Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

Cara Membangun Usaha Keluarga dari Nol

Membangun Usaha Keluarga Dengan Benar Mulai Dari Nol






Usaha keluarga sangat banyak macamnya, ada yang bisnisnya antara ayah dan anak, ada yang suami – istri, ada yang kakak – adik, ada yang keponakan, ada saudara, banyak sekali bisnis keluarga namun sampai saat ini problemnya kira – kira sama yaitu konflik manajemen.

Memang banyak para pebisnis yang merasa gagal karena memulai usaha tanpa suatu perencanaan dan ide – ide bisnis yang matang. Memiliki bisnis yang kreatif juga ternyata tidak sulit asal mau belajar saja, banyak entrepreneur saat ini yang masih muda – muda tetapi sudah sukses untuk menjalankan bisnisnya.

Usaha keluarga harus dibangun dengan kepercayaan yang kuat, baik secara tim ataupun secara personal. Bro sis harus memiliki mental dan keberanian yang kuat untuk memulainya, walaupun itu bisnis yang terbilang masih kecil. Biasanya memang sering muncul pikiran resiko – resiko yang akan terjadi baik kegagalan atau kerugian muncul dan membuat bro sis ragu untuk memulainya.

Untuk itu berikut ini bisa bro sis pelajari dan praktikan bagaimana cara membangun usaha dari nol:


1. Melakukan riset terlebih dahulu sebelum memulai bisnis


Dalam hal ini bro sis bisa melakukan penelitian tentang ide bisnis seperti trial dan error terlebih dahulu.

2. Menentukan produk atau jasa yang akan dipilih

Setelah melakukan riset untuk mengetahui produk apa yang diminati saat ini. Kemudian untuk hasil yang maksimal, bro sis bisa menjual dengan mengembangkan produk secara unik dan berbeda dari yang lain

3. Menentukan target pasar

Bro sis harus paham betul siapa- siapa saja yang akan menjadi target pasar. Kalangan muda atau tua bahkan kalangan milenial atau kalangan anak – anak dan lain sebagainya.

4. Membuat rencana
Rancangan yang akan mengarahkan bisnis bro sis dari tahap awal terutama visi dan misi bisnis bro sis.

5. Kelola keuangan dengan baik

Mengelola keuangan dilakukan ketika akan memulai suatu bisnis adalah dengan mengelola keuangan sebaik mungkin. Hal ini bertujuan untuk memudahkan bro sis untuk lebih mengembangkan bisnis. Sebagai contoh yaitu selalu mencatat setiap transaksi penjualan, pembelian, dan sebagainya.

6. Disiplin waktu

Apapun jenis bisnis bro sis harus selalu disiplin baik dalam hal operasional, pembayaran gaji karyawan, pembayaran hutang dagang, dan lain sebagainya.

Usaha keluarga akan bisa lancar dan semakin sukses dengan menerapkan tips diatas, agar semakin baju. Dengan begitu manajemen bisnis bro sis akan tertata sehingga terhindar dari konflik bahkan hingga kebangkrutan.

Selain itu bro sis juga harus fokus dengan satu bidang usaha saja, pastikan bahwa bisnis yang telah dirintis tersebut benar –benar stabil baik dari segi modal, sumber daya manusia, bahan baku dan kebutuhan lainnya. Itulah beberapa tips yang bisa bro sis praktikan semoga bermanfaat.



Ajukan pembiayaan multiguna di KlikNSS dan dapatkan berbagai macam keuntungan seperti: limit tinggi hingga Rp 150 juta dan potongan angsuran hingga jutaan rupiah



Tags : bisnis, keluarga, membangun, nol, disiplin


Kabari Saya

Untuk penawaran dan promosi terbaru dari KlikNSS




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI