Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Motor Manual dan Matic, Mana yang Lebih Irit Bensin?


Motor Manual dan Matic, Mana yang Lebih Irit Bensin?


Perbedaan Motor Manual dan Matic

Beberapa perbedaan kedua motor ini dapat dilihat dari berbagai sisi. Yang paling mudah untuk dibedakan adalah perbedaan sistem transmisi kedua tipe motor ini. Untuk motor manual, membutuhkan rangkaian gear dan rantai dalam sistem manual transmisi. Sedangkan motor matic menggunakan sistem CVT sebagai sistem otomatis transmisi. Dua perbedaan mendasar ini sebagai poin utama perbedaan dua tipe motor ini. Selain dari perbedaan sistem transmisi, motor manual dan matic memiliki perdebatan lain mengenai perhitungan konsumsi bensinnya. Tidak heran, karena nilai keiritan akan selalu menjadi salah satu faktor penting seseorang untuk memilih kendaraan yang akan dibeli.



Konsumsi Bensin Motor Manual Lebih Irit Dariapada Matic

Pada percobaan dan pengetesan yang dilakukan Honda Supra X 125 FI dengan Vario 125, mencatatkan jika Supra X 125 FI sebagai motor manual lebih irit ketimbang Vario 125 sebagai motor matic. Hasil dari pengetesan tersebut mencatatkan bahwa 1 liter bensin Supra X 125 FI bensin dapat menempuh jarak hingga 57,2 km. Sedangkan 1 liter bensin Vario 125 hanya dapat menempuh jarak 51,7 km. Selisih yang dicatatkan sekitar 5,6 km ini membuktikan jika motor manual (Supra X 125 FI) lebih irit dari motor matic (Vario 125). Menggunakan Euro 3 Test, motor manual dapat mengolah bahan bakar yang lebih irit dari motor matic.



Penyebab Motor Manual Lebih Irit

Perbedaan jumlah konsumsi bahan bakar yang menyebabkan motor manual lebih hemat dari motor matic ini dipengaruhi oleh penggunaan injektor masing-masing motor yang berbeda. Contohnya pada motor manual Supra X 125 FI menggunakan injektor yang digunakan pada kendaraan Honda 110 CC seperti BeAT dan Scoopy. Jadi meskipun memiliki mesin berkapasitas 125 CC, Supra X 125 FI akan lebih hemat karena debit bensin yang dikeluarkan oleh injektor pada hitungan satu menitnya lebih sedikit daripada Vario 125 yang menggunakan injektor khusus untuk Honda 125 CC yang mengeluarkan debit bensin lebih banyak. Selain dari perbedaan injektor, kontrol transmisi pada tarikan gas dan adanya rem mesin membuat bensin pada motor manual lebih irit ketimbang motor matic.



Memilih Tipe Motor yang Sesuai Kebutuhan

Dalam menentukan pilihan motor, perlu untuk menganalisa kebutuhan yang menjadi prioritas. Motor matic akan lebih nyaman digunakan di jalanan perkotaan yang ramai dan padat, karena transmisi CVT yang otomatis akan memberikan fleksibilitas dalam berakselerasi di jalanan padat. Sedangkan motor manual akan memberikan performa yang maksimal dengan mudah melalui transmisi manualnya. Transmisi manual membuat pengendara memiliki full control untuk mencari speed yang diinginkan. Selain itu, perjalanan jauh juga akan terasa lebih bertenaga jika menggunakan motor manual. Dengan beberapa alasan tersebut, memilih kendaraan sangat penting untuk berlandaskan pada kebutuhan yang sudah teranalisa dengan baik.

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI