Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Menghitung Kapan Harus Ganti Oli Motor


Akibat Telat Ganti Oli Motor, Bahaya

Oli motor merupakan salah satu bagian yang vital yang harus dijaga. Oli motor berperan penting dalam menjaga performa sepeda motor serta menjaga keausan dari sparepart motor.  
Maka dari itu oli motor sangat perlu untuk dilakukan pergantian secara rutin untuk mencegah dampak yang bisa merusak suku cadang motor. Lakukan pergantian oli motor secara rutin agar menjaga daya tahan dan umur dari sparepart motor anda.

Berikut bahaya akibat telat ganti oli motor :

1. Penurunan Performa Mesin
Dampak pertama yang pasti dirasakan langsung adalah adanya penurunan performa pada kinerja mesin. Penurunan performa mesin ini akan membuat performa sepeda motor Anda akan kurang baik. Hal yang paling sering dirasakan adalah mesin motor akan terdengar berat, selain itu kecepatan maksimal dan akselerasi pada motor juga terasa melemah.

2. Pemakaian Bahan Bakar Menjadi Berlebih
Karena performa mesin mengalami penurunan, maka proses pembakaran pun menjadi tidak normal. Hal ini membuat konsumsi bahan bakar (BBM) pada sepeda motor Anda akan semakin boros, namun tidak menghasilkan performa seperti yang seharusnya.

3. Overheating
Selain memiliki fungsi sebagai pelumas, oli pada sepeda motor juga berfungsi sebagai pendingin pada mesin saat berkendara. Pada saat mesin menyala sepeda motor Anda akan menghasilkan panas. Dengan adanya oli dapat membantu menurunkan panas yang berasal dari pembakaran pada ruang mesin. Kemampuan oli untuk mendinginkan panas mesin juga akan terus berkurang sesuai dengan usia oli. Oleh karena itu kita perlu mengganti oli motor kita secara rutin untuk menghindari overheat pada mesin.

4. Mati mesin
Ketika volume oli pada ruang mesin semakin berkurang, sepeda motor memiliki kemungkinan akan mati sendiri saat tengah digunakan. Mati mesin motor ini terjadi karena piston pada mesin motor tidak bisa bergerak akibat kekurangan oli. Parahnya lagi, jika Anda mengalami hal seperti ini, motor akan sulit untuk bisa bergerak karena ban berada dalam kondisi terkunci.

5. Turun mesin
Hal yang paling fatal adalah terjadi turun mesin. Tidak hanya kerusakan pada mesin motor, sparepart motor lain yang juga turut rusak jika telat ganti oli motor.

Menghitung Kapan Ganti Oli Pada Motor

Waktu ideal untuk mengganti oli adalah ketika motor tersebut sudah mencapai jarak 2.500 hingga 3.000 km. Penghitungan ini dimulai saat pemilik kendaraan mengganti oli pada periode sebelumnya.

Bagaimana jika kendaraan tersebut jarang digunakan? Apakah pemilik motor harus menunggu untuk mendapatkan jarak tempuh ideal?

Oli motor harus tetap diganti setelah 6 bulan, terhitung sejak pertama kali oli tersebut masuk ke mesin motor. Hal ini terjadi karena oli mesin sudah bercampur dengan partikel lain yang mungkin terbawa dan masuk ke mesin motor secara tidak sengaja.

Tadi adalah waktu yang ideal untuk menghitung kapan waktunya ganti oli pada motor Anda.

KlikNSS tidak pernah bosan untuk terus mengingatkan dan menghimbau kepda seluruh konsumen pengguna motor Honda untuk melakukan service sepeda motor Honda secara berkala di AHASS. Hal ini dilakukan agar konsumen selalu terhindar dari maraknya oli dan sparepart motor Honda yang palsu di pasaran, mendapat jaminan kepastian akan oli dan sparepart motor Honda yang resmi. Dengan melakukan service di AHASS, sepeda motor Anda secara langsung di service oleh mekanik yang telah tersertifikasi dan layanan berkualitas serta sepenuh hati.

Jika anda ingin membeli sepeda motor Honda, anda dapat mencari di website kami di www.kliknss.co.id/motor. Jika anda mengalami kesulitan dalam mendapatkan atau mencari sparepart motor Honda , anda dapat mengunjungi www.kliknss.co.id dan anda dapat masuk ke www.kliknss.co.id/sparepart untuk mencari sparepart motor Honda yang anda butuhkan dan anda inginkan.

Tidak hanya sparepart motor Honda yang kami sediakan untuk anda, kami juga menyediakan produk-produk lain seperti Oli Pertamina, Oli Federal, Ban FDR, dan Produk Indopart. Semua bisa anda dapatkan di Kliknss.co.id dan dapatkan promo menarik dari kami.

Link Tautan : www.kliknss.co.id/


Kabari Saya

Untuk penawaran dan promosi terbaru dari KlikNSS




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI