Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Daftar Isi

Mengenal Lebih Dalam Jenis-jenis Oli Pertamina



Tidak hanya BBM, perusahaan plat merah PT Pertamina (Persero) juga menyediakan paket lengkap pelumas kendaraan. Seperti yang kita tahu, pelumas kendaraan atau oli merupakan hal yang sangat dibutuhkan bagi kinerja dan performa kendaraan yang kita miliki, terutama jika hal tersebut menyangkut keausan sparepart motor kita. Di pasaran kini kita bisa menemukan banyak jenis oli Pertamina ini dan kita juga bisa mendapatkan oli ini dengan mudah. Untuk itu, mari kita lebih mengenal jenis-jenis dari oli pertamina ini.

Jenis Oli Pertamina

Oli Pertamina memiliki banyak jenis dan kegunaan yang sangat bermanfaat dengan performa yang baik. Tidak hanya menyediakan oli mesin untuk kebutuhan mesin bensin ataupun diesel, Pertamina juga menyediakan pelumas untuk komponen-komponen mesin penggerak, seperti pada mobil matic yang membutuhkan pelumas khusus. Untuk lebih jelasnya, berikut jenis produk oli atau pelumas yang disediakan Pertamina untuk peruntukkan oli mesin hingga oli transmisi.


1. Oli Mesin

Oli mesin sudah pasti menjadi salah satu hal yang diperhatikan oleh pemilik kendaraan karena berpengaruh langsung terhadap performa mesin. Tanpa adanya oli pada mesin, akan membuat komponen-komponen pada mesin kendaraan kita menjadi aus dan mudah panas. Oleh karena itu peranan oli sangatlah vital dalam kerja mesin. Produk Pertamina untuk oli mesin memiliki banyak macam, namun dari banyak macam yang ada dapat dibagi menjadi 3 jenis yaitu oli mineral, semi-synthetic dan fully synthetic.

a. Oli Mineral

Oli mineral ini berasal dari bahan alami, merupakan minyak mentah yang diolah yang diambil secara langsung dari bumi. Oli ini memiliki kekentalan yang cukup tinggi sehingga banyak digunakan pada mesin diesel dan bensin yang dibuat pada tahun 2000-an ke bawah. Contoh dari oli mineral Pertamina ini adalah, Mesran SAE 10W, 20W, 30, 40, 50, Mesran Super SAE 20W-50, Meditran SX, Prima XP SAE 20W – 50, dan Prima X’Treme 10W-30.

b. Oli Semi-Synthetic

Oli semi-synthetic pada dasarnya terbuat dari oli mineral yang sudah ditambahkan bahan aditif yang cocok digunakan untuk mesin yang memiliki performa sedang seperti mobil angkut penumpang dan sepeda motor. Produk oli Pertamina semi-synthetic ini contohnya, Pertamina Enduro 4T SAE 10W-40 dan Fastron Semi Synthetic SAE 20W-50.

c. Oli Synthetic

Oli Synthetic terbuat dari campuran buatan bahan sintetis. Berbeda dengan oli mineral, karakter oli synthetic lebih cair dan bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Sehingga akan lebih cocok dipakai pada mobil modern, mobil sport, hingga motor balap. Produk oli Pertamina untuk tipe synthetic terdapat seri Fastron Gold, seri Fastron Platinum, dan seri Fastron Techno.


2. Oli Transmisi Automatic

Pertamina ATF adalah pelumas pemindah tenaga bermutu tinggi untuk kendaraan-kendaraan yang menggunakan transmisi automatic konvensional. Produk ini memberikan pelumasan yang efektif untuk menjaga dan memelihara rangkaian gigi automatic dari kehausan serta dapat melindungi dari suhu panas yang meningkat.

Jenis oli Pertamina ATF juga memiliki sistem aditif khusus dan lengkap agar dapat memberikan friksi yang tepat dan perpindahan gigi yang halus. Keistimewaan lainnya adalah oli ini sudah diformulasikan untuk kendaraan transmisi otomatis konvensional pada mobil-mobil seperti sedan, Sport Utility Vehicle (SUV), dan Multi-Purpose Vehicle (MPV,) yang melaju di daerah iklim tropis.


3. Oli Gardan

Oli gardan Pertamina merupakan oli yang berkemampuan tinggi yang diformulasikan khusus dari bahan dasar yang bermutu dengan campuran bahan aditif extreme pressure dari jenis sulphur phosphorus yaitu Anglamol

Karena gardan adalah komponen penting yang terletak di as roda dan terdapat pada kendaraan berpenggerak roda belakang, maka untuk melindungi performa gardan tersebut, Pertamina menghadirkan Rored EPA 140.

Pertamina Rored EPA 140 secara khusus direkomendasikan pada pengaplikasian roda gigi bertugas sedang dan transmisi manual yang memerlukan pelumas dengan tingkat kekentalan SAE 140 dan memenuhi API GL-4. Rored EPA 140 menawarkan performance tinggi untuk mencegah keausan pada gigi, menjamin roda gigi lebih terawat, dan memastikan perpindahan roda gigi yang lebih baik.


Final Thoughts

Kini Anda telah mengetahui jenis-jenis dari produk oli yang ditawarkan Pertamina. Untuk memudahkan pembelian, Anda dapat memesan produk oli Pertamina ini di website resmi KlikNSS

Selain itu, terdapat banyak promo dan potongan harga di e-commerce resmi KlikNSS Tokopedia dan Shopee. Terakhir kami menjamin penuh, mengenai keaslian barang (sparepart/oli) yang dipasarkan melalui platform belanja kami. Oleh sebab itu Anda tidak perlu ragu untuk lakukan pembelian melalui KlikNSS.

Kabari Saya

Untuk penawaran dan promosi terbaru dari KlikNSS

Artikel Lain




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI