Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Sumber Penulisan

Daftar Isi

Penyebab BeAT Injeksi Brebet Saat Digas, Masalah Apa?


Penyebab BeAT Injeksi Brebet Saat Digas, Masalah Apa?


Penyebab BeAT Injeksi Brebet Saat Digas

Pernahkah BroSis merasakan BeAT yang terasa ‘brebet’ ketika menarik gas? Atau BroSis justru sedang mendapati masalah tersebut? Jika BeAT injeksi yang memunculkan gejala brebet ketika gas ditarik, pasti membuat tidak nyaman untuk dikendarai bukan? Masalah ini dapat berarti adanya kerusakan atau masalah pada setting-an awal yang kurang tepat. Berikut adalah beberapa penyebab dari masalah munculnya beat injeksi brebet saat digas:


  • Setting-an standar rpm pada bagian ‘screw set’ yang terlalu rendah dan tidak sesuai
  • Klep yang terlalu kencang
  • Busi yang sudah waktunya diganti (elektrodanya habis)
  • Masalah coil atau kumparan pada pengapian yang sudah menurun dayanya


Cara Mengatasi

Mendapatkan pengalaman berkendara yang nyaman dan lancar tanpa kendala pada motor adalah keinginan seluruh pengendara motor. Untuk mengatasi masalah brebet yang muncul saat digas, ada beberapa cara untuk memperbaikinya. Dan, berikut adalah cara mengecek dan memperbaiki dari problem brebetnya BeAT injeksi:


  • Cek dahulu standar rpm motor menggunakan alat HiDS yang disambungkan pada ECM untuk mengonfirmasi kondisi dan angka standar rpm yang digunakan pada setting-an awal. Jika berada pada angka sekitar 1.200 rpm ke bawah, berarti standar rpm tersebut harus dinaikkan
  • Menaikkan standar rpm dengan memutar dan mengendurkan ‘screw set’ serta mengontrolnya dengan HiDS hingga berada di 1.200 - 1.500 rpm
  • Jika busi sudah berwarna merah bata dan memperlihatkan habisnya elektroda, maka penggantian busi perlu dilakukan
  • Penggantian coil atau kumparan pada pengapian


Masalah 'Screw Set' Adalah yang Paling Umum

Dari berbagai penyebab di atas, masalah pada 'screw set' adalah yang paling sering umum terjadi. Standar rpm yang turun, harus dinaikkan dengan memutar screw set untuk mengendurkannya. Dengan screw set yang mengendur maka pasokan angin ke dalam throttle body assy akan semakin besar. Dengan naiknya pasokan angin di dalam, ECM akan merespon dengan menyuplai pasokan bensin di dalam throttle body assy yang akhirnya standar rpm akan naik dan lebih stabil. Namun, tindakan ini harus dikonfirmasi dahulu menggunakan alat HiDS dan mengontrol kenaikannya dengan alat HiDS pula.


Pastikan Penyebab Pastinya

Dalam memperbaiki BeAT injeksi yang mengalami brebet, penting untuk memastikan penyebab pastinya dahulu. Hal ini untuk meminimilasir terjadinya kerusakan pada bagian yang lain dan timbulnya kerusakan yang lebih parah. Mengganti parts yang mungkin rusak dengan Honda Genuine Parts direkomendasikan untuk mempercepat waktu perbaikan dan memudahkan perbaikan yang diperlukan. Pembelian komponen dari Honda Genuine Parts dapat dibeli di Official Store KlikNSS di Tokopedia, Shopee, dan Official Website KlikNSS.

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI