Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Sumber Penulisan

Daftar Isi

Oli Federal Vs AHM Lebih Baik Mana Untuk Motor Honda



Pilihan Oli Untuk Motor Honda

Motor Honda merupakan tipe merk motor yang memiliki tingkat peminatan tinggi di masyarakat. Dengan tingginya peminatan ini membuat motor Honda juga memiliki banyak pilihan oli yang dapat dipasang di motor tersebut. Pilihan berbagai merk oli beredar di pasar untuk memberikan alternatif produk, ketika oli orisinil sedang tidak tersedia di pasar.

Produk oli yang diproduksi lokal dalam negeri maupun yang diimpor dari luar negeri beredar dengan masif di berbagai toko spareparts, bengkel, hingga e-commerce. Dari berbagai merk yang tersedia, oli AHM dan Federal merupakan contoh merk yang memiliki tingkat peminatan tinggi dan tingkat pembelian yang baik.


Mengenal Macam Tipe Oli AHM

Motor Honda sudah menggunakan oli AHM sebagai default lubricants. Oli AHM memiliki dua macam tipe yaitu oli untuk motor matic yaitu oli MPX2 dan SPX2. Perbedaan keduanya adalah oli SPX2 sudah menggunakan bahan yang full synthetic, sedangkan oli MPX2 merupakan oli standar motor matic Honda yang belum menggunakan bahan full synthetic.

Selain oli AHM SPX2 dan MPX2 masih terdapat oli SPX1, MPX1, dan MPX3. Fungsi dan kegunaannya juga berbeda, berikut adalah fungsi dari masing-masingnya:

  • Oli SPX1 digunakan untuk proteksi/lubrikasi dengan lebih maksimal lewat bahan full synthetic, yang cocok untuk tipe motor Honda yang bertipe kopling basah (Cub dan Sport).
  • Oli MPX3 digunakan pada motor Honda tipe kopling basah untuk memberikan lubrikasi dengan maksimal dan memproteksi mesin agar dapat berfungsi optimal.
  • Oli MPX1 digunakan untuk lubrikasi mesin Honda yang membutuhkan tingkat kekentalan lebih seperti pada rilisan motor Honda pertama kali di Indonesia.


Mengenai Oli Federal Sebagai Alternatif Pilihan Oli Motor Honda

Setelah mengetahui beberapa macam tipe dari oli AHM, oli Federal juga memiliki beberapa macam tipe yang dapat digunakan pada berbagai motor Honda. Beberapa macam tipe oli Federal matic adalah sebagi berikut:

  • Oli Federal Matic 30 yang memiliki spesifikasi SAE 10W-30 dengan teknologi synthetic berfungsi untuk mendinginkan mesin dan menjaga performa dengan maksimal.
  • Oli Federal Matic 40 dengan teknologi synthetic yang sama seperti Federal Matic 30, dan hanya   memiliki spesifikasi yang berbeda yaitu SAE 10W-40.
  • Oli Federal Racing Matic 40 dengan spesifikasi SAE 10W-40 yang memiliki fitur unggulan tambahan melalui Visco Elastic yang berfungsi untuk menjaga mesin dapat bekerja lebih maksimal.
  • Oli Federal Matic UltraTec 30 yang memiliki spesifikasi SAE 10W-30 dengan fungsi lubrikasi standar untuk mendinginkan mesin dan menjaga usia mesin tetap awet.
  • Oli Federal Matic Y40 yang memiliki spesifikasi SAE 10W-40 dengan fungsi lubrikasi standar sama seperti oli Federal Matic UltraTec 30 dengan spesifikasi kegunaan mesin yang berbeda.

Selain dari tipe oli Federal matic masih terdapat beberapa oli lain yang ditujukan untuk motor non-matic yaitu oli Federal Racing, Federal UltraTech, dan Federal UltraTech XX.


Oli Federal Vs AHM, Mana Lebih Unggul 

Dengan membaca mengenai macam tipe dan kegunaan dari masing-masing tipe, maka lebih baik mana antara oli Federal vs AHM? Jawabannya adalah mengikuti kebutuhan fungsi oli dengan menyamakan spesifikasi mesin motor. Namun jika melihat kelengkapan dan macamnya, oli Federal lebih unggul dari oli AHM. 

Namun oli AHM memiliki nilai keunggulan dari oli Federal dari sudah digunakannya dahulu oli tersebut sejak saat motor Honda diproduksi. Sehingga mesin sudah lebih nyetel dahulu dengan oli AHM, namun jika ingin mengganti dengan oli Federal juga baik dengan catatan mengurasnya dahulu hingga bersih dari sisa oli yang sebelumnya. 

Eks Kepala Bengkel AHASS Nusantara Sakti Slipi, Bachrul Hanafi menginfokan "Oli AHM sama Federal hampir sama saja baiknya, yang berbeda hanya oli AHM merupakan bawaan asli Honda dan Federal bukan. Meski bukan oli asli Honda, oli Federal juga miliki banyak fitur unggulan yang sudah tercampur pada oli sehingga dapat menjaga mesin sama baiknya dengan oli AHM."

Sehingga dapat diartikan jika motor Honda sama baiknya dengan menggunakan oli AHM maupun oli Federal, yang penting adalah menyamakan spesifikasi mesin dengan spesifikasi oli agar tidak terjadi kerusakan mesin. Untuk mencari oli AHM maupun oli Federal orisinil yang terjamin, KlikNSS menjual kedua oli tersebut melalui Official Store Tokopedia dan Shopee.

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI