Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Sumber Penulisan

Daftar Isi

Motor Keluar Asap Saat Distarter, Apa Sebabnya?



Saat Distarter Motor Keluar Asap, Normal?

Motor yang digunakan rutin setiap hari pasti akan memberikan dampak bagi mesin yang membutuhkan perawatan dan perbaikan. Dampak ini bukan berarti buruk, namun memang sudah seharusnya untuk mengoptimasi mesin dengan mengganti oli dan pembersihan ruang injeksi dengan rutin terjadwal.

Perihal tentang mengganti oli, motor diharuskan untuk rutin menguras oli dan menggunakan yang baru tiap dua bulan sekali atau per 2000 kilometer. Jika jarak motor sudah melewati batas tersebut dan oli masih belum diganti, maka mesin bisa alami hilang kompresi atau kesulitan untuk distarter.

Tambah lagi motor bisa mengalami masalah lain, jika perawatan tidak dilakukan dengan rutin. Contohnya, starter tetap mudah namun sering mengeluarkan asap di awal-awal. Masalah ini sebenarnya normal jika penyebabnya hanya karena adanya embun atau sisa karbon yang berada di leher atau kepala knalpot.

Namun jika kondisi ini terjadi dengan rutin dan berdurasi beberapa menit, maka pemeriksaan lanjutan di ruang bakar perlu untuk dilakukan. Karna hal tersebut bukan perihal yang normal.


Sebab Abnormal dari Asap Keluar Saat Distarter

Embun yang ada akan sebabkan keluarnya asap saat motor distarter awal-awal, itu hal yang normal. Selanjutnya berikut ini adalah sebab-sebab lain jika asap yang keluar berdurasi beberapa menit saat distarter awal:

  • Komponen karet seal yang getas dan sebabkan keretakan. Hal ini timbulkan oli yang rembes ke ruang bakar melalui keretakan tersebut.
  • Adanya masalah di mesin bagian ruang bakar dari cylinder head yang sebabkan pembakaran tidak normal.
  • Air yang mengalami rembes dari bagian gasket dan pipa water pump ke ruang bakar dan sebabkan air yang ikut menguap saat pembakaran.


Jika Dari Embun, Normal dan Jika Tidak Berarti Abnormal

Ungkap dari eks Kepala Bengkel AHASS Nusantara Sakti Slipi, Bachrul Hanafi mengungkapkan perihal yang sama "Jika dari embun, harusnya asap itu hanya keluar beberapa detik. Namun jika keluar hingga beberapa menit, maka hampir bisa dipastikan itu adalah gejala dari seal yang bocor. Biasanya terjadi dari sisa oli yang menggenang di cylinder head dan oli mengalir dari bocornya seal saat malam/sore hari setelah motor digunakan. Maka dari itu keluarnya asap di pagi hari atau setiap motor akan dihidupkan setelah diistirahatkan."

Dengan beberapa pernyataan ini, asap yang keluar saat motor distarter bisa berarti normal dan tidak. Jika dari embun maka itu artinya normal. Namun jika tidak, maka bisa disebabkan oleh seal yang sebabkan oli mengalir ke ruang bakar, cylinder head yang bermasalah, atau rembesnya air lewat gasket yang bocor ke ruang bakar.

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI