Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Sumber Penulisan

Daftar Isi

Mesin Scoopy Cepat Panas, Apa yang Bermasalah?



Scoopy yang Menjadi Pilihan Skuter Masyarakat

Banyak motor matic dari rilisan Honda menjadi favorit pilihan untuk penggunaan transportasi sehari-hari. Dengan memiliki tingkat peminat yang tinggi, membuat Honda juga berkomitmen untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keperluan transportasi roda dua masyarakat. Dapat dilihat dari banyaknya varian tipe motor matic Honda mulai dari Scoopy hingga PCX 160, Honda memang berkomitmen untuk memberikan produk bervariasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Dari banyaknya varian motor Honda ini, Scoopy memiliki minat yang tinggi. Dikarenakan oleh gaya livery yang unik dengan perpaduan retro dan modern, Scoopy sukses memikat untuk menjadi pilihan alat transportasi roda dua masyarakat. Honda Scoopy memiliki kapasitas mesin 110 CC yang cocok untuk digunakan sebagai kendaraan roda dua yang fleksibel untuk area perkotaan dan jarak dekat. Senada dengan perihal ini, Scoopy sukses menjadi motor yang mudah untuk ditemui di jalanan karena fungsi yang compatible dan gaya yang catchy. Dengan ini membuktikan pula jika Honda Scoopy memang cocok dan nyaman untuk digunakan sehari-hari sebagai alat transportasi perkotaan dan jarak dekat.


Masalah Mesin Scoopy Cepat Panas

Sejatinya motor yang digunakan rutin setiap hari, lumrah untuk bakal membutuhkan perawatan yang rutin dan terjadwal. Sama halnya dengan Honda Scoopy yang digunakan setiap hari dan terus menerus, maka perawatan rutin perlu dilakukan. Salah satu perawatan yang harus dilakukan adalah penggantian rutin oli setiap 2 bulan atau per 2000 km. 

Terkait masalah mesin Scoopy yang cepat panas, salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah penggantian oli yang rutin 2 bulan sekali atau per 2000 km. Namun selain dari penggantian oli masih terdapat berbagai perawatan lainnya, seperti:

  • Membersihkan saringan oli dengan kompresor angin setiap penggantian oli mesin
  • Membersihkan area CVT dengan part cleaner dan grease ulang setiap selesai pembersihan
  • Membersihkan area throttle body dan ruang pembakaran dengan injector cleaner 
  • Menjaga sirip crankcase mesin tidak patah karna berfungsi sebagai salah satu sistem pendingin mesin

Terakhir jika masalah mesin Scoopy masih cepat panas walau oli sudah rutin diganti dan bentuk perawatan lain sudah dilakukan, masalahnya biasa timbul dari pompa oli yang aus karena hasil saringan oli yang tidak bersih.

Eks Kepala Bengkel AHASS Nusantara Sakti Slipi, Bachrul Hanafi juga mengatakan "Pompa oli yang aus adalah sebab terakhir jika penggantian oli sudah rutin tapi mesin Scoopy masih cepat panas." Dengan sebab keausan pada pompa oli, maka jalan perbaikan yang dapat dilakukan hanya penggantian pompa oli mesin Scoopy.


Final Thoughts

Merawat motor dengan perawatan service rutin yang sesuai jadwal, mesin akan terjaga keoptimalan fungsinya. Sama halnya dengan masalah motor Honda Scoopy yang cepat panas. Perawatan berupa penggantian oli 2 bulan sekali atau per 2000 km perlu dijaga. Karena jika penggantian oli tidak dilakukan sesuai jadwal, maka saringan oli juga akan kotor dan berdampak pada pompa oli yang aus. Jika urutan masalah ini terjadi, maka mesin Scoopy akan cepat panas bahkan tidak dapat dinyalakan.

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI