Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Sumber Penulisan

Daftar Isi

Penyebab Air Radiator Motor Berkurang Tapi Tidak Bocor


Penyebab Air Radiator Motor Berkurang Tapi Tidak Bocor

Penggunaan Air Radiator

Radiator adalah bagian dari komponen yang mendukung untuk menjadi pendingin kerja mesin. Dengan fungsi yang menjadi pendingin, radiator harus memiliki kesehatan yang baik untuk menjaga temperatur mesin motor tetap stabil. 


Masalah overheat pasti sering dikaitkan dengan problem yang ada di radiator, pada faktanya hal ini tidak valid hingga 100%. Untuk masalah terjadinya overheat, oli yang sudah hampir habis juga bisa jadi penyebab. Lalu sekarang bagaimana jika menemukan masalah air radiator motor berkurang tapi tidak bocor?



Penyebab Air Radiator Berkurang Tapi Tidak Bocor

Air radiator yang digunakan untuk mesin motor harus terjaga kuantitas dan kesehatannya. Dengan air yang terjaga maka sistem pendingin untuk mesin akan berjalan baik. Penggunaan air yang dijadikan sebagai air radiator juga disarankan untuk memakai air khusus (coolant) dan bukan menggunakan air biasa. Hal ini dikarenakan coolant memiliki kapasitas mendinginkan temperatur mesin yang jauh lebih maksimal daripada air biasa. 


Lalu jika mendapati air radiator yang berkurang dengan cepat padahal sudah menggunakan coolant water, maka potensi kebocoran pada sil-sil radiator dan selang radiator bisa jadi penyebab. Namun jika masih tidak ditemukan kebocoran pada bagian tersebut, maka berikut ini adalah beberapa penyebab yang membuat air radiator berkurang:


  • Kebocoran pada area cylinder head, yang menyebabkan air masuk ke ruang pengapian
  • Kebocoran pada gasket cylinder yang juga menyebabkan rembesnya air masuk ke ruang pengapian


Tanda dari Air yang Masuk ke Ruang Pengapian

Jika memang terjadi kebocoran dari cylinder head atau gasket yang sebabkan air masuk ke pangapian, maka akan terlihat beberapa gejala yang kemungkinan akan terjadi. Berikut adalah beberapa gejala dan tanda jika air radiator memang masuk ke ruang pengapian:


  • Perubahan warna oli menjadi coklat atau putih
  • Munculnya asap putih ketika menarik gas
  • Busi yang selalu basah ketika dibuka
  • Mudahnya hilang kompresi dan overheat


The Takeaways

Mendapati masalah ini, terdapat beberapa step yang dapat dilakukan oleh pemilik kendaraan motor. Yang pertama adalah mengecek kondisi dari radiator secara keseluruhan hingga water pump tidak terdapat masalah dan kebocoran. Selanjutnya, mengecek kondisi dan kuantitas oli motor tidak berkurang drastis atau mulai menunjukkan perubahan warna. 


Yang paling terakhir, jika sudah menemukan asap putih pada knalpot maka segera lakukan pengecekan potensi kebocoran air pada gasket dan cylinder head. Masalah pada gasket dan cylinder head ini dapat terselesaikan dengan penggantian gasket atau perbaikan cylinder head yang bocor atau aus dengan sistem bubut (penambalan dengan campuran alumunium alloy dan metal) atau penggantian cylinder tersebut.

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI