Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Sumber Penulisan

Daftar Isi

Sparepart Motor yang Paling Sering Diganti dan Paling Laku di Pasar



Sparepart motor atau suku cadang motor berikut ini adalah yang paling sering diganti dan paling laku menjadi sangat penting bagi anda yang mengendarai sepeda motor serta yang bergerak di bisnis otomotif. Berikut adalah daftar sparepart motor yang bisa menjadi tolak ukur kamu untuk mengetahui usia pakai sparepart di motor kesayanganmu. 

Sebagian besar konsumen mencari body part motor, variasi body motor, dan bagian sparepart mesin dengan berbagai tipe merk seperti AHM dan Indoparts. 


Daftar Suku Cadang Motor yang Paling Sering Diganti

Dengan berbagai macam part yang menjadi komponen pembentuk motor, terdapat beberapa part yang memiliki usia untuk penggantian yang lebih cepat dibanding lainnya. Di antaranya adalah ban, seal karet, bearing roda, van belt, busi, kampas rem, lampu, hingga oli. Namun tetap saja hal ini akan mengikuti bagiamana penggunaan motor tersebut dalam sehari-hari, terutama gaya berkendara si-pengemudi. Berikut di bawah ini adalah deskripsi dan alasan mengapa beberapa parts tersebut memiliki kemungkinan untuk sering/cepat diganti. Dan data di bawah ini, telah berdasarkan sumber yang ada di pasaran dengan validasi KlikNSS.

1. Ban

Ban merupakan salah satu sparepart motor yang sangat penting dan menjadi salah satu yang paling laku di pasar. Usia pakai ban biasanya bergantung dari pemakaian, lebih sering digunakan maka ban luar akan semakin cepat menipis, begitu juga dengan ban dalam yang memiliki usia pakai. Selain itu ban berisiko bocor di jalan sehingga tidak jarang banyak ban yang masih tebal dan bagus tapi harus diganti karena lubang atau ada kebocoran yang tidak bisa lagi diperbaiki.

2. Seal Karet

Sparepart motor yang satu ini terdapat di beberapa bagian komponen motor, mulai dari seal shockbreaker, seal kruk as, seal pompa oli, seal klep silinder dan seal mechanical. Semakin sering rasio sepeda motor digunakan maka usia pakai seal pun akan semakin menurun.

3. Bearing Roda atau Laher Roda

Sparepart motor ini termasuk dalam kategori yang cepat diganti karena menjadi Sparepart yang paling cepat aus dikarenakan oleh gesekan. Oleh karena itu, ketika sudah aus maka pengalaman dan kenyamanan berkendara akan terganggu. Buat kamu yang berencana membuka usaha bengkel atau sparepart motor bisa mencoba untuk memperbanyak stok barang ini.

4. Rantai Motor dan Van Belt Motor

Rantai motor pada motor bebek dan kopling serta van belt atau v-belt juga menjadi salah satu sparepart motor yang paling laku dan paling sering diganti ketika melakukan servis. Sparepart ini adalah komponen yang membantu untuk memutar roda belakang sepeda motor.

5. Kampas Rem

Sparepart motor yang satu ini juga sangat penting untuk keamanan, kenyamanan serta keselamatan berkendara lho. Kampas rem merupakan salah satu dari bagian sparepart motor yang akan paling sering diganti karena bergesekan dengan piringan cakram yang berperan untuk mengendalikan laju sepeda motor.

6. Busi Motor

Sparepart motor yang satu ini juga merupakan bagian yang penting bagi kendaraan kamu dan juga bisa menjadi cukup sering mengalami kerusakan oleh karena itu cukup cepat diganti. Peran sparepart motor ini penting karena berfungsi untuk menghidupkan sepeda motor.

7. Kampas Kopling

Nah, Bagi kamu para pengguna motor sport dan motor cub yang menggunakan kopling, pastinya harus rutin untuk cek kondisi sparepart motor yang satu ini karena kampas kopling yang ketika semakin sering digunakan akan semakin aus hingga lama kelamaan tidak berfungsi maksimal.

8. Filter atau Saringan Udara Motor

Filter atau saringan udara adalah sparepart motor yang juga rasionya menjadi yang paling sering diganti karena usia pakainya terbilang cukup rendah. Hal Ini tergantung dari pemakaian sepeda motor dan jenis filternya. Apabila filter udara sudah terlalu lama tidak diganti maka akan muncul suara bising karena terhalang debu dan kotoran di pori-pori filter.

9. Aki Sepeda Motor

Fungsi utama dari sparepart motor yang satu ini adalah untuk mengoperasikan sistem kelistirkan sepeda motor. Aki motor sendiri ada 2 jenis yaitu aki kering dan aki basah. Oleh karena itu, Jika kamu saat ini menggunakan aki basah maka harus rutin cek kondisi air aki. Namun jika menggunakan aki kering maka usia pakai aki sekitar 1,5 - 2 tahun.

10. Lampu Kendaraan

Lampu kendaraan memiliki usia pakai, hal ini bisa dilihat ketika nyala lampu sudah mulai agak meredup maka tandanya harus segera diganti. Mengapa harus demikian? Karena lampu memiliki peran vital pada saat berkendara, lampu utama misalnya, pengedara akan menjadi sulit melihat pada saat kondisi gelap di malam hari karena tidak ada pencahayaan dari motor, begitu juga dengan lampu rem belakang. Pengendara lain di belakang kita akan kesulitan mengetahui apakah kendaraan kita sedang mengurangi kecepatan atau tidak karena tidak ada nyala merah di lampu rem.


Terakhir, Oli Mesin Motor

Oli mesin motor menjadi salah satu yang paling sering diganti, karena berperan penting sebagai pelumas mesin kendaraan. Biasanya oli mesin diganti setiap 2 bulan sekali atau 2.000 km, tapi ini bergantung pada jenis motor dan pemakaian kendaraan.

Nah, itulah daftar sparepart motor yang paling sering diganti dan paling laku di pasar ya bro sis!. Pastikan kamu menggunakan sparepart asli agar motor tetap prima dan awet. Selain itu daftar di atas bisa menjadi peluang bisnis suku cadang motor buat kamu.

KlikNSS Official Store menyediakan seluruh jenis sparepart motor asli yang kamu butuhkan dengan jaminan orisinil (asli), terutama untuk sepeda motor Honda. Untuk pembelian berbagai macam sparepart dapat melalui TokopediaShopee, dan Website.

Buka Toko Parts Mulai 5 Juta

KlikNSS Distributor AHM Hingga Indoparts

Cari Parts yang 100% Ori?

Kunjungi eCommerce KlikNSS

Kabari Saya

Untuk penawaran dan promosi terbaru dari KlikNSS

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI