Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Mesin Honda Genio dan Scoopy Sama, Kelistrikan yang Berbeda



Potongan Angsuran Hingga 9 Bulan

*Khusus Jakarta – Tangerang

Cek Promo

Lokasi Dealer Nusantara Sakti (NSS)

*Tersebar di 27 Provinsi Indonesia

Cek Detail Kota

Mesin yang Sama Pada Honda Genio dan Scoopy

Sering muncul pembicaraan mengenai perbedaan maupun kesamaan antara Honda Genio dan Scoopy. Kedua motor ini memiliki livery yang hampir mirip, dengan Scoopy yang lebih condong kepada gaya retro atau klasik, sedangkan Genio lebih bergaya sporty. 


Scoopy dan Genio memiliki kesamaan pada spesifikasi kapasitas mesin 110 CC dengan teknologi eSP-nya. Jika menggunakan parameter kesamaan dari mesin, kedua motor ini bisa dibilang ‘totally same’ atau kembar identik melalui kapasitas mesin 110 CC, besaran torsi, dan daya maksimumnya. 


Namun jika dua motor ini diuji secara langsung secara bersamaan, bisa jadi terdapat perbedaan tentang kemungkinan adanya salah satu motor yang lebih cepat atau yang lebih irit. Hal ini tentu dipengaruhi beberapa hal dan bukan hanya tentang kemampuan mesin keduanya, seperti perbedaan berat Honda Genio dan Scoopy.



3 Motor Berbeda, Pakai Spareparts yang Sama

Dalam berbagai kesamaan spesifikasi mesin antara Honda Genio dan Scoopy, hal ini pasti diikuti dengan samanya spareparts yang dapat digunakan pada kedua motor ini sekaligus. Selain kedua motor tersebut, masih terdapat satu motor lain yang memiliki kesamaan dengan Genio dan Scoopy. 


Honda BeAT adalah satu motor lain yang memiliki kesamaan mesin dengan Scoopy dan Genio. Yang diuntungkan oleh pemilik dari ketiga motor ini adalah kemudahan untuk memperoleh sparepart, karena Genio, Scoopy, dan BeAT dapat menggunakan sparepart dari salah satu motor tersebut, jika sparepart yang sesuai sedang tidak tersedia.



Buat Pesanan Langsung

*Tersedia Tipe CBS & CBS-ISS

Perbedaan Pada Kelistrikan

Membahas tentang kesamaan yang ada pada Genio dan Scoopy, jawaban yang tepat adalah kesamaan pada spesifikasi mesin. Sedangkan perbedaan yang ada dari Genio dan Scoopy selain dari livery dan bobot motor, ada pada sistem kelistrikan keduanya. 


Seperti diketahui, Honda Genio hanya menggunakan LED Headlight, sedangkan Scoopy menggunakan Projie (Proyektor) Headlight yang menyebabkan sistem data pada ECM dan jaringan kelistrikan keduanya berbeda. Dengan sistem kelistrikan yang berbeda, unit ECU/ECM Scoopy tidak bisa digunakan pada Genio, maupun sebaliknya. Selanjutnya adalah jaringan kabel Scoopy juga tidak bisa jika digunakan pada Genio, maupun sebaliknya.



Antara Genio dan Scoopy, Mana yang Lebih Baik?

Setelah mengetahui kesamaan dan perbedaan Genio dan Scoopy, maka pembahasan mengenai mana yang lebih baik akan muncul. Perbedaan lainnya yang mungkin dapat menjadi bahan pertimbangan adalah Scoopy memiliki Smart Key System yang tidak dimiliki Honda Genio. 


Untuk menambah keamanan dari motor, maka Smart Key System menjadi poin yang membuat Scoopy lebih unggul. Namun terlepas dari fitur Smart Key System, Honda Genio memiliki potensi untuk menjadi motor yang lebih cepat karena perbedaan berat sekitar 1 kilogram lebih ringan ketimbang Scoopy yang membuat Honda Genio mungkin menjadi lebih baik. Sehingga untuk menarik kesimpulan mengenai mana yang lebih baik antara Genio dan Scoopy, jawabannya adalah tergantung dari kebutuhan pengemudi.

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI