Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Mesin Honda PCX 160 Pecah, Sebenarnya Disebabkan Apa



PCX 160, Motor dengan Big Appearance 160 CC

Sesuai nama dari Honda PCX 160, dapat terlihat jika motor ini menggunakan kapasitas mesin 160 CC. Dengan kapasitas mesin yang mengalami upgrade dari awalnya yang berkapasitas 125 dan 150 CC, Honda PCX 160 merupakan motor yang sudah dalam bentuk upgrade dari seri sebelumnya. 

Selain mengalami upgrade pada bagian kapasitas mesin, Honda PCX 160 juga mengalami facelift pada bagian body. Dapat dilihat dari bagian depan, samping, dan belakang, motor Honda PCX 160 mengalami perubahan dan pembaruan. Lalu maksud dari 'big appearance' pada PCX 160 adalah motor ini menggunakan gaya livery ala moge (motor gede). Terlihat dengan gagah dan ekslusif adalah pendekatan yang dilakukan Honda PCX 160 untuk menarik ketertarikan para pecinta otomotif roda dua.


Mesin Honda PCX 160 Pecah, Apa Penyebabnya

Terdapat beberapa masalah yang muncul terkait mengenai mesin Honda PCX 160. Setelah mendapati masalah ini, dan munculnya masalah ini ternyata didapati pula oleh beberapa pemilik PCX 160 lainnya. Sejatinya masalah ini dikarenakan oleh beberapa faktor. Salah satu faktor penyebab mesin Honda PCX 160 pecah adalah kecepatan pengemudi yang terlalu cepat ketika melintasi lubang dan jalanan yang rusak. 

Eks Kepala Bengkel AHASS Nusantara Sakti Slipi, Bachrul Hanafi menginfokan "Ya mesin PCX pecah itu memang karena ground clearance yang terlalu rendah, oleh sebab itu diperlukan kehati-hatian saat melewati lubang. Lalu, bisa juga ditambahkan pakai shield pada mesin (crankcase) agar lebih aman."

Build-in dari Honda PCX 160 memiliki ground clearance (jarak mesin dengan tanah) 137 mm. Dari ground clearance ini, pengemudi juga harus memperhatikan kecepatan untuk mencegah terjadinya benturan mesin dengan tanah jika melintasi lubang maupun speedtrap. Selain itu disarankan pula untuk memasang shield tambahan pada mesin (crankcase) untuk mencegah terjadinya mesin PCX pecah karena benturan.


Final Thoughts

Dengan didapatinya masalah ini maka saran dan rekomendasi yang diberikan pada pemilik PCX 160 adalah memasang shield pada mesin (crankcase). Selain itu pengemudi disarankan untuk melambatkan kecepatannya ketika melintasi lubang, speedtrap, maupun jalan yang rusak. Mengenai ground clearance sebesar 137 mm, Honda PCX 160 memang membentuk motor ini untuk bisa mendapati kecepatan mumpuni dan handling yang nyaman.

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI