Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Tangki Digoyangkan Saat Isi Bensin Bisa Sebabkan Kebakaran?




Kebakaran Saat Isi Bensin Disebabkan Apa

Pada beberapa waktu lalu, terdapat kejadian dimana terjadi kebakaran pada motor saat mengisi bensin di sebuah SPBU. Hal ini menjadi perhatian masyarakat karena banyak di antaranya yang sering menggoyang-goyangkan tangki bensin ketika mengisi bensin motor/mobilnya. Dikarenakan banyaknya orang yang melakukan goyang-goyang tangki, membuat kekhawatiran tersendiri apakah tindakan tersebut memang dapat sebabkan kebakaran. 

Sebenarnya sudah terdapat anjuran mengenai apa yang diperbolehkan dan apa yang tidak diperbolehkan untuk dilakukan saat mengisi bensin motor/mobil di SPBU. Mulai dari mematikan mesin, tidak mengoperasikan handphone, dan tidak merokok di area pengisian bensin. Dari anjuran-anjuran ini sejatinya sudah cukup terlihat, apa saja yang dapat menyebabkan kebakaran saat pengisian bensin yaitu mulai dari membiarkan mesin tetap menyala saat pengisian, mengoperasikan handphone di area pengisian, hingga merokok di area pengisian.



Tangki Digoyangkan Saat Isi Bensin Sebabkan Kebakaran, Tidak Benar Secara 100%

Setelah mengetahui beberapa hal terkait penyebab kebakaran yang dapat terjadi saat pengisian bensin di SPBU, kini masih terdapat pertanyaan mengenai fakta dari tangki digoyangkan saat isi bensin dapat sebabkan kebakaran. 

Sesuai fakta yang ada, tangki digoyangkan saat isi bensin sebabkan kebakaran adalah tidak benar. Namun tindakan ini tetap saja memiliki risiko jika bensin ikut keluar dari tangki jika tindakan menggoyangkan tangki yang dilakukan terlalu kencang.

Hal ini dikarenakan jika terdapat bensin yang keluar dari tangki hingga tertumpah ke lantai dapat berisiko, jika terdapat percikan api dari rokok yang mengenai bensin tersebut.

Lalu apa yang menyebabkan kejadian seorang pemotor yang menggoyang-goyangkan tangki dan terjadi kebakaran tepat pada bagian tangki motor tersebut? Hal ini bukan karena tindakan pemotor yang menggoyangkan tangki sehingga terjadi kebakaran, melainkan mesin motor yang tidak dimatikan saat pengisian bensin. 

Dapat dilihat dari tipe motor sport yang memiliki tangki di depan kemudi, memiliki letak yang dekat dengan aki. Dengan letak yang berdekatan tersebut, yang menyebabkan munculnya spark (percikan api) karena adanya listrik statis yang masih mengalir dari nyalanya mesin. 

Ungkap eks Kepala Bengkel AHASS Nusantara Sakti Slipi, Bachrul Hanafi "Secara teori, percikan listrik terjadi ketika obyek dengan surplus elektron negatif mendekati obyek lain yang memiliki muatan elektron negatif lebih kecil - dan surplus elektron cukup besar untuk membuat elektron 'melompat'. Itulah yang menyebabkan kejadian pemotor kemarin yang mengalami kebakaran saat mengisi bensin. Bukan tindakan menggoyangkan tangki tapi karena mesin masih yang menyala."



Hati-hati dan Matikan Mesin Saat Pengisian Bensin

Setelah mengetahui bahayanya dari tidak mematikan mesin saat pengisian bensin, diharapkan kepada seluruh pemilik motor/mobil mengikuti anjuran ini. Lalu terkait dengan tangki yang digoyangkan saat isi bensin, diharapkan pula untuk tidak perlu dilakukan. Dikarenakan tindakan tersebut juga tidak memiliki efek apapun, justru dapat menambah risiko kebakaran jika bensin tersebut tertumpah.

Kabari Saya

Untuk penawaran dan promosi terbaru dari KlikNSS




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI