Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Sumber Penulisan

Daftar Isi

Penyebab Motor Turun Mesin dan Berapa Biayanya


Penyebab Motor Turun Mesin dan Berapa Biayanya

Penyebab Motor Turun Mesin

Sebuah motor memiliki berbagai komponen yang terpasang dan menjadi satu kesatuan untuk memfungsikan motor berjalan dengan baik. Dikarenakan banyaknya komponen yang terpasang, semuanya diperlukan untuk berfungsi. Dari berbagai parts ini, terdapat banyak di antaranya yang terletak di dalam mesin dan harus dilakukan pembongkaran untuk memperbaiki bagian yang rusak. Dengan adanya dan diperlukannya pembongkaran untuk memperbaiki parts yang ada di dalam mesin, maka tindakan turun mesin perlu untuk dilakukan. Beberapa penyebab umum yang mengakibatkan motor turun mesin adalah sebagai berikut:


  • Piston yang baret, karena oli yang lama tidak diganti/kehabisan.
  • Ring piston aus.
  • Klep piston yang aus dan meruncing.
  • Seal yang bocor dan sebabkan rembes.
  • Crankshaft (Kruk As) yang sudah muncul ‘sela’ antara stang piston dan big end bearing karena aus.


Sebab Lain Motor Turun Mesin

Beberapa penyebab dari motor turun mesin tadi umumnya di-awali dengan oli yang lama tidak diganti dan oli yang sudah hampir habis. Pada umumnya oli mesin harus diganti setelah jarak tempuh motor telah mencapai 2.500 km dan kelipatannya. Jika kilometer yang ditempuh belum sampai 2.500 km, berarti oli motor harus diganti dalam dua bulan sekali. Namun, terdapat satu gejala awal yang menandakan bahwa motor harus turun mesin dengan segera yaitu ketika oli yang sudah berkurang lebih dari setengahnya, walau baru saja melakukan ganti oli dan dibarengi oleh suara yang menggelitik pada area cylinder head.



Estimasi Biaya Turun Mesin

Terdapat beberapa estimasi biaya yang dapat menjadi informasi untuk BroSis yang akan melakukan turun mesin.Biaya untuk turun mesin untuk motor umumnya sebesar 2-3 juta, termasuk dengan biaya jasa perbaikannya. Biaya ini diestimasikan jika kerusakan yang terjadi pada piston atau as kruk akan membutuhkan biaya 1 jutaan untuk mengganti parts tersebut. Selain dari biaya penggantian parts, akan ada biaya penggantian oli, penggantian seal, penggantian ring dan klep piston yang dikisarkan sebesar 500 ribu hingga 1 juta. Namun, tidak menutup kemungkinan biaya ini akan bertambah dengan biaya lainnya seperti munculnya biaya penggantian gasket dan lain-lainnya lagi.


Gunakan Parts Original

Untuk mengantisipasi parts yang tidak sesuai atau perbaikan yang tidak berumur panjang, gunakan Honda Genuine Parts untuk mengganti dan memperbaiki berbagai kerusakan yang timbul saat turun mesin. Menggunakan parts original juga lebih memudahkan montir dan mempercepat waktu pengerjaan karena ukurannya yang sudah pas tanpa harus dimodifikasi lagi. Pembelian Honda Genuine Parts dapat dibeli melalui Official Store KlikNSS di Website, Tokopedia, dan Shopee.

Buka Toko Parts Mulai 5 Juta

KlikNSS Distributor AHM Hingga Indoparts

Cari Parts yang 100% Ori?

Kunjungi eCommerce KlikNSS

Kabari Saya

Untuk penawaran dan promosi terbaru dari KlikNSS




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI