Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Sumber Penulisan

Daftar Isi

Mengenal Oli Pertamina, Oli Mesran, dan Oli Fastron



Tidak diragukan lagi, pasti sudah kita sudah sangat mengenal merk Oli Pertamina. Brand Oli Pertamina yang identik dengan warna merah ini merupakan perusahaan yang sangat besar terutama di bidang penyediaan SPBU di seluruh Indonesia.
 
Selain sebagai distributor BBM, Pertamina juga memproduksi oli atau pelumas di bawah PT Pertamina Lubricants dan kualitasnya juga tidak perlu diragukan lagi.



Tentang Jenis Oli Pertamina

Oli Pertamina memiliki banyak jenis dan kegunaan yang sangat bermanfaat dengan performa yang baik. Tidak hanya menyediakan oli mesin untuk kebutuhan mesin bensin ataupun diesel, Pertamina juga menyediakan pelumas untuk komponen-komponen mesin penggerak, seperti pada mobil matic yang membutuhkan pelumas khusus. Untuk lebih jelasnya, berikut jenis produk oli atau pelumas yang disediakan Pertamina.

1. Oli Mesin

Oli mesin sudah pasti menjadi salah satu bagian yang menjadi perhatian oleh pemilik kendaraan karena berpengaruh langsung terhadap performa mesin. Tanpa adanya oli pada mesin, akan membuat komponen-komponen pada mesin kendaraan kita menjadi aus dan mudah panas. Oleh karena itu peranan oli sangatlah vital dalam kerja mesin. Produk Pertamina untuk oli mesin terbagi atas beberapa variasi, namun bisa dibagi menjadi 3 jenis yaitu oli mineral, oli semi sintetis dan oli sintetis. Dan berikut adalah masing-masing deskripsi dari oli tersebut:

  1. Oli Mineral, berasal dari bahan alami, merupakan minyak mentah yang diolah yang diambil secara langsung dari bumi. Oli ini memiliki kekentalan yang cukup tinggi sehingga banyak digunakan pada mesin diesel dan bensin yang dibuat pada tahun 2000-an ke bawah. Contoh dari produk Pertamina ini antara lain Mesran SAE 10W, 20W, 30, 40, 50, Mesran Super SAE 20W-50, Meditran SX. Prima XP SAE 20W – 50, dan Prima X’Treme 10W-30.
  2. Oli Semi Sintetis, pada dasarnya terbuat dari oli mineral yang sudah ditambahkan bahan aditif yang cocok digunakan untuk mesin yang memiliki performa sedang seperti mobil angkut penumpang dan sepeda motor. Produk oli Pertamina semi sintetis ini contohnya Pertamina Enduro 4T SAE 10W-40 dan Fastron Semi Synthetic SAE 20W-50.
  3. Oli Sintetis, terbuat dari campuran buatan bahan sintetis. Berbeda dengan oli mineral, karakter oli sintetis lebih cair dan bisa diatur sesuai dengan kebutuhan, sehingga cocok dipakai pada mobil modern, mobil sport hingga motor balap. Produk oli Pertamina sintetis diantaranya seri Fastron Gold, seri Fastron Platinum dan seri Fastron Techno.

2. Oli Transmisi Matic

Pertamina ATF adalah pelumas pemindah tenaga bermutu tinggi untuk kendaraan-kendaraan yang menggunakan transmisi otomatis. Produk ini memberikan pelumasan yang efektif untuk menjaga dan memelihara rangkaian gigi matic dari kehausan serta dapat melindungi dari suhu panas yang meningkat.

Jenis Oli Pertamina ATF juga memiliki sistem aditif khusus dan lengkap agar dapat memberikan friksi yang tepat dan perpindahan gigi yang halus. Keisntimewaan lainnya adalah sudah diformulasikan untuk kendaraan transmisi otomatis konvensional pada mobil- mobil seperti sedan, Sport Utility Vehicle (SUV), dan Multi-Purpose Vehicle (MPV) yang melaju di daerah iklim tropis.

3. Oli Gardan

Oli gardan Pertamina merupakan Oli yang berkemampuan tinggi yang diformulasikan khusus dari bahan dasar yang bermutu tinggi, dengan campuran bahan aditif Extreme Pressure dari jenis sulphur phosphorus yaitu anglamol. Karena gardan adalah komponen penting yang terletak di as roda dan terdapat pada kendaraan berpenggerak roda belakang, maka untuk melindungi performa gardan tersebut, Pertamina menghadirkan Rored EPA 140. Sekarang, mari kita mengenal produk dari PT. Pertamina Lubricants, yakni Oli Mesran dan Oli Fastron


Mengenai Oli Mesran

Pertamina memiliki dua produk andalan oli yang diberi nama produk Oli Fastron dan Oli Mesran. Untuk Oli Mesran, didesain memiliki viskositas tinggi dan tambahan bahan aditif yang cocok digunakan sebagai pelumas kendaraan berbahan bakar bensin. Oli Mesran ini juga telah memenuhi persyaratan dari API SE/CC. 

Penggunaan Oli Mesran 40 dan 50 disesuaikan untuk jenis kendaraan yang mensyaratkan kinerja API SE dan API CC. Sementara itu untuk Oli Mesran 10W, Oli Mesran 20W, dan Oli Mesran 30W memiliki bahan deterjen, dispersan, dan anti-wear yang stabil.

Untuk Oli Mesran Super SAE 20W-50, sangat cocok diperuntukan pada sepeda motor yang di produksi tahun 1990-an dan memiliki sistem transmisi motor 2 tak.


Berbagai Produk Oli Fastron

Selanjutnya adalah produk oli Pertamina andalan lainnya yaitu Oli Fastron GoldTipe produk oli ini menggunakan bahan full sintetis premium dengan campuran bahan aditif yang terpilih untuk meningkatkan performa kerja mesin, perlindungan terhadap sparepart kendaran, serta penghematan bahan bakar. Oli Fastron Gold ini memiliki kekentalan ganda yang stabil. Kekentalan yang stabil ini membuat oli tidak mudah menguap, sehingga oli tidak akan cepat habis dan suku cadang Anda dapat terlindungi. Nama produk tipe ini adalah Fastron Gold SAE 0W-20, 0W-40, 5W-30.

Fastron Gold ini cocok untuk mobil modern atau kendaraan generasi terbaru. Fastron SAE 5W-40 direkomendasikan untuk mobil seperti BMW, VW, Mercedes Benz, dan Porsche karena telah melalui spesifikasi ketat OEM.

Tipe lain dari Oli Fastron Gold SAE 0W-20, 0W-40, 5W-30 adalah tipe produk Fastron Techno SAE 15W-50, 10W-40, 10W-30Oli Fastron Techno ini juga merupakan oli dengan bahan dasar oli sintetis dan campuran bahan aditif berkualitas tingggi. Oli Fastron Techno telah memenuhi tingkatan mutu API SN. Oli Pertamina seri ini juga memiliki kekentalan ganda yang stabil sehingga tahan terhadap oksidasi dan suhu tinggi. Tingkat penguapan oli yang rendah membuat pemakaian oli ini jauh lebih irit. Oli jenis ini direkomendasikan untuk mobil bensin modern yang telah dilengkapi sistem direct injection dan multikatup.


Oli Pertamina dengan Harga Terbaik di KlikNSS

Kini kita telah mengetahui jenis Oli Mesran dan Oli Fastron yang ditawarkan Pertamina, untuk memudahkan pembelian, anda dapat memesan produk Oli Pertamina ini di website resmi kami sekaligus mendapatkan promo menarik. Banyak promo dan potongan harga di KlikNSS bagi para pelanggan baik baru maupun pelanggan setia yang selalu membeli di tempat kami. Jika anda berminat untuk mencari oli pertamina, silahkan anda bisa klik pada link Tokopedia KlikNSS Official Store atau Shopee.

Buka Toko Parts Mulai 5 Juta

KlikNSS Distributor AHM Hingga Indoparts

Cari Parts yang 100% Ori?

Kunjungi eCommerce KlikNSS

Kabari Saya

Untuk penawaran dan promosi terbaru dari KlikNSS

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI