Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Oli Shockbreaker Motor Bocor, Bisa Disebabkan 3 Hal Berbeda



Shockbreaker Motor Miliki Banyak Parts

Motor memiliki banyak parts yang tergabung dan menjadikan satu kesatuan untuk menjalankan sebuah fungsi dari komponen. Dengan banyaknya parts yang menyusun, membuat diperlukan pula perhatian lebih pada banyak komponen motor yang terkait. Salah satunya adalah komponen shockbreaker, yang berfungsi untuk menjadi penyeimbang dan menjaga stabilitas dalam berkendara.

Shockbreaker memiliki komponen pendukung yang banyak dan bermacam, mulai dari seal-seal, spring-spring-ring-ring, oli, dan masih banyak lainnya. Sehingga sebab dari timbulnya masalah shockbraker juga dapat timbul dari komponen-komponen yang berbeda tersebut. 

Dari masalah yang paling ringan seperti shockbreaker alami kebocoran oli bisa ditimbulkan pula dari berbagai sebab komponen berbeda. Dan berikut di bawah ini adalah gambaran dari komponen-komponen yang membentuk shockbreaker motor (Honda BeAT eSP K81 2016-2020).


Dari gambaran di atas, satu shockbreaker depan saja terdiri dari kurang lebih 21 komponen pembentuk. Oleh sebab itu service dan pengecekan berkala sangat perlu dilakukan untuk menghindari adanya kerusakan yang lebih banyak dan membuat biaya perawatan lebih efisien.


Penyebab dari Oli Shockbreaker Bocor

Terdapat beberapa penyebab inti yang membuat oli shockbreaker bocor dan merembes. Sebab yang paling sering adalah dikarenakan seal dust yang alami robek dan menyebabkan oli dapat keluar dari bagian pipe. Masalah seal dust yang robek ini sering dikarenakan dari kotornya bagian shockbreaker dan membuat debu kotoran yang menumpuk dan mengikis hingga merobek bagian seal dust

Seal dust, merupakan komponen yang berfungsi untuk menjadi pembersih dan penetral dari debu yang coba masuk untuk menyelinap melalui bagian sela-sela seal dust. Ditambah lagi jika sering menggunakan motor di jalanan lumpur juga bakal membuat bagian seal dust bekerja lebih keras.

Penyebab lainnya yang bisa menyebabkan oli shockbreaker bocor/rembes adalah dikarenakannya o ring yang mulai getas dalam gerakannya yang diharuskan untuk bisa elastis tiap menerjang berbagai kontur jalan. O ring biasanya terpasang pada seat b spring, jika o spring ini mulai getas biasanya muncul keretakan dan akan menyebabkan oli shocbreaker bocor/rembes.

Penyebab terakhir dari penyebab oli shockbreaker yang bocor adalah bolt socket dan washer special yang tidak terpasang dengan sempurna atau memang sudah mengalami aus pada arusnya sehingga oli bisa shockbreaker bisa mengalir rembes melalui sela-selanya.

Beberapa sebab di atas ini menjadi selaras karena ungkapan dari Bachrul Hanafi selaku eks Kepala Bengkel AHASS Nusantara Sakti Slipi mengungkapkan informasi serupa, yaitu "Oli shockbreaker motor bocor memang bisa disebabkan beberapa hal, salah satunya adalah seal dust yang robek karna debu dan kotoran yang tidak dibersihkan. Selanjutnya kemungkinan bagian o ring yang di dalam pipa sudah getas dan retak, atau paling gampang ya baut bawah (bolt socket dan washer special) yang sudah aus."


Perawatan yang Tepat Untuk Shockbreaker

Mudah, pembersihan area shockbreaker wajib untuk detail tiap melakukan pencucian motor menyeluruh. Apalagi jika sudah di musim hujan dan motor sering melewati jalanan yang terdapat genangan/banjir, karena flek lumpur akan lebih mudah untuk menempel dan membuat seal dust shockbreaker berisiko bocor. 

Selain dengan cara pembersihan rutin, cara lainnya adalah dengan melakukan service pada shockbreaker setiap lima tahun sekali. Di-setting ulang, penggantian bagian part yang sudah alami aus dan berpotensi membuat kebocoran, hingga penggantian oli agar gerakan shockbreaker tetap stabil.

Terakhir adalah pastikan untuk membeli dan mengganti berbagai part shocbreaker dengan part yang resmi. Karena dengan part yang resmi, sudah pasti memiliki ukuran yang pas, rigid, dan terbuat dari bahan yang terstandar keawetannya. Pastikan selalu shockbreaker memiliki fungsi yang optimal, untuk membuat motor dapat berjalan dengan stabil dan aman di berbagai kontur jalan.

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI