Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Sumber Penulisan

Daftar Isi

Segera Ganti Aki Motor Jika Mengalami Tanda-tanda ini



Aki motor merupakan salah satu komponen terpenting dalam sepeda motor. Bahkan bisa dibilang  jantungnya sepeda motor, karena hampir semua aktivitas sepeda motor bergantung pada kondisi battery dan masa pakai. Umur rata-rata masa pakai aki yaitu kurang lebih 2 tahun, namun kondisi ini tergantung pada pemakaian motor.
 
Berdasarkan fungsinya aki motor memiliki peran yang sangat vital, seperti untuk menyalakan motor dengan starter. Bahkan untuk mensuplai daya pada mesin dan sensor yang digunakan, maka sangat penting untuk selalu memastikan dalam keadaan baik dan segera menggantinya kalau sudah timbul tanda-tanda aki sudah mulai soak. Berikut ini adalah beberapa tanda-tanda yang harus kamu perhatikan untuk segera menggantinya.


1. Usia Pakai Aki Motor Sudah Mencapai 2
Tahun Atau Lebih

Sesuai penjelasan di atas aki motor memiliki masa pakai, di kisaran 1,5 sampai dengan 2 tahun masa pemakian. Jika masa pakai telah mencapai maksimalnya dan ada penurunan performa, kamu harus segera melakukan pengecekan kondisi dan segera menggantinya dengan aki motor baru. Sangat beresiko jika hal ini dibiarkan karna tidak menutup kemungkinan motor akan mengalami mogok di tengah jalan atau kesulitan saat akan menyalakan motor.


2. Starter Elektrik Tidak Bisa Berfungsi

Tanda aki kamu mulai soak yang paling mudah di deteksi yaitu mesin motor sulit atau bahkan tidak bisa berfungsi saat menyalakan menggunakan starter elektrik. Karna starter menggunakan dinamo yang disuplai daya dari aki pada saat mesin sebelum berjalan. Hal ini tentu saja akan sangat mengganggu kenyamanan dan harus menggunakan starter manual atau engkol untuk menghidupkan motor.


3. Suara Klakson Menjadi Kurang Nyaring dan Redupnya Cahaya Lampu

Salah satu tanda yang mudah di kenali yaitu pada suara klakson dan lampu kendaraan, aki motor yang sudah cukup masa pakai atau mulai soak akan menyebabkan suara klakson menjadi kurang nyaring seperti biasanya. Oleh karena itu jika aki motor yang digunakan sudah sangat parah, semua lampu dan klakson motor tidak akan berfungsi.


4. Lampu Indikator ACCU atau Aki Motor yang Berkedip

Pada varian motor Honda terbaru kamu sudah bisa memantau kondisi accu atau aki motor melalui indikator pada dashboard. Tanda jika aki sudah mulai mengalami penuruan performa akan ditampilkan pada panel indicator namun hal ini kamu harus paham cara membaca indikatornya. Tegangan yang ideal adalah 11,5 volt, dan jika kontak motor pada kondisi “ON” ternyata indikator accu bekedip-kedip artinya accu motor kamu sudah dalam kondisi kurang baik dan harus segera mengganti dengan yang baru.


5. Sepeda Motor Tidak Bisa Dihidupkan Sama Sekali

Pada motor yang sudah menggunakan system injeksi, jika kondisi accu sudah soak maka motor tidak akan bisa di hidupkan alias mati total. Dengan kondisi seperti ini mau tidak mau kamu harus segera mengganti battery (aki) agar dapat digunakan kembali.
 
Demikian beberapa tanda-tanda aki motor yang sudak mulai mengalami penurunan performa yang menunjukan harus segera diganti. Untuk menghindari hal yang tidak di inginkan cek rutin aki atau segera ganti yang baru jika mengalami tanda-tanda di atas.

Buka Toko Parts Mulai 5 Juta

KlikNSS Distributor AHM Hingga Indoparts

Cari Parts yang 100% Ori?

Kunjungi eCommerce KlikNSS

Kabari Saya

Untuk penawaran dan promosi terbaru dari KlikNSS




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI