Mengenal Fungsi dan Gejala Kampas Ganda Pada Motor
Sebuah motor skuter matik (skutik) dilengkapi dengan komponen vital bernama kampas kopling ganda. Fungsi kampas ganda tentunya sangat penting bagi Continuosly Variable Transmission (CVT).
Terkait dengan cara kerja dan fungsi kampas ganda. Komponen ini sangat berperan penting untuk membantu motor matik, agar berjalan secara sempurna.
Lebih jelasnya, peran kampas ganda berfungsi untuk menyalurkan, sekaligus memutuskan tenaga putaran mesin dari CVT depan ke belakang. Fungsi kampas ganda menggunakan gaya sentrifugal.
Ketika gas mulai diputar maka disitu ada penambahan RPM, ini akan memperbesar gaya sentrifugal pada kampas yang semakin bergerak ke arah rumah kopling dan menekan atau terhubung dengan rumah kopling.
Saat motor matik berakselerasi atau menambah kecepatan, keduanya akan bekerja secara maksimal untuk menggerakan kendaraan, atau menyalurkan tenaga tergantung putaran mesin.
Sebagai gambaran untuk kamu terkait fungsi, kampas ganda dengan mangkok kopling sebelum digas akan renggang. Ketika mulai digas, sliding shave menekan kampas, merapat meneruskan tenaga dari putaran mesin, ke sistem transmisi CVT, sehingga roda berputar.
Sistem kopling skutik sendiri memakai tipe kering. Berbeda dengan motor transmisi manual yang memakai kopling basah.
Kopling di motor skutik pun sepatutnya tetap dalam kondisi kering. Bagi kamu pemilik motor, wajib untuk tetap menjaga area CVT tetap dalam kondisi kering, dan wajib memastikan tidak terkena kotoran oli atau debu yang berlebih, karena bisa membuat kampas slip.
Untuk itu, alangkah baiknya jika kamu rutin untuk membersihkan CVT secara berkala.