Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Sumber Penulisan

Daftar Isi

Motor Mati Saat Tidak Digas dan Motor Mati Saat Digas, Apa Sebab Keduanya



Masalah Gas Motor yang Mudah Mati

Motor memiliki berbagai komponen pembentuk pada mesin. Dengan macamnya komponen yang ada, membuat keseluruhan komponen ini harus dalam kondisi yang optimal. Jika terdapat satu-dua komponen yang bermasalah, pasti akan menimbulkan berbagai gejala seperti mesin yang mudah mati.

Mesin yang mudah mati tentu dikarenakan adanya bagian komponen mesin yang sedang bermasalah. Beberapa komponen yang mungkin bermasalah dapat datang dari fuel-pump assy, selang bensin, injektor, bushi, dan lain sebagainya. Dari mesin yang mudah mati sendiri terdapat dua macam gejala berbeda, yaitu motor mati saat tidak digas dan motor mati saat digas. Dari dua gejala ini saja, faktor penyebab yang menimbulkan dua gejala ini muncul juga berbeda.


Penyebab Motor Mati Saat Tidak Digas

Jika menemui masalah motor mati saat digas, penyebab umum yang menimbulkannya datang dari busi atau kabel busi yang basah sehingga api tidak bisa diproduksi maksimal oleh busi sebagaimana fungsinya dalam menghasilkan pengapian. Jika busi atau kabel busi tidak segera dikeringkan, hal ini akan membuat motor mati saat tidak digas sekalipun (dikenal dengan istilah mlepek).

Penyebab lain dari motor mati saat tidak digas datang dari faktor komponen yang bermasalah sebagai berikut:

  • Busi yang elektrodanya sudah habis
  • Injektor yang kotor sehingga menimbulkan sumbatan bensin
  • Filter udara yang kotor
  • Filter bensin yang tersumbat atau fuel-pump assy yang rusak
  • Selang bensin yang bocor
  • PIlot jet yang tersumbat
  • Setelan karburator yang tidak tepat atau karburator yang terisi air

Senada dengan hal tersebut, eks Kepala Bengkel AHASS Nusantara Sakti Slipi Bachrul Hanafi menginfokan "Masalah motor mati saat tidak digas itu bermacam. Mulai dari maslah busi, filter udara, pilot jet mampet, setelan karbu yang nggak pas, fuel-pump atau filter bensin yang sudah tidak ok, dan sebagainya. Untuk itu perlu dicek dulu, tapi biasanya muncul dari busi yang sudah tidak bisa menghasilkan api yang optimal."


Penyebab Motor Mati Saat Digas

Setelah mengetahui dari penyebab-penyebab dari motor mati saat tidak digas, kini terdapat penyebab yang menimbulkan motor mati saat digas. Dua gejala yang menimbulkan mesin motor yang mudah mati memang memiliki faktor penyebab yang berbeda. 

Penyebab utama dari motor mati saat digas berasal dari katup buang pada ruang bakar yang ini tertahan oleh karbon monoksida, sehingga sisa gas hasil pembakaran tidak dapat dibuang dengan baik. Oleh sebab itu ruang bakar mesin perlu untuk dijaga kebersihannya dari karbon sisa bakar.

Jika motor mati saat digas ketika motor sudah berjalan beberapa kilometer, masalahnya muncul dari oli mesin yang sudah lama dan mudahnya terjadi overheat. Oli mesin berperan penting untuk melubrikasi mesin agar fungsi mesin dalam pembakaran lancar dan menghindarkan dari gerakan benturan agar mesin tetap awet.


Final Thoughts Tentang Pencegahan yang Harus Dilakukan

Masalah dan kejadian motor mati saat tidak digas atau justru saat digas harus dicegah dan dihindari mulai dari menjaga service rutin secara berkala. Saat melakukan service rutin, pastikan seluruh komponen mesin telah dicek untuk memastikan kesehatan keseluruhan komponen tersebut. Pastikan pula, oli mesin untuk diganti setiap 2,000 kilometer atau dua bulan sekali. 

Busi, filter udara, injektor, dan karburator, perlu untuk dijaga dan dipastikan dalam keadaan yang tepat, optimal, dan bersih. Selanjutnya memastikan ruang tangki bensin bersih dan tidak ada kebocoran. Terakhir adalah mengecek fungsi fuel-pump assy dan selang-selang bensin tidak ada sumbatan dan tidak ada kebocoran.

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI