Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Mesin BeAT Bunyi Nging, Ada Kerusakan Apa



Mesin Motor Memunculkan Suara Tertentu Sesuai Kerusakannya

Dengan berbagai parts yang menjadi pembentuk mesin, membuat berbagai kerusakan yang terjadi pada parts motor dapat memunculkan berbagai tanda yang berbeda. Mulai dari munculnya suara tertentu hingga rasa berkendara yang tidak semestinya, dapat menjadi tanda kerusakan pada parts tertentu.


Terkhusus untuk suara yang muncul, berbagai suara dapat muncul sesuai dengan kerusakan yang terjadi. Terdapat suara yang aneh yang muncul seperti suara kasar berbunyi tek-tek, gemricik, nging, dan lain sebagainya. Dengan suara yang bermunculan juga beragam, maka pemilik harus memahami suara yang muncul tersebut dari mana.


Seputar Penyebab Mesin BeAT Bunyi 'Nging'

Dengan beberapa suara yang mungkin dapat dimunculkan, maka diperlukan pengecekan dan pemeriksaan yang tepat. Hal ini untuk menghindari salah diagnosa dan perbaikan yang tidak tepat.

Untuk mesin BeAT bunyi 'nging' terdapat kerusakan parts yang menyebabkan. Kerusakan yang terjadi ini biasanya akan terjadi ketika motor sudah masuk pada tahun kelima. Jarang sekali ditemukan kerusakan Honda BeAT yang berbunyi 'nging' pada tahun awal. Selain itu, kerusakan mesin BeAT bunyi 'nging' ini juga hanya ditemukan pada keluaran BeAT tahun awal (generasi pertama).

Jika masuk pada penyebab bunyi 'nging' pada mesin BeAT adalah berasal dari plat penahan kampas ganda yang sudah tidak lagi kencang. Dikarenakan plat penahan kampas ganda ini tidak lagi kencang, sehingga terjadi oblak yang memunculkan bunyi 'nging' pada mesin BeAT.


Perbaikan yang Perlu Dilakukan

Diungkapkan oleh eks Kepala Bengkel Nusantara Sakti Slipi, Bachrul Hanafi "Mesin BeAT bunyi nging disebabkan plat penahan kampas ganda yang sudah tidak kencang karna pemakaian. Plat tersebut akan oblak dan meinimbulkan bunyi nging. Perbaikannya simple tinggal diganti saja dengan yang baru dengan kode part 22361K44V01 yang harganya sekitar 10 ribu."

Mesin BeAT bunyi 'nging' memiliki perbaikan yang cukup sederhana. Bahkan biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Perbaikan yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bunyi 'nging' pada mesin BeAT adalah mengganti plat penahan kampas ganda tersebut. Karena perbaikan yang sederhana, maka pemilik perlu menjaga dan mencegah kerusakan ini terjadi. Plat penahan kampas ganda Honda BeAT dapat diganti ketika menyentuh tahun kedua pemakaian motor.

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI