Dibuat pada:Waktu baca 10 menit
Bagikan Halaman Ini

5 (Lima) Langkah Perencanaan Keuangan Jangka Panjang








Cara membangun usaha dari nol dimulai dari perencanaan. Terutama perencanaan sisi financial nya. Jangan sampai merugi dan kehabisan modal di tengah jalan, ya kan bro sis. Berikut ini adalah langkah-langkah tahapan Perencanaan Keuangan Jangka Panjang.

Apa itu Perencanaan Keuangan Jangka Panjang

Perencanaan Keuangan Jangka Panjang itu adalah perencanaan keuangan dalam jangka waktu sekitar 10 tahun lebih. Tentunya bro sis ingin usahanya bisa tetap bertahan dalam jangka yang panjang bahkan selamanya bukan.


Tips Perencanaan Keuangan Jangka Panjang


Hitung Seluruh Pengeluaran

Pengeluaran dan seluruh biaya juga harus diketahui dan tercatat rapi bro sis. Jangan lupa hitung biaya pulsa dan biaya bensin juga, serta berbagai biaya lainnya yang dikeluarkan dalam rangka usaha. Juga termasuk biaya gaji karyawan per bulan, biaya pengiriman produk, biaya kemasan, biaya promosi dan lain sebagainya.


Hitung Seluruh Pemasukan

Apapun jenis pemasukan dari bisnis yang dijalani jangan lupa dihitung dan dicatat, ya bro sis. Lalu dari pendapatan kotor itu kurangi dengan pajak dan asuransinya atau potongan dan biaya lain jika ada, sehingga lalu bisa diperoleh jumlah total pemasukan bersih nya.


Hitung Laba atau Rugi

Lalu bandingkan antara pemasukan dengan pengeluarannya. Hal ini sangat penting dan menentukan hingga ke jangka panjang. Jika ternyata usaha yang bro sis tekuni itu rugi, dalam arti pemasukan lebih kecil dari pengeluaran maka beri target jangka waktu untuk keluar dari bisnis ini jika masih merugi, dalam masa perkenalan dan proses entri atau proses penetrasi pasar bisnis baru. Hal ini perlu guna meminimalisir kerugian tapi juga tidak terburu-buru keluar sebelum sampai pada waktu panen bisnisnya.


Alokasi Laba Bersih

Setelah membandingkan antara pemasukan dengan pengeluaran maka lalu bisa diketahui laba atau rugi nya. Kemudian jika laba, yakni ketika pemasukan lebih besar dari pengeluaran, maka dari laba bersih yang didapat tersebut rencanakan alokasi penggunaannya. Seperti sekian persen untuk ditabung atau digunakan untuk ekspansi usaha dan lain sebagainya. Pisahkan alokasi anggaran untuk tabungan dan investasi, juga sisihkan untuk keperluan dana darurat. Bro sis perlu memikirkannya dengan cermat dan hati-hati. Jangan sampai salah langkah. Dalam jangka panjang jika memang perkembangan bisnisnya makin cerah dan menjanjikan dan perlu ekspansi guna menggandakan keuntungan maka tak ada salahnya jika menambah modal untuk usaha agar lebih berkembang makin besar. Biasanya seperti untuk biaya investasi menambah mesin atau menambah karyawan juga menambah persediaan produk baik yang selama ini sudah ada atau untuk menambah variasi produk jualannya dan lain sebagainya. Termasuk juga jika perlu menambah anggaran untuk biaya marketing nya.


Lakukan Audit

Kemudian penting juga untuk melakukan audit keuangan secara berkala. Hal ini diperlukan guna memastikan tak ada kesalahan maupun praktek kecurangan-kecurangan.
Itulah langkah-langkah dalam perencanaan keuangan dalam jangka panjang bro sis.


Buat kamu yang membutuhkan solusi keuangan, bisa ajukan di KlikNSS ya bro sis, dapatkan pembiayaan multiguna motor dan multiguna mobil serta beragam promo menarik!

Ajukan sekarang dibawah ini:




Tag: Perencanaan Keuangan Jangka Panjang, long term financial planning, planning keuangan jangka panjang



Kabari Saya

Untuk penawaran dan promosi terbaru dari KlikNSS




Terdaftar dan diawasi oleh:

©2021 KlikNSS, supported by NSC FINANCE
product of PT NUSANTARA SAKTI