Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Sumber Penulisan

Daftar Isi

Penyebab Kampas Ganda Cepat Habis dan Bagaimana Perawatannya



Fungsi dan Macam Sebab Kampas Ganda Cepat Habis

Pada motor matic, kampas ganda memiliki peran penting untuk menyambungkan dan memutus putaran mesin dari CVT bagian depan ke belakang dengan gaya sentrifugal. Dengan cara ini motor matic dapat berjalan dan berkaselerasi. Sedangkan pada motor cub atau sport, fungsi ini juga dikerjakan oleh kampas kopling.

Selanjutnya, perihal lain yang perlu diketahui oleh pemilik motor matic adalah kopling pada motor matic bertipe kering yang berarti harus bebas dari oli yang berlebihan hingga tidak diperbolehkan terdapat debu maupun air yang masuk ke dalam area CVT. Karena jika kondisi yang kering ini dibiarkan menjadi basah atau kotor akan menimbulkan selip saat pengemudi menarik tuas gas dengan dalam.


1. Sebab Kelebihan Beban/Muatan

Standarnya, kampas ganda memiliki usia berksisar 35.000 kilometer untuk maksimalnya dan memiliki rata-rata usia di 24.000 kilometer. Dengan mengetahui usia standarnya, banyak pemilik motor matic yang justru untuk berusia lebih pendek atau dalam kata lain mengalami keausan yang lebih cepat.

Sebab utama dari kampas ganda yang cepat habis dari usia standarnya biasanya dikarenakan oleh seringnya memuat beban yang melebihi dari kapasitas beban yang sudah distandarkan masing-masing motor. Hal yang paling mungkin dialami oleh pengemudi ojol (ojek online) dan kurir paket yang sering membawa penumpang atau kiriman paket yang melebihi batas.


2. Menahan Motor Dengan Gas di Kemacetan/Tanjakan

Dapat diketahui, jalanan area perkotaan memiliki berbagai tipikal jalan. Mulai dari jalan yang berliku, banyak tanjakan, dan turunan. Selain dari tipikal jalanan yang seperti itu, pasti akan banyak jalanan yang memiliki kemacetan yang tinggi dari masing-masing tipikal jalan tersebut.

Yang perlu menjadi sorotan adalah ketika sering melalui jalanan yang sering macet di tipikal jalan yang memiliki banyak tanjakan. Di jalanan yang bertipikal seperti ini, banyak pengemudi yang sering menggunakan gas dan rem secara bersama atau gas saja saat harus mengantri di tanjakan. Dengan sebab yang seperti inilah, kampas ganda akan lebih cepat habis.

Bahkan selain cepat habis, kampas ganda juga bakal lebih sering mengalami overheat. Jika hal ini juga dibiarkan maka motor jadi sering mengalami slip (tidak bergerak saat digas) dan menimbulkan kerusakan yang lebih parah.


Ciri-Ciri Kampas Ganda Alami Overheat

Dari sebab kampas ganda yang cepat habis, seringnya mengantri di kemacetan/tanjakan dengan tetap menekan gas sekaligus menekan rem akan membuat kampas ganda mudah alami overheat. Kondisi yang tiba-tiba overheat ini harus dicegah, karena tegolong faktor yang dapat membahayakan pengemudi juga. Ya, hal ini akan membuat motor slip dan bisa membuat motor jadi 'ngglundung.' Dan berikut ini adalah ciri-ciri kampas ganda yang overheat:

  1. Muncul bau seperti ada yang terbakar/gosong di area CVT
  2. Motor terasa slip saat menekan gas dengan dalam
  3. Gas yang bergetar di awal tuas gas diputar

Jika motor mengalami hal-hal ini, segera istirahatkan motor selama 15 - 30 menit. Dengan mengistirahatkan motor selama beberapa menit, fungsi kampas ganda akan normal kembali.


Final Thoughts

Motor matic memiliki ketergantungan akan kampas ganda untuk dapat berjalan dan berkaselerasi. Oleh sebab itu, disarankan untuk dapat menjaga kondisi kampas ganda tetap awet dan optimal. 

Dengan menjaga batas beban motor dan menggunakan rem saat berada dalam antrian tanjakan/kemacetan dapat membantu kampas ganda dapat berusia panjang hingga 35.000 kilometer.

Selain itu, hindari dan cegah kampas ganda untuk overheat. Karena hal ini dapat membahayakan pengemudi dan pengemudi lainnya. Selain itu, kerusakan pada area kampas ganda dapat menjadi lebih parah. Cukup istirahatkan motor jika sudah mencium bau gosong di area CVT atau merasakan slip dan getar saat menarik gas.

Terakhir pastikan untuk rutin untuk melakukan service agar selalu mengetahui kondisi kampas ganda motor Anda. Lalu pastikan untuk mengganti kampas ganda motor Anda dengan yang orisinil sesuai merk motor. Hal ini untuk mencegah Anda mendapatkan kampas ganda yang palsu dan justru membuat usia kampas ganda tidak awet, serta timbulkan kerusakan lain di area CVT (mangkok kampas ganda dan V-belt).

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI