Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Pembiayaan Multiguna BPKB Memerlukan Survey, Sedangkan Gadai BPKB Harusnya Tanpa Survey




Pentingnya Kelengkapan Surat-surat Motor

Memiliki kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat, diwajibkan untuk memiliki berbagai surat-surat resmi yang menandakan bahwa motor tersebut legal secara pembelian dan terdaftar resmi oleh Pemerintah lewat pengenaan pajak. Dengan memiliki surat-surat yang lengkap seperti STNK dan BPKB, nilai motor akan lebih kuat secara after-sales dan menjaga keresmian motor tersebut untuk dapat melintas di jalanan umum.

Memiliki kelengkapan surat-surat resmi motor juga memiliki nilai multifungsi yang lain. Selain menjaga keresmian dan legalitas motor secara valid, surat kelengkapan motor dapat digunakan pula untuk mendapatkan pembiayaan multiguna. Yang dimaksud dari surat kelengkapan motor dapat befungsi sebagai pembiayaan multiguna adalah BPKB motor (surat kelengkapan legalitas motor) dapat dijadikan agunan untuk mendapatkan pembiayaan berupa dana yang disepakati bersama pihak penjamin. 



Pembiayaan Dana dengan BPKB Motor

Kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor diperlukan untuk menjaga legalitas dan keresmian motor yang dimiliki. Pembiayaan ini bersifat multifungsi, artinya adalah pengaju pembiayaan dana dapat melakukan pengajuan dengan berbagai alasan fungsi dana tersebut bakal dialokasikan. Dengan artian ini, pengaju dapat melakukan pengajuan pembiayaan sesuai keperluan dengan BPKB motor. 

Sifat dari keperluan ini juga beragam, dapat difungsikan sebagai kebutuhan modal usaha, kebutuhan modal renovasi rumah, kebutuhan untuk biaya pendidikan, bahkan kebutuhan mendesak lainnya. Cara untuk mendapatkan pembiayaan dengan BPKB motor juga cukup mudah. Berikut adalah urutan pemohon untuk mendapatkan pembiayaan multiguna:

  1. Pertama-tama, pemohon cukup membuat pengajuan secara online/offline terhadap pihak penjamin.
  2. Pemohon akan dicek mengenai history-nya dalam melakukan pengajuan pembiayaan multiguna atau pinjaman.
  3. Selanjutnya penjamin bakal melakukan survey ke hunian pemohon untuk mengidentifikasi profil pemohon secara lengkap.
  4. Jika hasil survey pemohon dinyatakan 'lulus survey' maka urutan terkahirnya adalah pemohon tinggal menyerahkan BPKB motor serta cek fisik motor oleh penjamin untuk mendapatkan pembiayaan.
  5. Jika hasil survey pemohon dinyatakan 'tidak lulus survey' maka pemohon dapat melakukan pengajuan ulang setelah 1-2 bulan yang dihitung sejak pengajuan dibuat.



Perbedaan Pembiayaan Multiguna Motor dengan Gadai BPKB Motor Online

Setelah melihat cara urutan bagaimana melakukan pengajuan pembiayaan multiguna dengan BPKB motor, dapat didefinisikan jika gadai BPKB motor online jelas berbeda dengan pembiayaan multiguna motor. Hal ini dikarenakan oleh kata 'gadai' yang harusnya tanpa menggunakan survey ke rumah untuk mengidentifikasi profil pemohon. Oleh sebab itu jika mendapati sebuah layanan yang mengutarakan 'gadai bpkb, gadai bpkb motor, gadai bpkb motor online' dan sebagainya, harusnya layanan tersebut tidak memerlukan survey ke rumah pemohon. Meski begitu, pembiayaan multiguna BPKB motor juga sering disebut sebagai gadai BPKB motor karena konsep BPKB tersebut yang akan ditahan hingga pembayaran pengembalian pembiayaan tersebut sudah lunas kepada penjamin. Namun begitu setiap orang perlu memahami konsep dasar perbedaan proses asli dari pembiayaan multiguna dengan BPKB dengan gadai BPKB.

Kesimpulan yang didapatkan adalah pembiayaan multiguna BPKB motor memerlukan survey ke hunian pemohon untuk mengidentifikasi profil lengkap pemohon, sedangkan gadai BPKB motor harusnya tanpa melewati survey ke rumah pemohon apalagi jika nama layanan tersebut gadai BPKB motor online. Oleh sebab itu pastikan dahulu layanan penjamin yang memberikan layanan tersebut, apakah lembaga tersebut masuk kategori pembiayaan multiguna atau gadai.


Kabari Saya

Untuk penawaran dan promosi terbaru dari KlikNSS




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI