Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Salah Satu Peluang Usaha di 2024, Bengkel Motor Kustom



Aturan Mengenai Motor Kustom Telah Disetujui

Motor kustom memiliki segmen pasar yang cukup besar, bisa dilihat di jalanan sekitar bahwa motor custom sering terlihat di tengah-tengah mayoritas motor matic. Memang motor custom masih menjadi minoritas di jalanan, hal ini disebabkan karena aturan yang masih abu-abu untuk keresmian dan diperbolehkannya untuk berkendara di jalanan.

Namun di akhir tahun 2023 ini, Pemerintah telah meresmikan aturan motor kustom diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No. 45 tahun 2023 tentang Kostumisasi Kendaraan Bermotor. Di aturan ini, telah disertakan bagaimana syarat legalitas bentuk bengkel yang dapat menggarap motor kustom. Pertama, bengkel motor kustom diharuskan untuk berbentuk PT, CV, Perum, atau Koperasi. Selain daripada bentuk bengkel, sudah diatur juga mengenai syarat kelayakan motor kustom untuk digunakan berkendara di jalanan.


Peluang Bisa Lebih Dikembangkan Melalui Komunitas

Dari aturan yang sudah diterbitkan ini, tentu membuka jalan dan peluang banyak hal di dunia motor kustom. Ya mulai dari peluang penjulan parts khusus kustom hingga peluang untuk membuka workshop (bengkel) motor kustom. Bahkan peluang disinyalir akan semakin besar, karena tingkat trust dari pasar yang menguat akan menstimulus segmen pasar lainnya untuk berpindah menuju motor kustom.

Motor kustom bisa dibilang memiliki pasar yang cenderung kecil, namun komunitas yang ada kini semakin aktif dan bertumbuh. Jika melihat di sunmori (sunday morning) di berbagai kota juga pasti terdapat komunitas dari pemilik-pemilik motor kustom yang berkumpul dan riding bersama mengitari kota. Dari komunitas yang terus aktif ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis motor kustom, lewat sponsorship maupun membuat acara/produk spesial yang berupa kolaborasi dengan komunitas atau influencer dari dunia motor kustom. 


Motor Kustom, Miliki Nilai Diferensial yang Kuat

Peluang selanjutnya datang dari nilai yang berbeda dari motor kustom itu sendiri. Maksud dari nilai yang berbeda pada motor kustom adalah bentuk yang unik dengan mengadaptasi gaya retro kombinasi pada kebanyakan livery-nya. Nilai ini menjadi peluang dan penguat untuk menarik segmen pasar lebih banyak, karena dengan banyaknya motor matic yang ada sekarang membuat motor kustom bisa jadi opsi pilihan untuk berkendara dengan gaya yang tersendiri.

Nilai diferensial yang menampilkan tampak motor yang spesial, membuat motor kustom akan sangat kecil untuk tidak diminati. Bahkan tak jarang, orang yang memiliki motor kustom hanya untuk digunakan sebagai ornamen rresto/cafe atau hanya dijadikan kendaraan santai yang digunakan seminggu sekali ketika berkumpul dengan komunitasnya. Oleh sebab adanya tingkat diferensial yang kuat, membuat motor kustom memiliki USP (Unit Selling Point) yang dapat dimaksimalkan menjadi peluang bisnis motor kustom semakin kuat.


Final Thoughts, Tentang Bagaimana Memulainya

Pertama adalah dengan mengikuti aturan yang telah diberlakukan oleh Pemerintah di Permenhub Nomor 45 Tahun 2023. Memulai dengan membuat badan usaha resmi yang diatur, seperti CV. Setelah CV dibentuk, maka langsung siapkan USP yang dapat ditemukan melalui riset untuk dijadikan keunggulan dan perbedaan dari bengkel motor kustom yang lain.

Setelah bentuk usaha terbuat dan USP sudah ditemukan, saatnya untuk membuka usaha dan menjalankan berbagai strategi marketing. Salah satu opsi yang dapat dilakukan adalah pemberdayaan digital marketing pada usaha bengkel motor kustom. Penggunaan sosial media, aktivasi lokasi usaha dengan Google Maps, hingga menjalankan iklan berbayar. Namun, pastikan kembali untuk menjalankan strategi marketing dengan program yang sudah disusun sebelumnya. 

Misalnya, pada bulan Idul Fitri bisa melakukan program promo spesial dengan potongan harga untuk kustom motor hingga 1 juta. Jadi urutannya adalah membuka badan usaha resmi, melakukan riset, membuka usaha, membuat program promosi, dan menjalankan berbagai strategi marketing untuk menopang program promosi. Terakhir, program aftersales juga harus dikonsep dan dikerjakan. Karena hal ini juga yang bakal menentukan pelanggan mendapatkan kepuasan dan memungkinkan untuk melakukan repeat order.

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI