Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Penyebab Motor Tidak Bisa Di-starter, Masalah Aki Hingga Dinamo Starter


Penyebab Motor Tidak Bisa Di-starter, Masalah Aki Hingga Dinamo Starter


Motor Menggunakan Smart Key System

Starter motor adalah bagian dari motor yang berfungsi untuk menyalakan mesin motor melalui tombol ignition maupun kick starter. Dari tahun ke tahun, motor memiliki inovasi dari berbagai bagian di dalam mesin maupun bagian luar seperti body (tampilan motor). Seperti di beberapa motor terbaru, kini kick starter telah dihapus karena adanya teknologi Smart Key System. Teknologi ini berfungsi untuk mengunci handle bar, menyalakan alarm, membuka bagasi, hingga menyalakan motor menggunakan remote dan tombol yang sudah terintegrasi. Namun begitu, masalah mengenai motor tidak bisa di-starter tetap bisa muncul pada motor yang menggunakan Smart Key maupun yang belum menggunakan teknologi tersebut. Oleh sebab itu, penting untuk rutin melakukan check-up kendaraan sesuai jadwal agar tidak mendapati masalah seperti ini.



Penyebab Motor Tidak Bisa Di-starter

Dalam mendapati masalah motor yang tidak bisa di-starter, terdapat beberapa penyebab masalah kerusakan pada bagian komponen yang terkait. Berikut adalah beberapa penyebabnya:


  • Kerusakan pada aki (daya listrik yang sudah habis)
  • Rusaknya bagian sekring motor
  • Kerusakan pada switch starter atau switch brake
  • Masalah pada relay starter
  • Kerusakan dinamo starter
  • Kerusakan pada ECM (Engine Control Module) motor

Susunan ‘Wiring’ Starter Motor


Diagram Wiring Starter Motor

Starter motor memiliki susunan ‘wiring’ yang berfungsi mengalirkan listrik untuk menghidupkan mesin motor. Pada susunan ‘wiring’ ini dapat diketahui mengenai jalannya arus listrik dari aki hingga dinamo starter. Pada diagram di atas, ketika kunci kontak dinyalakan maka aliran dari aki akan menuju main-sekring untuk menjadikan aliran listrik 12V supaya tidak terjadi konslet. Setelah itu speedometer, lampu depan dan belakang akan menyala sebagai tanda motor dalam keadaan hidup dan siap untuk di-starter. Selanjutnya ketika tombol starter ditekan yang dibarengi menekan handle rem, aliran listrik dari aki akan menuju sub-sekring untuk menjaga arus tetap 12V, menuju switch brake, yang dilanjut langsung menuju switch starter. Selanjutnya, aliran listrik akan menuju ECM untuk memberi perintah pada relay starter untuk membuat plat yang ada di dalamnya merekat pada titik aliran aliran 12V aki dan titik yang menuju dinamo starter. Aliran listrik akan memberi arus kumparan dinamo starter untuk berputar, yang akhirnya mesin motor menyala.



Memahami Bagian Starter Untuk Menemukan Penyebab yang Tepat

Sebelum mengganti parts yang rusak, pastikan dahulu bagian mana yang mengalami kerusakan dan memerlukan penggantian atau perbaikan. Penyebab paling sering terjadi adalah aki motor. Jika pada bagian starter tidak alami kerusakan, maka dinamo starter, relay starter, atau switch starter/switch brake mengalami keruakan. Terakhir, jika bukan dari bagian starter yang rusak, maka penyebab terakhir adalah ECM yang rusak sebagai pengendali atau pusat control dan pengendali kerja parts dan mesin motor. Pastikan dahulu penyebab motor tidak bisa di-starter dan pastikan untuk menggunakan parts resmi untuk menjaga keamanan. Untuk pembelian Honda Genuine Parts dapat dibeli di Official Store KlikNSS Tokopedia, Shopee, maupun Official Website KlikNSS.

Kabari Saya

Untuk penawaran dan promosi terbaru dari KlikNSS




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI