Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Sejarah Honda BeAT dari Karbu Hingga Fuel Injection, Apa Perubahannya?


Potongan Angsuran Hingga 9 Bulan

*Khusus Jakarta – Tangerang

Cek Promo

Lokasi Dealer Nusantara Sakti (NSS)

*Tersebar di 27 Provinsi Indonesia

Cek Detail Kota

Motor Honda BeAT, skuter matik mungil yang pertama kali mengaspal di Indonesia pada tahun 2008 silam ini dikabarkan telah tejual lebih dari 17 juta secara nasional. Bahkan President Director AHM Toshiyuki Inuma, mengklaim bila Honda BeAT merupakan skuter matik Honda terlaris di dunia, yang banyak digunakan masyarakat lintas generasi dari seluruh pelosok Indonesia untuk berbagai aktivitas.


Lantas bagaimana perjalanan Motor Honda BeAT di Indonesia? Berikut cerita singkat lintas generasi dari skuter matik terlaris Honda ini.


Motor Honda BeAT Generasi Pertama Tahun 2008

Generasi awal Honda BeAT dimulai pada tahun 2008. Saat itu, pasar skutik memang sedang gencar dan bertumbuh pesat. Honda BeAT generasi pertama mengusung mesin 110cc SOHC dan masih menggunakan sistem pembakaran karburator, dengan tenaga 8,22 ps dan torsi 8,32 Nm.


Motor Honda Beat KarbuSelang dua tahun kemudian tahun 2010, Astra Honda Motor memberikan ubahan minimalis pada tampilannya dengan menyematkan striping dengan corak lebih berwarna. Selain itu, perubahan terjadi pada model spakbornya, dari awal memiliki desain yang menyatu dengan suspense, diganti menjadi spakbor menggantung.


Baca juga: Dimana Tempat Uji Emisi Untuk Motor dan Bagaimana Cara Lolos Uji 


Pesan BeAT Terbaru 2024

*Tersedia Tipe Sporty & Deluxe

Motor Honda BeAT Generasi Kedua, Tahun 2012

Motor Honda Beat FISukses dengan generasi pertama, Astra Honda Motor kembali meluncurkan generasi kedua pada tahun 2012. Perubahannya cukup terlihat dibanding generasi sebelumnya. Pada sisi performa, Honda mulai beralih menggunakan sistem injeksi dengan menyematkan Programmed Fuel Injection (PGM-FI). Dengan sistem PGM-FI, konsumsi bahan bakar diklaim lebih irit 30% dari versi karburator. Sedangkan dari sisi desain, ukuran bagasi sedikit lebih luas dan desain jok yang dibuat lebih lebar.


Selengkapnya: Bagaimana Cara Menjaga Tarikan Gas Motor Tetap Responsif


Motor Honda BeAT Generasi Ketiga Tahun 2014

Honda BeAT baru meluncur dengan beberapa ubahan baru yang coba ditawarkan, salah satunya menyematkan teknologi enhanced Smart Power (eSP). Cakupan dari teknologi eSP diklaim menambah sisi efisiensi pembakaran dan mereduksi energi terbuang. Komponennya pun terdiri dari beberapa bagian, mulai dari ACG Starter yang mengurangi gesekan hingga menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara, juga sekaligus mendukung adanya fitur Idling Stop System (ISS).


Baca juga: Vario 160 CBS 2023 Miliki Warna Merah dan Stripping Baru


Motor Honda BeAT Generasi Keempat Tahun 2016

Motor Honda Beat Fi 2016Honda BeAT generasi keempat meluncur pada tahun 2016, yang saat itu sekaligus merayakan pencapaian Honda BeAT yang sukses terjual hingga 10.724.227 sejak meluncur pada 2008 lalu. Ubahan pada generasi keempat boleh dibilang lebih ke estetika yang mengusung desain sharp-compact, karena dari segi mesin masih sama. Selain tampilan, Honda juga menjawab keinginan pengguna BeAT yang ingin memiliki bagasi lebih lapang serta kapasitas tangki yang sedikit lebih besar menjadi 4 liter.


Selengkapnya: DP Kredit Scoopy 2023 Hanya 1,5 Juta Mulai Agustus Ini


Motor Honda BeAT Generasi Kelima Tahun 2020

Motor Honda Beat Terbaru 2020AHM kembali merilis generasi baru dari skutik terlarisnya. Untuk model yang saat ini merupakan BeAT generasi kelima dan telah mengalami evolusi yang lebih besar dari sebelumnya. Total ada tujuh hal baru pada generasi BeAT paling fresh ini. Pertama dari segi mesin berkubikasi 109,5 cc SOHC, dengan tenaga 9 PS dan torsi 9,3 NM. AHM mengklaim mesin tersebut mendongkrak sisi komperesinya menjadi 10:1. 


Perubahan kedua dari sisi rangka atau sasis yang digunakan. Untuk BeAT 2020 sudah mengaplikasi sasis Enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) yang sebelumnya digunakan pada Honda Genio. Rangka ini diklaim 8 persen lebih ringan dari sebelumnya. Ketiga, agar modern, Honda jua memberikan soket pengisian daya 12 W yang terletak di bawah kunci kontak. Lalu untuk menjaga keamanan, kunci kontak pun dibuat terintegrasi dengan pembukaan jok. Ubahan kelima datang dari kapasitas tangki bahan bakar yang lebih besar. Bila sebelumnya hanya 4 liter, kali ini naik menjadi 4,2 liter, bagasi pun meningkat menjadi 12 liter.


Baca juga: Apa Penyebab Rangka eSAF Keropos dan Apakah Bisa Diklaim


Honda BeAT 2023, Dapat Dibeli dengan DP 800 Ribu

Rilisan tahun 2023 masih memiliki kesamaan secara livery body (gaya lekukkan body) dengan Honda BeAT tahun 2020. Perbedaan dari rilisan tahun 2023 adalah warna dan stripping yang mengalami refreshment.

Selain itu, pada tipe BeAT Deluxe yang bersih dari stripping juga terdapat varian warna British Racing Green yang sedang menjadi tren warna di dunia otomotif. Dengan tingginya animo masyarakat yang meninggi, KlikNSS (Nusantara Sakti) memberikan penawaran spesial melalui DP Honda BeAT 2023 yang cukup sebesar 800 ribu. Untuk mendapatkan penawaran berikut, dapat menghubungi WhatsApp resmi KlikNSS.

Selain daripada DP yang ringan, pengiriman yang cepat sehari sampai, dan proses survey yang baik, menjadi manfaat yang bakal didapatkan dari pembelian Honda BeAT di KlikNSS.

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI