Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Rem yang Dalam, Tanda dari Gejala Rusaknya Master Rem Atas 




Munculnya Rem yang Dalam

Ketika berkendara, penggunaan fungsi pengereman harus bekerja dengan baik. Rem ikut berfungsi penuh pada bagian kerja pengendalian motor. Masalah pada bagian rem memiliki banyak masalah yang berbeda-beda. Mulai dari masalah rem yang sering locking-up (mengunci) hingga masalah komponen master rem yang rusak.

Dengan banyaknya komponen pembentuk motor, membuat pemilik wajib untuk mengenali dan rutin untuk memeriksa (service) motor. Masalah akan master rem atas yang rusak ini sering tidak terduga karena memiliki gejala yang sama dengan masalah lain terkait rem. Gejala utama yang dimungkinkan untuk muncul jika master rem rusak adalah rasa rem yang dalam.



Penyebab dari Rem yang Dalam Akibat Master Rem Rusak

Diungkapkan di awal, pemilik wajib untuk melakukan pengecekan yang benar agar mendapat diagnosa yang tepat. Pada pengecekan master rem, bagian Cylinder Master Set biasanya menjadi penyebab kerusakan. Bagian Cylinder Master Set terdiri atas Seal Piston Master Rem, Pegas Seal Piston, Seal Anti-debu, Klip Pengunci Seal Piston.

Cylinder Master Set, berfungsi untuk mengalirkan minyak rem untuk digunakan sebagai pelumas pengereman. Jika fungsi pengaliran minyak rem tidak berjalan, maka akan menyebabkan rem yang dalam.

Jelas Eks Kepala Bengkel AHASS Nusantara Sakti Slipi, Bachrul Hanafi mengungkapkan jika "Penyebab fungsi pengaliran tidak berjalan adalah terjadinya kebocoran pada Seal Anti-debu, yang sebabkan kotoran masuk mengontaminasi minyak rem." Dengan minyak rem yang kotor, Seal Piston Master Rem dan Pegas Seal Piston menjadi korosi. Karena korosi yang terjadi ini pula, fungsi pengaliran minyak rem tidak berjalan baik ditambah pula minyak rem yang sudah terkontaminasi kotoran luar.



Perbaikan yang Dapat Dilakukan

Untuk melakukan perbaikan rem yang dalam pada master rem, dapat melakukan penggantian bagian Cylinder Master Set untuk memperbarui parts yang sudah korosi. Selanjutnya, diperlukan untuk melakukan pengurasan dan pengisian ulang minyak rem baru agar pelumasan dapat berjalan lancar kembali.

Yang diperhatikan sebelum mengganti parts pada Cylinder Master Set, pemilik motor wajib melakukan pengecekan pada kampas rem dan volume minyak rem. Karna penyebab kampas rem yang sudah hampir habis dan volume minyak rem yang kurang dapat menjadi penyebab sekunder dari rasa rem yang dalam.




Kabari Saya

Untuk penawaran dan promosi terbaru dari KlikNSS




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI