Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Sumber Penulisan

Daftar Isi

Mesin Vario 125 Bunyi Tek-tek (Kasar) Saat Posisi Idle



Sekilas Mengenai Mesin Vario 125

Honda Vario 125 adalah unit yang dirilis dengan segmentasi untuk digunakan pada jalanan perkotaan yang menuntut fleksibilitas dan kecepatan. Lewat kapasitas mesin 125 CC-nya, Honda Vario 125 dapat menghasilkan tenaga 10,9 dk di 8500 RPM dan torsi puncak mencapai 10,8 Nm di 5000 RPM. Dengan tingginya tenaga dan torsi puncak ini, Vario 125 dapat memberikan fleksibilitas dan kecepatan yang mumpuni untuk fungsinya sebagai motor matic perkotaan.

Ditambah dengan teknologi PGM-FI, Honda Vario 125 telah menggunakan sistem injeksi untuk berfungsi sebagai menyemburkan volume bahan bakar dengan lebih statis di ruang bakar agar konsumsinya hemat. Selain itu, Vario 125 juga sudah menggunakan teknologi eSP dan ACG Starter yang berfungsi menghematkan konsumsi bahan bakar hingga 51,7 km/liter serta membuat motor lebih halus dalam penyalaan mesin.


Penyebab Mesin Vario 125 Bunyi Tek-tek Saat Posisi Idle

Beberapa waktu lalu, terdengar mengenai informasi mesin Vario 125 bunyi tek-tek atau kasar saat posisi idle. Suara tek-tek yang muncul pada motor Vario 125 ini masih perlu untuk diidentifikasi penyebabnya terlebih dahulu. 

Pertama, mesin Vario 125 bunyi tek-tek dapat berasal dari kerusakan (keausan) piece slide pada bagian CVT. Jika memang piece slide yang alami kerusakan, maka penggantian perlu dilakukan.

Kedua, penyebab dari mesin Vario 125 bunyi tek-tek dapat berasal dari roller yang aus pada drive face CVT. Jika memang roller ini aus maka penggantian harus dilakukan.

Ketiga, masalah pada lemahnya peer (pegas) di dalam tensioner starter dapat sebabkan mesin Vario 125 bunyi tek-tek. Peer dalam tensioner starter yang sudah lemah, memerlukan untuk penggantian tensioner secara keseluruhan.

Penyebab terakhir yang dapat sebabkan mesin Vario 125 bunyi tek-tek adalah masalah celah klep yang sudah lebih longgar akibat keausan. Hal ini menyebabkan gerakan piston tidak rapat dan sebabkan munculnya bunyi tek-tek.


Pencegahan dan Perbaikan yang Perlu Dilakukan

Tidak melewatkan jadwal service rutin adalah kunci utama mesin Vario 125 terhindar dari bunyi tek-tek (kasar). Penggantian oli per 2000 km atau penggantian dalam 2 bulan sekali juga akan menghindarkan celah klep yang aus dan membuat kelonggaran.

Ganti oli dan pembersihan CVT menjadi poin pencegahan yang penting, hal ini senada dengan ungkapan "Mengganti oli per 2000 km dan pembersihan CVT adalah penting. Karna sebab utamanya sering muncul dari piece slide yang sudah rusak atau celah klep longgar akibat oli tidak segera diganti/kehabisan. Sama satu lagi itu, lemahnya peer di tensioner," ujar dari eks Kepala Bengkel Nusantara Sakti Slipi, Bachrul Hanafi.

Pada area CVT, pembersihan dengan part cleaner dan grease ulang adalah hal yang perlu dilakukan ketika melakukan service rutin. Terakhir sebagai penutup, sebab masalah utama dari mesin Vario 125 bunyi tek-tek adalah berasal dari piece slide yang sudah rusak, terdapat kelonggaran pada celah klep, atau berasal dari peer tensioner yang sudah lemah.

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI