Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Sumber Penulisan

Daftar Isi

Smart Key Scoopy Tidak Berfungsi, Apa yang Harus Dilakukan?


Smart Key Scoopy Tidak Berfungsi, Apa yang Harus Dilakukan?

Fungsi Smart Key System

Smart Key dari Honda merupakan fitur yang difungsikan untuk memberi keamanan lebih pada kendaraan. Mulai beberapa tahun terakhir, Honda telah merilis fitur Smart Key Scoopy, Vario 125, ADV, dan PCX. Untuk fitur unggulan dari fungsi Smart Key System adalah memberikan alarm keamanan (anti-theft) jika motor menunjukkan perubahan posisi yang mendadak atau getaran yang tiba-tiba. Alarm yang berbunyi memberikan sinyal atau tanda jika motor sedang dalam indikasi pencurian. Selain fitur anti-theft, Smart Key System memiliki beberapa fungsi lain sebagai berikut:


  • Memberikan sinyal bunyi dan lampu sein yang menyala ketika menekan tombol pemanggilan motor untuk memudahkan mencari motor di lokasi parkiran umum.
  • Menghidupkan motor dengan remote yang membuat motor lebih sulit untuk dihidupkan dan mengantisipasi potensi pencurian.
  • Mengunci handle motor dengan tuas yang mengganti kunci kontak, membuat motor lebih aman akan potensi pencurian
  • Membuka bagasi menggunakan tombol yang terintegrasi pada tuas di ignition yang terintegrasi dengan Smart Key System, sehingga membuat keamanan menyimpan berbagai barang di bagasi lebih terjamin.


Bagaimana Jika Smart Key Scoopy Tidak Berfungsi

Dengan adanya fitur baru ini, muncul sebuah pertanyaan mengenai bagaimana jika Smart Key Scoopy tidak berfungsi. Hal ini muncul karena hanya dengan menggunakan remote dari Smart Key tersebut, motor dapat dinyalakan. Tambah lagi hilangnya kick starter sebagai substitusi electric starter pada motor ini. Berikut adalah urutan cara untuk mengatasi Smart Key Scoopy yang tidak berfungsi:


  • Membuka bagian bawah foot floor untuk membuka aki motor.
  • Menyambungkan EM Connector (tersimpan di toolbox dan sudah diberikan saat awal pembelian motor) pada socket yang berwarna biru.
  • Putar tuas igniton ke-OFF dan Indikator ‘engine check’ akan menyala sebagai tanda kode kunci bisa dimasukkan. Kode kunci dapat dilihat pada barcode yang diberikan bersama remote saat awal pembelian motor.
  • Masukkan kode kunci dengan cara menekan tuas ignition sesuai angka yang ada.
  • Misal kode kuncinya ‘1067892’ maka tekan 1 kali ignition hingga ‘engine check’ berkedip, lalu lanjutkan ke angka selanjutnya dengan cara yang sama hingga selesai. *Jika terdapat angka 0 maka lewati saja tanpa menekan ignition.
  • Jika sudah selesai motor akan berbunyi ‘beep’ seperti alarm dan putar tuas igniton ke-ON dan starter motor.

EM Connector yang tersimpan di bagasi bisa diambil dengan cara membuka emergency key yang ditutup sebuah cover yang terletak persis di sebelah kanan ignition motor. Buka emergency key dengan kunci yang sesuai (menjadi satu dengan remote, ketika awal pembelian motor).



Cara Untuk Motor Honda yang Lain

Pada motor Honda lain yang sudah menggunakan Smart Key seperti PCX, ADV, Vario, cara yang sama dapat dilakukan seperti cara untuk motor Scoopy. Perbedaannya untuk PCX dan ADV harus membuka aki di dalam bagasi dahulu. Selain itu, PCX dan ADV memiliki perbedaan dengan memunculkan lampu yang berkedip pada lampu ignition saat memasukkan kode kunci motor. Selain itu, cara dan urutannya sama. Remote Smart yang tidak berfungsi ini biasanya diakibatkan oleh baterai yang habis, atau jatuhnya remote yang cukup keras.

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI