Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Sumber Penulisan

Daftar Isi

Penyebab Starter Motor Rusak Tidak Berfungsi Ternyata Banyak Penyebabnya


Electric starter saat ini sudah sangat umum digunakan pada semua jenis sepeda motor, karna keberadaannya sangat membantu pengguna motor untuk menyakan sepeda motor dengan mudah, hanya dengan sekali menekan tombol starter mesin sudah hidup dan siap untuk berkendara, tanpa susah payah untuk mengengkol atau kickstarter.

 

Namun, tidak dapat dipungkiri ada saatnya electric starter ini sulit digunakan atau bahkan tidak befungsi sebagai mana mustinya, biasanya pengguna sepeda motor langsung menyalahkan AKI atau accu sebagai penyebab electric tidak berfungsi, ternyata penyebab electrik starter tidak berfungsi bisa di sebabkan oleh beberapa hal, berikut beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab electric starter kamu tidak berfungsi.


Accu/Aki yang Mulai Nge-drop

Tegangan accu dalam kondisi baik seharusnya 12,50 volt dan pada saat kunci kontak keadaan ON kemudian tombol starter ditekan maka tegangan accu akan turun minimal diatas 11,00 volt, agar dinamo starter bisa berputar. Jika tegangan accu kurang dari 10,00 volt besar kemungkinan accu mulai nge-drop, hal ini bisa ditandai dengan suara klakson yang tidak lagi kencang/mblerek, nyala lampu sein yang tidak lagi terang. Karena klakson, lampu sen dan starter langsung dibebankan ke aki/accu, jadi kalau aki nge-drop akan langsung berpengaruh pada sistem kerja komponen tadi.


Selengkapnya: Motor Mati Saat Tidak Digas dan Motor Mati Saat Digas, Apa Sebab Keduanya


Relay Starter/Bendict

Fungsi dari relay starter alias bendik adalah sebagai saklar otomatis yang akan terhubung jika dialirkan tegangan listrik tegangan kecil kemudian akan membuka arus listrik tegangan besar. Pada relay starter terdapat 4 kabel, 2 kabel kecil dari swit saklar starter dan 2 kabel besar dari aki menuju dinamo starter. Relay starter yang rusak akan ditandai tidak ada suara cetak – cetek pad saat switch starter ditekan, selain itu jika relay starter rusak kadang terjadi konsleting/korsleting sehingga dinamo starter akan berputar walaupun tombol swit starter ditekan.


Tombol Switch Starter

Tombol switch starter atau saklar starter pada umumnya sepeda motor terletak disebelah kiri handle stang, memang ada beberapa pabrikan sepeda motor yang sengaja tidak memakai electric starter secara otomatis tidak mempunyai switch starter.


Baca juga: Ciri-ciri Spul Motor Gosong dan Penyebabnya


Motor Starter atau Dinamo Starter

Nah ini part inti yang sedang kita omongin, dinamo starterpada umunya terletak disekitar mesin. Untuk motor bebek (cub) dan batangan (sport) biasanya dekat dengan blok magnet, karena dinamo starter tersebut berhubungan langsung dengan pinion starter kemudian menyambung langsung ke one way starter yang terletak dibagian belakang magnet.

 

Sedangkan pada motor matic posisi dinamo starter biasanya terletak dekat bagian CVT dan dekat dengan posisi bandul atau crankshaft. Kerusakan pada dinamo starter sangatlah beragam mulai dari sikat starter yang habis terkikis karena pemakaian, magnet yang pecah dan adanya konsleting/korsleting pada bagian lilitan kawat tembaga.    


Pinion Starter dan One Way Starter

Pinion starter adalah part penghubung antara dinamo starter dengan magnet dan stang starter (crankshaft), sementara one way starter adalah part pembalik putaran crankshaft (stang seher). Letak one way starter berada dibagian belakang dari magnet pada motor bebek (cub) dan motor batangan (sport), sementara untuk motor matic Yamaha terletak dibagian CVT belakang pulley depan. Sedangkan untuk matic Honda tidak menggunakan one way starter tapi hanya pinion starter saja.

 

Kerusakan pada one way starter atau pinion starter bisa ditandai dengan kondisi dinamo starter yang berputar saat tombol swit starter ditekan, tapi kondisi mesin tidak ikut berputar. Bisa dikatakan mesin tidak ikut nyangkut mengikuti putaran dinamo starter, hal ini sering kali terjadi pada sepeda motor yang telah berumur.  


Baca juga: Mesin BeAT Bunyi Nging, Ada Kerusakan Apa


Jalur Kabel Electric Starter

Ini part yang sering kali dikesampingkan tapi ternyata sesuatu yang sangat vital pada sistem electri starter, rangkaian kabel yang terbuka atau putus akan membuat sistem electric starter terganggu. Selain itu socket dan baut pada dinamo starter yang tidak kenceng juga akan mengganggu kinerja dinamo starter.


Cara Kerja dan Pemeriksaan Motor Starter Motor

Setiap sepeda motor mempunyai prinsip kerja motor starter yang berbeda, maksudnya untuk memutar dinamo starter/motor starter memerlukan komponen lain sesuai dengan urutan kerja pada sistem electric tersebut. Ambil contoh pada sepeda motor sport terdapat switch kopling dan dioda kopling sebagai komponen sistem electric starter, sedangkan pada motor matic terdapat swit rem belakang dan switch rem depan sebagai salah satu komponen electric starter.


Baca juga: Penyebab Busi Berwarna Hitam dan Basah, Bagaimana Perbaikannya


Pemeriksaan Motor Starter/Dinamo Starter

Sebenarnya ada cara yang paling gampang untuk memeriksa motor starter atau dinamo starter bisa berfungsi dengan baik apa tidak, cara ini sangatlah mudah untuk dilakukan. Yaitu dengan menyambung langsung accu/aki dengan dinamo starter, jika dinamo starter berputar berarti dinamo starter tidak ada masalah. Tapi jika dinamo starter tidak berputar, besar kemungkinan adanya kerusakan pada sikat starter atau arang starter alias brush.


Dan kerusakan pada komponen lain yang terdapat pada dinamo starter seperti magnet, armature coil (lilitan tembaga) dan dan commutator bar (lempengan komutator). Komponen yang ada didalam dinamo starter yang kotor juga mempengaruhi arus listrik yang masuk ke posistive brushes (sikat positif/arang positif), maka dari itu saat pembongkaran dinamo starter lakukan pembersihan secara menyeluruh.

Buka Toko Parts Mulai 5 Juta

KlikNSS Distributor AHM Hingga Indoparts

Cari Parts yang 100% Ori?

Kunjungi eCommerce KlikNSS

Kabari Saya

Untuk penawaran dan promosi terbaru dari KlikNSS




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI