Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Pahami 3 Penyebab Oli Motor Bocor Yang Perlu Anda Ketahui

Daftar Isi

Oli motor menjadi salah satu komponen yang perlu diperhatikan dan harus selalu di cek kondisinya. Cairan pelumas ini berfungsi sebagai stimulan agar mesin motor dapat bekerja dengan optimal tanpa menyebabkan gesekan antar komponen yang dapat berujung kerusakan. Penggunaan oli juga untuk mencegah terjadinya gesekan antar komponen mesin, karena gesekan yang terjadi secara terus menerus akan menyebabkan motor cepat aus.

 

Namun, seringkali para pemilik motor mengeluhkan motor mereka yang mengalami kebocoran oli. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal berikut yang akan kami bahas pada artikel ini. Kami akan memberikan informasi lengkap mengenai apa saja penyebab oli motor bocor yang perlu Anda ketahui. Beberapa tips di antaranya bahkan tak memerlukan tenaga atau teknisi bengkel sehingga Anda dapat memperbaikinya sendiri dari rumah. Langsung saja berikut ulasannya.

 

1. Volume Oli Yang Berlebihan

Cek dinding mesin pada kendaraan Anda biasanya terdapat informasi mengenai volume cairan pelumas/ oli tersebut. Lewat informasi tersebut Anda bisa mengetahui ukuran yang pas volume oli yang dibutuhkan dalam mesin kendaraan. Apabila oli yang terisi melebihi batas takaran nya maka bisa menyebabkannya merembes sampai keluar.

 

Cara lain yaitu Anda bisa menggunakan dipstick. Dipstick ini berfungsi sebagai tutup lubang pengisian oli dan untuk melihat kapasitas oli yang ada di dalamnya. Anda juga bisa melihat bagaimana kondisi kekentalan oli dengan menggunakan dipstick. Apabila oli sudah sangat kental dan berwarna hitam pekat maka sudah waktunya Anda berganti oli.

 

2. Seal Yang Sudah Rusak

Seal yang sudah rusak bisa juga menjadi penyebab oli bocor pada motor Anda. Hal ini bisa terjadi ketika seal tersebut pecah dan mengalami keretakan karena usia pakainya sudah melampaui batas.

 

Perlu diketahui bahwa komponen seal ini terbuat dari karet yang jika terpapar oleh panas terus menerus akan membuat teksturnya menjadi keras. Hal inilah yang kemudian menyebabkan komponen tersebut dapat retak sewaktu-waktu. Jika sudah demikian, solusi utamanya adalah melakukan penggantian pada komponen seal dengan yang baru.

 

3. Packing Mesin Motor Yang Bocor

Faktor penyebab oli bocor lainnya bisa dipengaruhi oleh packing mesin motor yang bocor. Hal ini biasanya karena usia pakai sudah cukup lama karena usia motor yang sudah cukup lama. Untuk itu jika kendaraan roda dua Anda dirasa sudah berusia cukup tua, segera cek kondisi berbagai macam komponen yang ada di dalamnya. Salah satunya adalah packing mesin karena ia memiliki peran penting bagi kendaraan.

 

Demikianlah beberapa penyebab oli bocor yang kerap kali terjadi dan sering dialami oleh banyak pengendara sepeda motor. Apapun faktor penyebabnya, Anda harus segera memperbaikinya agar motor bisa berjalan optimal. Karena oli memiliki peran penting agar motor bisa berjalan dengan optimal. Jika oli dibiarkan bocor atau merembes begitu saja, lama kelamaan kuantitas oli dalam motor akan berkurang bahkan oli bisa habis seluruhnya. Tentu hal tersebut akan menghambat kinerja mesin dan membuatnya tidak maksimal dalam bekerja.

 

Oli yang bocor juga bisa saja mengotori lantai atau bahkan jalanan yang Anda lewati. Jika dalam jumlah besar, oli bocor ini juga akan berbahaya bagi pengendara lain karena dapat membuat permukaan jalan menjadi licin. Maka dari itu, perhatikanlah setiap komponen pada kendaraan Anda dan segera perbaiki ke bengkel terdekat untuk diperbaiki.


Jika anda ingin mencari sparepart motor untuk reparasi motor anda, silahkan membeli di kliknss.co.id/sparepart


Link Tautan : kliknss.co.id


Kabari Saya

Untuk penawaran dan promosi terbaru dari KlikNSS




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI