Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Motor Hilang Kompresi, Komponen Ring Piston (Ring Kompresi) Jadi Penyebab




Tenaga Motor Dipengaruhi Rasio Kompresi

Motor harus menghasilkan tenaga untuk membuat fungsinya dapat berfungsi dengan baik. Untuk menghasilkan tenaga, dibutuhkan rasio kompresi bahan bakar yang tepat pada proses pembakaran bahan bakar di ruang bakar. Rasio kompresi adalah perbandingan campuran antara bahan bakar dengan udara yang dikeluarkan oleh Klep In di ruang pembakaran. Untuk mengahasilkan tenaga pada motor dibutuhkan fungsi kerja sebagai berikut:

  1. Piston akan menarik udara dan bahan bakar
  2. Piston memadatkan bahan bakar dan udara supaya mudah terbakar
  3. Setelah dipadatkan dan menemui TMA (Titik Mati Atas), bahan bakar akan meledak dari sulutan api busi
  4. Efek dari ledakan itu, mengakibatkan piston bergerak dari TMA ke TMB (Titik Mati Bawah)
  5. Dengan hasil ledakan ini, daya putar akan diteruskan menuju CVT (penggerak roda)

Korelasi antara rasio kompresi yang mempengaruhi hasil tenaga adalah semakin besar rasio volume bahan bakar yang dikeluarkan, maka tenaga akan keluar lebih besar. Sehingga, jika terjadi masalah hilang rasio kompresi akan menyebabkan hilangnya tenaga yang dihasilkan motor.



Penyebab Hilangnya Kompresi

Umumnya, masalah yang terjadi pada hilangnya kompresi adalah karna adanya keausan pada ring kompresi (susunan bagian dari ring piston). Yang tejadi jika ring kompresi aus adalah bahan bakar justru merembes lewat keausan ring piston dan fungsi pemadatan untuk pembakaran tidak berjalan.

Senada dengan hal ini eks Kepala AHASS Nusantara Sakti Slipi Bachrul Hanafi mengungkapkan "Karena bahan bakar sudah rembes dulu lewat ring kompresi (susunan bagian dari ring piston), membuat motor hilang kompresi dan hilang tenaga."

Jika hal ini terus dibiarkan, masalah lebih besar dapat terjadi pada motor. Mulai dari rembes dari bahan bakar menuju oli yang menyebabkan oli menjadi encer. Jika masalah ini juga tidak terdeteksi, oli yang encer tidak dapat berfungsi sebagai pelumas mesin dan justru menyebabkan pengikisan parts yang dilumasi.



Final Thoughts

Untuk mendapatkan tenaga motor yang tetap maksimal, diperlukan penjagaan rasio kompresi yang berfungsi. Jika motor hilang kompresi, maka tenaga motor tidak akan keluar.

Jika terindikasi motor kehilangan kompresi, umumnya terjadi keausan pada ring kompresi (termasuk pada bagian ring piston). Keausan ini menyebabkan bahan bakar rembes dan fungsi pemadatan untuk pembakaran tidak berjalan.

Melakukan service dan pengecekan rutin menjadi hal yang wajib dilakukan pemiliki kendaraan motor. Karena masalah hilangnya kompresi dapat merembet ke masalah lain yaitu, pengikisan parts oleh oli yang tercampur bahan bakar karena keausan ring piston.




Kabari Saya

Untuk penawaran dan promosi terbaru dari KlikNSS




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI