ini tidak hanya dapat merugikan pihak lembaga pembiayaan, namun juga dapat merugikan diri kita sendiri.
 

Ketahui & Pahami Produk Pinjaman

Pahami berapa banyak uang yang bisa dipinjam dan ketahui berapa besar angsuran yang harus kita bayarkan setiap bulannya. Cara ini perlu dilakukan karena pada dasarnya, besar angsuran dan jumlah uang yang kita pinjam akan sangat berpengaruh pada proses pelunasan cicilan nantinya. 

Usahakan cari lembaga gadai yang menawarkan tingkat bunga di bawah 30%, karena jika bunga terlalu besar sudah pasti kita akan mengalami kesulitan saat ingin melunasi cicilannya.
 

Pelajari Kebijakan yang Berlaku

Kita juga perlu mengetahui kebijakan yang berlaku di lembaga gadai yang ingin kita kunjungi. Kebijakan disini bisa meliputi denda atau sanksi yang diberikan jika kita telat untuk melunasi angsuran. Hal ini juga perlu diperhatikan karena pada umumnya kebijakan yang berlaku di setiap lembaga gadai berbeda-beda.
 

Pastikan Untuk Bayar Cicilan Tepat Waktu

Tips terakhir dan yang tak kalah penting adalah membayar cicilan tepat waktu. Pastikan untuk membayar cicilan dana yang kita pinjam tepat waktu setiap bulannya. Hindari pinalti, sanksi maupun denda sebisa mungkin, intinya jangan sampai telat membayar cicilan saat jatuh tempo apalagi hingga tidak bisa mengembalikan dana pinjaman yang mengakibatkan BPKB kendaraan yang kita gadai terpaksa disita atau lebih parahnya lagi kita sampai terjerat kasus hukum dan berujung di pengadilan.
 
Itulah beberapa tips aman gadai BPKB kendaraan bermotor, baik gadai BPKB motor atau pun gadai BPKB mobil yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari keterlambatan pembayaran cicilan. Gadaikan BPKB motor dan mobil anda ke lembaga pembiayaan yang terpercaya serta berizin dan terdaftar di OJK seperti KlikNSS (NSC Finance).

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI